Kamus Pintar PDAM

Standar

Prakata

Kamus pintar praktisi PDAM ini berisi tentang  istilah-istilah di lingkungan PDAM. Disusun untuk menambah wawasan pengetahuan tentang istilah-istilah di lingkungan PDAM utamanya bagi para praktisi  PDAM, maupun pelajar, mahasiwa dan masyarakat umum.

Keberadaan Kamus Pintar Praktisi  PDAM ini  akan terus  dikembangkan.   Diharapkan istilah-istilah di dalamnya  dapat di manfaatkan untuk keberlanjutan pembangunan  PDAM ke depan, agar tidak terjadi “putus mata rantai” pengetahuan  PDAM.

Pustaka

Kamus Pintar Praktisi PDAM ini  dikutip dan dirangkum, dari berbagai sumber diantaranya yaitu dari Kamus Istilah dan Singkatan Asing Teknik  Penyehatan dan Lingkungan, Universitas Trisakti; buku istilah-istilah  dalam  lingkungan PDAM karya  Sjahril Effendy Pasaribu, T. Fahmi Johan dan Lampo Siregar; Kamus Istilah Bidang Pekerjaan Umum; Majalah Air Minum berbagai edisi dan Majalah Percik berbagai edisi.

Disusun  oleh :

Nerry Agustina.

______________________

 

A

Air

Semua air yang terdapat pada, di atas, ataupun di bawah permukaan tanah, termasuk dalam pengertian ini air permukaan, air tanah, air hujan, dan air laut yang berada di darat

Air Bersih (1) air yangmemenuhi standar kualitas air bersih berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI yang dibatasi dari segi kualitas fisik air (bau, rasa dan suhu air) dan dari kandungan bahankimia/bakteriologi. 92) air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak.

 

Air Lunak air yang mengandung inol alkali tanah dengan konsentrasi rendah dan biasanya berasal dari batuan asam; dikatakan rendah jika kandungan Cac Co3 kurang dari 50 mg per liter.

 

Air Mati air yang tidak mengalir di tempat pelanggan yang diakibatkan oleh terjadinya gangguan pada system pelayanan maupun akibat dari tekanan rendah/nol.

 

Air Mineral air yang mengandung mineral dan garam tertentu yang tidak ditemukan dalam air biasa.

 

Air Minum air minum untuk keperluan rumah tangga dan non rumah tangga yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum ; air yang digunakan untuk kebutuhan minum dan masak dengan persyaratan antara lain tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung bakteri pathogen, dan tidak mengandung logam atau senyawa beracun namun harus mengandung beberapa mineral tertentu yang diperlukan tubuh, air yang memenuhi standar industry air minum yang ditetapkan oleh Departemen Perindustrian, atau yang memenuhi persyaratan air minum yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Air Permukaan 1.Sumber air yang terdapat di permukaan tanah seperti sungai, waduk, bendungan yang merupakan tampungan air hujan, danau. 2. Semua air yang terdapat dipermukaan tanah.

 

Air Tanah 1. air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan dibawah tanah permukaan tanah.2. Sumber air yang berasal dari dalam tanah yang terbagi dalam air tanah bebas dan air tanah tertekan

 

Air Baku Untuk Air Minum air yang dapat dimanfaatkan oleh PDAM yang dapat berasal dari sumber air permukaan, cekungan air tanah dan/atau air hujan yang  memenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum.

Air Influen air yang mengalir masuk ke dalam lubang-lubang bak cuci rongga terbuka, dan bahan berlubang serta lenyap ke dalam tanah

Air Tanah Rendah

Keadaan dimana muka air tanah pada musim  hujan  berada  pada  kedalaman 1,20 meter dari permukaan tanah.

Air Bersih Domestik

Pelayanan air bersih bagi penduduk lingkungan perumahan yang terbatas pada keperluan rumah tangga seperti air minum, memasak, mencuci dan mandi.

Air Bersih Non Domestik

Pelayanan air bersih bagi penduduk di luar lingkungan perumahan, seperti pertokoan,    industri,    fasilitas    umum, kebakaran dan lain-lain yang tidak terbatas dalam keperluan rumah tangga.

