Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Standar

IMG_4956Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, pada tanggal 28 Oktober 2013 PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengadakan Program Sosialisasi dan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program ini juga merupakan salah satu program pemerintah melalui Departemen Kesehatan yang diimplementasikan di berbagai institusi, salah satunya adalah institusi pendidikan dengan tujuan agar tercipta sekolah yang bersih dan sehat dengan harapan siswa, guru dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah terlindung dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit.

Tidak hanya tahun ini saja kegiatan dilaksanakan, kegiatan serupa juga pernah kami laksanakan pada bulan Oktober 2012 dengan lokasi di SDN Sindang Barang 3 Bogor Barat.

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor pada kesempatan ini bermitra dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Bogor sebagai dinas terkait serta Kelurahan Pamoyanan dan Kecamatan Bogor Selatan dalam penyelenggaraan kegiatan.

IMG_4996IMG_4922IMG_4898

Untuk tahun ini sekolah yang menjadi sasaran kegiatan adalah SDN Ciranjang Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan, Siswa-siswi yang ikut serta yaitu kelas III s/d VI. Adapun Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah :

  • Sosialisasi dan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
  • Sosialisasi pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Kantin Sehat
  • Edukasi tentang penyelamatan dan konservasi lingkungan hidup
  • Gerakan Cuci Tangan dengan menggunakan sabun
  • Gerakan penanaman pohon
  • Bantuan renovasi kantin sekolah, poster PHBS dan tempat sampah

IMG_4969IMG_4984IMG_4977

Berkenan hadir pada saat kegiatan Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Bpk. Henry Darwin, Drg. Nanik Widayani  Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bogor beserta jajarannya, Ibu Sri Suwarni selaku Pengawas Gugus V dari Dinas  Pendidikan Kota Bogor, Bpk. Herri Karnadi – Camat Bogor Selatan dan Bpk. Suburudin – Lurah Pamoyanan. Wanda Dwi Utari sebagai Duta Air PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor turut serta sebagai moderator dan pemberi materi mengenai penyelamatan dan konservasi lingkungan hidup
IMG_4913IMG_4916IMG_4947_MG_5009
Acara yang diikuti oleh kurang lebih 90 orang siswa/i  ini berlangsung dengan baik, tertib dan lancar. Mereka mengikuti dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi karena disela-sela pemberian materi diberikan pula doorprize bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan. Perwakilan sekolah serta instansi/SKPD terkait yang hadir pada acara tersebut berharap agar program ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan dengan skala yang lebih besar lagi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s