Sekapur Sirih

Sebagai salah satu upaya dalam  mendukung pencapaian MDGs, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor berkomitmen untuk mendukung pencapaian MDGs  tersebut melalui program-program kerja yang dilaksanakan setiap tahunnya. Selain melaksanakan program-program kerja dalam rangka memberikan pelayanan sesuai tugas dan fungsinya, menambah cakupan layanan sambungan baru air minum di wilayah kota Bogor, saat ini PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor juga sedang terus berupaya mengembangkan aktivitas  kinerja sosial dan lingkungan secara terencana dan bertahap.

Corporate Social Responsibility (CSR)  PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor diimplementasi dalam wilayah aktivitas CSR PDAM dalam bidang sosial dan lingkungan yang mencakup  penyediaan sarana umum (infrastructure development), keagamaan, pendidikan (education), kesejahteraan sosial, kesehatan (health improvement), revitalisasi seni-budaya, tanggap darurat bencana (disaster emergency response), olah raga dan lingkungan.

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sebagai salah satu BUMD kota Bogor yang tugas pokoknya yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kota Bogor, akan terus berupaya mengembangkan CSR-nya dalam tujuan  dan sasaran meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bogor, masyarakat disekitar wilayah operasi kerja dan jalur pipa melalui kegiatan CSR yang berkelanjutan.

Tanggung jawab dan komitmen PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dalam bidang sosial dan lingkungan bertujuan untuk menciptakan positive emotional relation dengan masyarakat secara berkesinambungan.PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menyadari bahwa keberhasilan pengelolaan sosial dan lingkungan merupakan pilar utama dari perwujudan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor telah mengambil prakarsa sadar dan terencana, memadukan lingkungan hidup termasuk sumber daya, ke dalam proses bisnis perusahaan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Tentang PDAM Tirta Pakuan

PDAM Kota Bogor yang dikenal dengan PDAM Tirta Pakuan berdiri sejak tahun 1977, tetapi pelayanan air minum dengan sistem perpipaan sudah ada sejak tahun 1918.

Pada waktu itu pelayanan air minum dikelola oleh pemerintah Belanda yang dikenal dengan nama “Gemeente Waterliding Buitenzorg”, dengan sumber airnya berasal dari Mata Air Kota Batu yang hingga kini merupakan sumber mata air terbaik yang dimiliki PDAM Kota Bogor.

Sejak berdiri tahun 1997 sampai sekarang, lebih kurang sudah 33 tahun, PDAM telah memiliki pelanggan sebanyak 91.000  sambungan langganan atau kira-kira 54 % dari total penduduk Kota Bogor.

PDAM Tirta Pakuan sebagai bagian dari Pemerintah Kota Bogor memiliki tugas pokok untuk menyediakan air minum bagi masyarakat Kota Bogor. Penyediaan air minum oleh PDAM merupakan salah satu program Pemerintah Kota Bogor untuk meningkatkan derajat kesehatan dan produktivitas masyarakat Kota Bogor.  PDAM Tirta Pakuan dalam menyediakan air minum harus memenuhi tiga syarat dalam penyediaan air minum *yaitu kualitas, kuantitas dan kontinuitas*.

Khusus dari segi kualitas, air PDAM sudah memenuhi standar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor  492 Tahun 2010 yang sebelumnya diatur dalam Permenkes No. 907 tahun 2002. Selain itu, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dalam pengelolaan
Manajemen Mutu, juga telah memiliki Standar Iternasional yaitu ISO:9001 tahun 2008 sehingga air yang diproduksi oleh PDAM adalah air yang higienis dan layak untuk dikonsumsi sehari-hari karena telah memenuhi standar kesehatan nasional sehingga aman bagi tubuh kita.

Kuantitas, yaitu PDAM Tirta Pakuan memproduksi atau menyediakan air minum sesuai kebutuhan pelanggan yang didistribusikan secara terus menerus selama 24 jam (kontinuitas).

Saat ini PDAM Tirta Pakuan memilki kapasitas Produksi 1720 liter/detik, dimana 73  % berasal dari air permukaan (Sungai), sedangkan 27 % berasal dari Sumber Mata Air.

Sumber mata air yang dimiliki PDAM Tirta Pakuan memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga pengolahannya hanya berupa penambahan desinfektan untuk membunuh bakteri (Desinfeksi). Desinfektan yang digunakan adalah Gas Chlor.