Air Limbah

 

 

 

 

 

Air Limbah Domestik

 

 

 

Air Limbah Non Domestik

Air kotor termasuk limbahnya yang sumbernya berasal selain dari manusia, seperti industri (air limbah yang berasal dari proses produksi pabrik-pabrik atau air limbah industri, termasuk air limbah rumah sakit yang tidak bersifat seperti air limbah domestik).

Air Limbah Rumah Tangga

Buangan dari proses/aktivitas rumah tangga dari kamar mandi, cuci, kakus dan dapur.

 

Air Lindi (Leacheate)

Cairan sampah, cairan yang keluar dari sampah hasil proses dekomposisi yang bercampur dengan air hujan, potensial mencemari lingkungan.

 

Air Minum

Air minum rumah tangga yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

 

Air Perapat

 

 

 

Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung

Meliputi jalan masuk, jalan keluar, hubungan horisontal antar ruang, hubungan vertikal dalam bangunan gedung dan sarana transportasi vertikal, serta penyediaan akses evakuasi bagi pengguna bangunan gedung, termasuk kemudahan mencari, menemukan, dan menggunakan   alat   pertolongan   dalam

Aliran Sungai

Gerakan air yang dinyatakan dengan gejala dan parameter dengan ukurannya.

Alokasi Air Sementara

Alokasi yang dihitung berdasarkan perkiraan ketersediaan air yang dapat diandalkan (debit andalan) dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna air yang sudah ada.

 

Alur Sungai

Alur tempat mengalirnya aliran sungai.

 

Absolute Pressure tekanan mutlak, tekanan sebenarnya, tekanan absolute yang tercatat melalui indicator system (alat terukur).

 

Accelarating Pump pompa yang digunakan untuk percepatan proses.

 

Accessories Pipa perlengkapan, kelengkapan suatu material pipa baik transmisi maupun distribusi.

Abrasi

Hempasan atau penggerusan oleh gerakan air, dan butiran kasar yang terkandung di dalamnya

Aerasi proses pengolahan air dengan cara mengontakkan dengan udara dengan tujuan untuk penambahan jumlah oksigen, penurunan jumlah karbondioxide (CO2) dan menghilangkan H2S, methan (CH4) serta berbagai senyawa organic yang bersifat volatile (menguap) yang berkaitan dengan rasa dan bau.

Aerator 1. Suatu alat yang digunakan untuk memasukkan oksigen atau udara ke dalam air atau air limbah. 2. sarana/alat untuk proses pengolahan air dengan cara aerasi.

 

Aerasi Permukaan system  pemberian udara pada permukaan cairan; dengan cara ini akan terjadi proses kelarutan udara pada cairan tersebut sehingga terjadi proses oksidasi zat yang ada pada cairan itu.

Aerobik

Proses pengolahan yang memerlukan oksigen.

 

Anaerobik

Proses pengolahan yang tidak memerlukan oksigen

 

Affordability

Suatu konsep yang mengukur tingkat kemampuan keuangan suatu keluarga untuk membeli satu suatu barang atau pelayanan.

Agradasi Sungai

Peninggian dasar sungai akibat pengendapan

 

Agregat

Sekumpulan butir – butir batu pecah, kerikil, pasir, atau mineral lainnya berupa hasil alam atau buatan.

Agregat Halus

Pasir alam sebagai hasil disintegrasi secara alami dari batu atau pasir yang dihasilkan oleh industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir terbesar 5 mm.

Agregat Kasar

Kerikil sebagai disintegrasi alami dari batu atau berupa batu pecah yang diperoleh dari industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir antara 5 mm – 40 mm.

Air Agresif

Air yang mengandung zat/bahan yang dapat merusak beton.

Air Agresif Sedang

Air yang mengandung air limbah industri, air payau dan air laut.

Air Agresif Kuat

Air    yang    mengandung    garam-garam agresif minimal 1500 ppm.

Akuifer (Akifer)

Lapisan pasir di bawah tanah yang mengandung air yang berfungsi mengisi kembali sistem air tanah yang telah berubah misalnya akibat dieksploitasi dan dikonsumsi.

 

Alarm Kebakaran

Suatu  alat   pengindera  yang  dipasang pada   bangunan   gedung   yang   dapat memberi  peringatan  atau  tanda  pada saat terjadinya suatu kebakaran.

 

Alat Berat Pembersih Saluran

Alat bantu yang berfungsi mengangkat/ membersihkan sampah/endapan yang ada dalam saluran drainase dan selanjutnya diangkut ke tempat pemrosesan akhir.

 

Alat Pemadam Api Ringan

Pemadam api yang digunakan oleh perorangan, digunakan untuk memadamkan api pada awal terjadinya kebakaran.

 

Aliran Balik (Backfow)

Berbaliknya aliran (air) akibat adanya hambatan di muka aliran tersebut. Misalnya akibat pembendungan atau penutupan aliran secara mendadak atau terhentinya sumber tekanan air seperti matinya pompa.

 

Analisis         Dampak         Lingkungan

(ANDAL)

Dokumen yang berisi mengenai telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak pentlng kegiatan yang direncanakan.

 

Analisis           Mengenai         Dampak

Lingkungan (AMDAL)

Kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

 

Atap

Elemen bangunan berbentuk bidang (datar, miring atau lengkung) yang berfungsi melindungi bangunan terhadap pengaruh air hujan, panas matahari atau cuaca lainnya.

 

Audit Lingkungan Hidup

Suatu proses evaluasi yang dilakukan oleh penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan untuk menilai tingkat ketaatan terhadap persyaratan hukum yang berlaku dan/atau kebijaksanaan dan standar yang ditetapkan oleh penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan yang bersangkutan.

 

 

 

 

 

Aksesibilitas

Jumlah panjang jalan disuatu wilayah dalam satuan kilometer dibagi dengan luas wilayah tersebut dalam satuan kilometer persegi.

Alinyemen Horizontal Jalan

Proyeksi garis sumbu jalan pada bidang horizontal.

Alinyemen Vertikal Jalan

Proyeksi garis sumbu jalan pada bidang vertikal yang melalui sumbu jalan.

Angka Ekuivalen Beban Gandar Sumbu Kendaraan

Angka yang menyatakan perbandingan tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh lintasan beban gandar tunggal kendaraan terhadap tingkat kerusakan yang ditimbulkan   oleh   satu   lintasan   beban standar sumbu tunggal seberat 8,16 ton (18.000 lb).

Aspal Material bersemen berwarna coklat gelap ke hitam yang unsur utamanya adalah bitumen yang muncul di alam atau diperoleh dari pemrosesan petroleum.

Aspal Buton (ASBUTON)

Aspal  alam  yang  ada  di  pulau  Buton (Indonesia),  berbentuk  serbuk   sampai bongkahan yang terdiri atas campuran antara mineral dan bitumen.

Aspal Cair Aspal hasil dari pelarutan aspal keras dengan pelarut berbasis minyak.

Aspal Keras Aspal hasil destilasi yang bersifat viskoelastis sehingga akan melunak dan mencair bila mendapat cukup pemanasan dan sebaliknya.

Aspal Polimer Aspal keras yang dimodifkasi dengan polimer. Aspal polimer terdiri atas aspal plastomer dan elastomer.

Audit Keselamatan Jalan

Suatu bentuk pengujian formal dari suatu ruas jalan yang ada dan yang akan datang atau proyek lalu lintas, atau berbagai pekerjaan yang berinteraksi dengan pengguna jalan, yang dilakukan secara independen, oleh penguji yang dipercaya di dalam melihat potensi kecelakaan dan penampilan keselamatan suatu ruas jalan.

 

Adaptasi Perubahan Iklim

Tindakan penyesuaian sistem alam dan sosial untuk menghadapi dampak negatif dari perubahan iklim. Upaya ini bertujuan untuk : (1) mengurangi kerentanan sosial-ekonomi dan lingkungan yang bersumber dari perubahan iklim, (2) meningkatkan daya tahan (resilience) masyarakat dan ekosistem, (3) meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal (mengentaskan kemiskinan).

 

Akuntabilitas Kinerja

Perwujudan        kewajiban suatu instansi             pemerintah

Untuk  mempertanggung-jawabkan keberhasilan/ kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui alat pertanggungjawaban secara periodik.

 

Amortisasi

Dalam terminologi keuangan berarti penghapusan secara berangsur-angsur dari sejumlah uang setelah jangka waktu tertentu. Dalam terminologi fiskal berarti pengurangan nilai dari aset tertentu. Dalam terminologi teknik berarti waktu yang diharapkan dari penggunaan suatu aset.

 

Anggaran

Sejumlah    biaya    yang    diperuntukkan untuk membiayai kegiatan pembangunan dan tugas umum pemerintahan.