Untuk air permukaan, PDAM Tirta Pakuan mengolah air baku (air sungai) dengan system pengolahan lengkap, yaitu lebih komplek dibandingkan dengan pengolahan air dari sumber mata air.

CSR PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor

Sebagai salah satu perusahaan daerah kota Bogor yang tugas utamanya sebagai Public Services, melayani publik dalam pelayanan air minum yang memanfaatkan sumber daya air sebagai basis kegiatan produksinya sangat bergantung pada alam, yaitu sumber daya air. PDAM Tirta Pakuan menggunakan sumber air baku yang berasal dari sumber mata air dan air permukaan.

Keberadaan dan eksistensi  PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sangat ditentukan oleh triple bottom lines, yakni ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini secara eksplisit tertuang dalam misi CSR perusahaan yang menyatakan bahwa PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memiliki komitmen terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) terutama pelanggan, pegawai dan masyarakat sekitarnya.

Komitmen dari misi tersebut selanjutnya dimanifestasikan melalui langkah-langkah strategis :

  1. Mewujudkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat .
  2. Mempertahankan penyerapan tenaga kerja melalui pengelolaan yang profesional.
  3. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat  serta membant yang   meliputi pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan serta memelihara kelestarian lingkungan hidup.
  4. Mengembangkan pola pemberdayaan ekonomi masyarakat, baik   terkait atau tidak dengan bisnis PDAM melalui penyaluran dana dan  pembinaan berkesinambungan, dengan mengedepankan aspek pemerataan, kemandirian, profesional dan etika.

Indikator kunci yang digunakan sebagai parameter efektivitas pelaksanaan keempat langkah strategis itu terdiri atas :

  1. Signifikansi dengan visi dan tujuan perusahaan
  2. Relevansi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkup eksternal dan internal
  3. Memperoleh dukungan, melibatkan dan memberdayakan komunitas
  4. Menjamin kelestarian lingkungan
  5. Memiliki rencana implementasi yang transparan
  6. Akuntabel
  7. Berkelanjutan
  8. Meningkatkan identitas sosial perusahaan (corporate social  responsibility)

Program CSR PDAM Tirta Pakuan :

Program yang dilakukan oleh Unit Bina Mitra selaku pelaksana kegiatan CSR PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di bagi menjadi beberapa kegiatan, yaitu :

1. Sahabat Air “Peduli”

     – Kegiatan Memperingati Maulid Nabi

     – Kegiatan Memperingati Hari Raya Idul Adha

     – Kegiatan Pembagian Sembako

     – Kegiatan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

     – Kegiatan Tanggap Bencana di Kota Bogor

2. Sahabat Air “Belajar”

     – Kegiatan Taman Bacaan di Sumber Mata Air

     – Kegiatan Peduli Pendidikan

3. Sahabat Air “Sehat”

     – Kegiatan Pengobatan Gratis

     – Kegiatan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

     – Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Balita

     – Kegiatan Bantuan Biaya Pengobatan untuk Masyarakat Kota Bogor

4. Sahabat Air “Hijau”

    – Kegiatan Penanaman Pohon di Wilayah Catchment Area

     – Kegiatan Duta Air “Go to School” (Seminar Lingkungan)

5. Komunitas Sahabat Air

     – Komunitas Pengamanan Obyek Vital

     – Komunitas Partisipasi dalam Hari Jadi Bogor

     – Komunitas Perusahaan Sehat – Komunitas Pemberdayaan Masyarakat

6. Program Internal

     – Kegiatan  Duta Air

    – Kegiatan Penyusunan Laporan Keberlanjutan

     – Kegiatan Pembuatan Film Dokumenter CSR Perusahaan

Wilayah Aktivitas CSR PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor

Sarana Umum.

Aktivitas peningkatan sarana umum meliputi pembangunan jalan, jembatan desa, sanitasi, pembuatan mck , bantuan sarana perpipaan dan air bersih dan perbaikan fasilitas umum lainnya. Aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan liveability masyarakat. PDAM Tirta Pakuan menyadari bahwa ketersediaan sarana tersebut merupakan “jembatan” bagi upaya pemberdayaan masyarakat.

Keagamaan.