 

Aset

Sumber daya ekonomi yang dikuasai dan/ atau dimiliki oleh pemerintah sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi dan/atau sosial di masa depan diharapkan dapat diperoleh, baik oleh pemerintah maupun masyarakat, serta dapat diukur dalam satuan uang, termasuk sumber daya nonkeuangan yang diperlukan untuk penyediaan jasa bagi masyarakat umum

dan sumber-sumber daya yang dipelihara karena alasan sejarah dan budaya.

 

Asuransi Mortgage

Asuransi yang menjamin pengembalian pinjaman ke bank jika terjadi default terhadap suatu KPR. Tujuannya adalah menjamin likuiditas bank dan terbebasnya debitur KPR bila terjadi default, dan sisa cicilan akan ditutup oleh pihak asuransi.

 

________________________

B

 

Bagan Akun Standar

Daftar perkiraan buku besar yang ditetapkan dan disusun secara sistematis untuk memudahkan perencanaan, pelaksanaan anggaran, Serta pertanggungjawaban      dan      pelaporan keuangan pemerintah pusat.

Bearing landasan poros peluru, blok bantalan, sudut datar.

 

Baku Mutu Air batas atau kadar mahluk hidup, zat, energy, atau komponen lainnya yang ada atau unsure pencemar yang ditenggang adanya dalam air pada sumber air tertentu sesuai dengan peruntukannya.

 

Biaya Adminstrasi biaya yang diperlukan untuk kegiatan-kegiatan administrasi seperti tata usaha, pelaporan, dokumentasi, pengarsipan dan lain-lain.

 

Badan sekumpulan orang dan/atau modal yang merupakan kesatuan baik yang melakukan usaha yang meliputi perseroan terbatas, perseroan komanditer, perseroan lainnya, badan usaha milik Negara atau daerah dengan nama dan dalam bentuk apapun, firma, kongsi, koperasi, dana pension, persekutuan, perkumpulan, yayasan, organisasi massa, organisasi.

Badan Air tempat dan wadah diatas permukaan daratan yang berisi dan atau menghasilkan air, yaitu rawa, danau, sungai, waduk dan saluran air.

 

Badan Air Kelas A badan air yang airnya digunakan untuk air baku.

 

Badan Air Kelas C badan air yang airnya digunakan untuk pemandian alam dan pertanian hasilnya dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu.

 

Bangunan Sungai bangunan yang berfungsi untuk perlindungan, pengembangan, penggunaan da pengendalian sungai.

 

Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) bahan atau zat yang karena sifat-sifat fisis dan kimianya dapat membahayakan manusia maupun lingkungan, seperti bahan atau zat beracun, bahan atau zat yang mudah meledak, korosif, terbakar, bahan atau zat radio aktif dan sebagainya.

 

Biochemical Oxygen Demand (BOD) banyaknya oksigen yang terlarut dalam suatu perairan yang dibutuhkan untuk metabolisme mikroorganisme dalam mencerna berbagai bahan organic yang terdapat dalam perairan itu.

 

Blad gambar yang menjelaskan tentang persil pelanggan dilengkapi dengan nomor pelanggan serta letak jaringan perpipaan, valve dan asessoriesnya dengan skala dan ukuran kertas serta pada jenis kertas tertentu.

 

Banjir

Aliran yang relatif tinggi, dan tidak tertampung lagi oleh alur sungai atau saluran.

 

 

Banjir Lokal

Banjir yang mengganggu fungsi jalan kabupaten/kota bandara lokal, jalan kereta api lintas, sentra produksi pangan lokal,  industri dan perdagangan skala kecil, strategis kabupaten/ kota lainnya (tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota).

Banjir Nasional

Banjir yang mengganggu fungsi jalan nasional, bandara Internasional dan nasional, jalan kereta api lintas provinsi, sentra produksi pangan nasional,  industri dan perdagangan skala besar,  strategis nasional lainnya (tanggung jawab pemerintah).

Banjir Rata-Rata Tahunan

Besar debit banjir dari jumlah rangkaian banjir maksimum tahunan dibagi tahun kejadian.

Banjir Regional

Banjir yang mengganggu fungsi jalan provinsi, bandara nasional/lokal, jalan kereta api lalu lintas kabupaten, sentra produksi pangan provinsi / lokal,  industri dan perdagangan skala sedang,  strategis provinsi lainnya (tanggung jawab pemerintah provinsi).

 

Bahan Bangunan

Bahan yang terdiri dari bahan bangunan dasar dan bahan bangunan jadi yang diperlukan untuk tujuan penguat pada bangunan rumah, prasarana dan sarana serta fasilitas penunjang rumah dan perumahan.

 

Bahan Bangunan Dasar

Bahan baku dari alam atau berupa limbah dari kegiatan industri dan pertanian atau kehutanan yang belum mengalami pengolahan secara kimiawi untuk tujuan fasilitas penunjang rumah dan perumahan.

 

Bahan Bangunan Lokal

Bahan bangunan yang terdapat di daerah lokasi pembangunan rumah untuk tujuan penggunaan sebagai bahan bangunan dasar maupun sebagai bahan bangunan jadi.

Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Setiap bahan yang karena sifat atau konsentrasi, jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusakkan lingkungan              hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lain.

 

Bak Ekualisasi

Kolam penampung dimana variasi di dalam aliran dan komposisi cairan dirata-ratakan. Kolam ini digunakan untuk memberikan aliran volume dan komposisi yang seragam ke dalam unit pengolahan.

 

Bak Flokulasi

Bangunan atau sarana untuk proses pembentukan “fok” bagi partikel-partikel pengaruh pada proses pengolahan air baku.

 

Bak Koagulasi

Bangunan   atau   sarana   untuk   proses pencampuran   bahan   kimia   (koagulan) dengan air baku untuk membentuk fok.

 

Bak Pengumpul Lumpur Tinja

Bangunan konstruksi dari beton bertulang kedap air dengan desain persegi panjang, yang berfungsi untuk menampung dan homogenisasi lumpur tinja yang berasal dari mobil tangki.

 

Bak Sedimentasi

Bangunan atau sarana untuk menghilangkan partikel-partikel dalam air dengan cara pengendapan.

 

Bakteri Anaerobik

Organisme renik yang dapat menguraikan limbah dan hidup dalam lingkungan yang tidak ada oksigen.

 

Bak Kontrol

Komponen jaringan perpipaan untuk meletakkan dan memeriksa katup/valve/ acessories pipa bila terjadi penyumbatan.

Baku Mutu Air

Ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang ada atau harus ada dan atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya di dalam air.

 

Baku Mutu Air Limbah

Ukuran batas atau kadar unsur pencemar dan atau jumlah unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam air limbah yang akan dibuang atau dilepas ke dalam sumber air dari suatu usaha dan atau kegiatan.

 

Baku Mutu Lingkungan

Batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang atau harus ada dan atau unsur primer yang ditanggung adanya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.

 

 

Baku Tingkat Getaran Mekanik dan Getaran Kejut

Batas maksimal tingkat getaran mekanik yang dlperbolehkan dan usaha atau kegiatan pada media padat sehingga tidak menimbulkan gangguan terhadap kenyamanan dan kesehatan serta keutuhan bangunan.

 

Baku Tingkat Kebisingan

Batas maksimal tingkat kebisingan yang diperbolehkan dituang ke lingkungan dari usaha atau kegiatan sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan.

Bangunan

Konstruksi teknik yang ditanam atau dilekatkan atau melayang dalam suatu lingkungan secara tetap sebagian atau seluruhnya pada, di atas atau di bawah permukaan tanah dan atau perairan yang berupa bangunan gedung dan atau bukan gedung, yang digunakan atau dimaksudkan untuk menunjang atau mewadahi suatu penggunaan atau kegiatan manusia.

Bangunan Bagi

Bangunan yang berfungsi untuk membagi air. (Sumber: 2)

Bangunan Bagi Sadap

Bangunan yang berfungsi untuk membagi air dan sekaligus mengalirkannya ke petak tersier. (Sumber: 2)

Bangunan Intake

Suatu bangunan pada bendung yang berfungsi sebagai penyadap aliran sungai, mengatur pemasukan air dan sedimen serta menghindarkan sedimen dasar sungai dan sampah masuk ke intake. (Sumber: 34)

Bangunan Pelengkap

1. Bangunan    yang    melengkapi    jaringan utama seperti talang, bangunan silang, terjunan, dan lain-lain. 2. Bangunan ang ikut mengatur dan mengendalikan sistem aliran air hujan agar aman dan mudah melewati jalan, belokan, dan daerah curam, bangunan
tersebut       seperti       gorong-gorong, pertemuan saluran, bangunan terjunan, jembatan, street inlet, pompa, pintu air.