IMG_9558

Peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan melalui Madrasah, Pondok Pesantren, Kegiatan Sosial Kemasyarakatan/Keagamaan dan tempat ibadah lainnya merupakan komitmen PDAM Tirta Pakuan untuk berkontribusi dalam pembangunan moralitas masyarakat dan karakter bangsa (character building). Bentuk aktivitas di area ini meliputi bantuan renovasi dan pembangunan sarana ibadah, perayaan hari besar keagamaan, peduli Ramadhan dengan pembebasan rekening gratis selama bulan ramadan bagi masjid, mushala, pondok pesantren, majelis taklim dan TPA.

Pendidikan.

IMG_1143

Salah satu titik kritis dalam pembangunan di Indonesia adalah bagaimana meningkatkan mutu SDM. Pemberian bantuan untuk meningkatkan mutu SDM yang meliputi bantuan bea siswa, bantuan peralatan sekolah, seminar, PKL pelajar dan  mahasiswa, kursus/latihan keterampilan  dan peningkatan mutu pendidik merupakan bentuk kepedulian PDAM Tirta Pakuan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM tersebut.

Kesejahteraan Sosial.

_MG_0722

Pemberian bantuan untuk kegiatan sosial meliputi bantuan paket sembako, peringatan hari besar nasional/keagamaan, pemberian dana charity untuk kegiatan organisasi kelompok pemuda dan masyarakat merupakan wujud komitmen PDAM Tirta Pakuan dalam melaksanakan implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Kesehatan.

IMG_6148

Pemberian bantuan untuk peningkatan kesehatan masyarakat dan pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu adalah upaya PDAM Tirta Pakuan untuk wujudkan komitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam pola hidup bersih dan sehat serta tanggung jawab sosial dan lingkungan. Kesehatan merupakan investasi sosial yang sangat berharga dalam melipatgandakan modal sosial. Dalam masyarakat yang sehat, akan lahir karakter bangsa yang kuat dan bermartabat.

Tanggap Darurat Bencana.

IMG_9782

Penderitaan para korban dari berbagai bencana yang terjadi di Indonesia merupakan landas pacu bagi PDAM Tirta Pakuan untuk semakin peduli dengan penderitaan sesama. Melalui aktivitas Tanggap Darurat Bencana, “PDAM Tirta Pakuan Peduli” untuk masyarakat korban bencana. Beberapa aktivitas tanggap darurat bencana yang telah dilakukan antara lain adalah:

  1. Bantuan bencana Tsunami Aceh
  2. Bantuan bencana gempa Jateng & DI. Yogyakarta
  3. Bantuan bencana Situ Gintung yang meliputi bantuan peralatan mandi dan hunian sementara  (Huntara)
  4. Bantuan bencana gempa Padang
  5. Bantuan bencana kebakaran desa Tangkil
  6. Bantuan bencana gempa Tasik & Pangandaran Jawa Barat
  7. Bantuan bencana  Merapi, Mentawai dan Wasior
  8. Bantuan bencana longsor di Kp. Padasuka meliputi pemberian kompor gas beserta regulator

Lingkungan

_MG_0892

Tanggung jawab PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dalam bidang lingkungan yang dilaksanakan untuk dapat memenuhi keperluan masa kini dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk keperluan masa yang akan datang.

Program-program Lingkungan yang dilaksanakan oleh PDAM Tirta Pakuan kota Bogor antara lain :

  1. Penyemaian Bibit Pohon, penanaman dan pemeliharan pohon di area sumber mata air dan wilayah operasi kerja PDAM.
  2. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
  3. Partisipasi Aktif dalam kegiatan Kebersihan Kota
  4. Partisipasi dalam pembangunan sarana air minum pada salah satu program pendidikan berwawasan lingkungan (ADHIWIYATA)
  5. Duta Air, sebagai upaya penyuluhan kepada masyarakat dalam menghemat air, menghindari pencemaran air dan menjaga kelestarian air.
  6. Pembagian Bibit Pohon kepada Masyarakat
  7. Bantuan Pengolahan Sampah menjadi pupuk organik

 Ekonomi.

Tanggung jawab sosial PDAM Tirta Pakuan dalam bidang ekonomi difokuskan pada upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah atau masyarakat kurang mampu untuk memperoleh kemudahan memperoleh pelayanan air minum melalui pembayaran secara dicicil. Secara teknis, tanggung jawab itu dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan mitra tirta berupa kerjasama cicilan bagi layanan sambungan baru air minum bagi masyarakat.  PDAM Tirta Pakuan berharap seluruh lapisan masyarakat Kota Bogor dapat menikmati akses air yang bersih dan sehat dengan mudah.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s