Bangunan Pembilas

Bangunan yang berfungsi untuk membilas sedimen.

Bangunan Pengaman

Bangunan   untuk   mencegah   kerusakan konstruksi,   misal   bangunan   pelimpah samping, pembuang silang, dsb.

Bangunan Pengatur Muka Air

Bangunan yang berfungsi mengatur/ mengontrol ketinggian muka air di saluran primer dan sekunder sampai batas-batas yang diperlukan untuk dapat memberikan debit yang konstan kepada bangunan sadap tersier.

Bangunan Pengelak

Bangunan untuk mengelokkan arah aliran sungai, antara lain bendung.

Bangunan Peredam Energi Bendung

Struktur dari bangunan di hilir tubuh bendung yang terdiri dari berbagai tipe, bentuk dan di kanan kirinya dibatasi oleh tembok pangkal bendung dilanjutkan dengan tembok sayap hilir dengan bentuk tertentu, yang berfungsi meredam energi air akibat pembendungan, agar air di hilir bendung tidak menimbulkan penggerusan setempat yang membahayakan struktur.

Bangunan Sadap

Bangunan yang berfungsi untuk mengalirkan air ke petak tersier yang letaknya ditentukan berdasarkan kesepakatan masyarakat petani dan dituangkan dalam rencana teknis yang ditetapkan oleh pemerintah.

Bangunan Sungai

Bangunan yang berfungsi untuk perlindungan,  pengembangan, penggunaan dan pengendalian sungai.

Bangunan Suplesi

Bangunan yang berfungsi mengalirkan air dari saluran suplesi ke saluran pembawa atau ke sungai.

Bangunan Bersejarah

Bangunan yang telah memiliki beberapa kriteria tertentu diantaranya:

 

 

 

 

 

Bangunan Bertingkat Cukup Tinggi

Bangunan    dengan    ketinggian    sampai dengan 40 meter atau 8 lantai.

Bangunan Bertingkat Rendah

Bangunan    dengan    ketinggian    sampai dengan 8 meter atau dua lantai.

Bangunan Bertingkat Sedang

Bangunan    dengan    ketinggian    sampai dengan 14 meter atau 4 lantai.

Bangunan Campuran

Bangunan dengan lebih dari satu jenis penggunaan.

Bangunan Gandengan

Suatu bangun bangunan yang terdiri dari dua atau beberapa buah induk bangunan yang bergandengan, bangun-bangunan mana semuanya berdampingan dengan bangun-bangunan lain, antara satu sama  lain terpisah  oleh  kerenggangan-

kerenggangan.

Bangunan Gedung

Wujud fsik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau di dalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatan usaha, kegiatan sosial, budaya, maupun kegiatan khusus.

Bangunan Gedung Baru

Bangunan gedung yang akan dibangun atau yang baru saja selesai dibangun.

Bangunan Gedung Bertingkat

Bangunan gedung berlantai lebih dari dua.

Bangunan Gedung Darurat

Bangunan gedung yang fungsinya hanya digunakan untuk sementara, dengan konstruksi tidak permanen atau umur bangunan yang tidak lama, misalnya direksi keet dan kios penampungan sementara.

Bangunan Gedung Lama

Bangunan yang sudah lama berdiri atau baru berdiri serta sudah digunakan sesuai dengan fungsinya.

Bangunan Gedung Negara

Bangunan gedung untuk keperluan dinas yang menjadi/akan menjadi kekayaan milik negara dan diadakan dengan sumber pembiayaan yang berasal dari dana APBN, dan/atau APBD, dan/atau sumber pembiayaan lain, seperti: gedung kantor dinas, gedung sekolah, gedung rumah sakit, gudang, rumah negara, dan lain-lain.

 

Bangunan Gedung Fungsi Khusus

Bangunan gedung  yang fungsinya mempunyai  tingkat  kerahasiaan tinggi untuk kepentingan nasional atau yang  penyelenggaraannya dapat membahayakan masyarakat di sekitarnya.

 

Bangunan Gedung Umum

Bangunan gedung yang fungsinya untuk kepentingan  publik,  baik berupa  fungsi keagamaan, fungsi usaha, maupun fungsi sosial dan budaya.

 

Bangunan Gedung Sederhana

Bangunan gedung dengan karakter sederhana serta memiliki kompleksitas dan teknologi sederhana, klasifkasi:

 

 

 

 

Bangunan Gedung Tertentu

Bangunan gedung yang digunakan untuk kepentingan umum dan bangunan gedung fungsi khusus, yang dalam pembangunan dan/atau pemanfaatannya membutuhkan pengelolaan khusus dan/atau memiliki kompleksitas tertentu yang dapat menimbulkan dampak penting terhadap masyarakat dan lingkungannya.

 

Bangunan Gedung Semi Permanen

Bangunan gedung yang digunakan untuk fungsi yang ditetapkan dengan konstruksi semi permanen atau yang dapat ditingkatkan menjadi permanen.

 

Bangunan Induk

Bangunan     yang     mempunyai dominan dalam suatu persil.

 

Bangunan Khusus

Bangunan gedung negara yang termasuk sebagai      bangunan      khusus      adalah  bangunan-bangunan yang dalam perencanaan dan pelaksanaannya memerlukan  penyelesaian khusus seperti: bangunan yang bersifat monumental, bangunan reaktor nuklir, bangunan peribadatan, bangunan gedung dewan perwakiLan rakyat, bangunan gedung olah raga, dan yang setara.

 

Bangunan Penggelontor

Bangunan yang dapat mengumpulkan air dan dilengkapi dengan peralatan untuk keperluan penggelontoran yang dapat bekerja secara otomatis atau manual.

 

Bangunan Pelengkap

Bangunan yang ikut mengatur dan mengendalikan sistem aliran air hujan agar aman dan mudah melewati jalan, belokan, dan daerah curam, bangunan tersebut  seperti gorong-gorong, pertemuan saluran, bangunan terjunan, jembatan, street inlet, pompa, pintu air.

 

Bangunan Pengambilan Air Baku (Intake)

Bangunan atau konstruksi penangkap mata air yang dibangun pada suatu lokasi sumber air yaitu sungai, mata air dan air tanah dengan segala perlengkapannya dan dipergunakan sebagai tempat untuk mengambil air tersebut guna penyediaan air minum.

 

Bangunan Pengolah Limbah Rumah Tangga

Bangunan pengolahan yang berupa tangki septik, cubluk, tangki septik bermedia, UASB, dan lain-lain.

 

Bangunan Permanen

Bangunan yang ditinjau dari segi konstruksi dan umur bangunan dinyatakan lebih dari 15 tahun.

 

 

Bangunan Resapan Buatan

Bangunan yang dibuat untuk meresapkan air permukaan.

 

Bangunan Satu Lantai

Bangunan yang berdiri langsung diatas pondasi pada bangunan tidak terdapat pemanfaatan lain selain pada lantai dasamya.

 

 

Bangunan Sederhana

Bangunan yang termasuk sebagai bangunan sederhana didasarkan pada:

 

 

 

 

Bangunan Sementara/Darurat

Bangunan yang ditinjau dari segi konstruksi dan umur bangunan dinyatakan kurang dari 5 tahun.

 

Bangunan Semi Permanen

Bangunan turutan suatu bangunan yang ditinjau dari segi konstruksi dan umur bangunan dinyatakan antara 5 tahun sampai dengan 15 tahun.

 

Bangunan Tidak Sederhana

Bangunan yang termasuk sebagai bangunan tidak sederhana didasarkan pada:

 

 

 

 

Bangunan Tinggi

Bangunan tinggi permanen dengan jumlah lantai lebih dari lima.

Bangunan Turutan

Bangunan yang menjadi turutan (tambahan atau pengembangan) dari sesuatu induk bangunan yang sudah ada dan terdiri dari beberapa ruang seperti dapur, kakus, kamar mandi, ruang pelayan serta selain dari pada itu paling banyak tiga unit kamar untuk didiami bukan oleh pelayan-pelayan.

 

Bangunan Unit Daur Ulang dan Pengolahan Kompos (UDPK)

Bangunan pokok UDPK yang terdiri dari ruang kantor, gudang, pemilihan pengomposan yang berfungsi untuk melaksanakan kegiatan pengomposan serta melindungi pemakai/pekerja dan peralatan serta bahan kompos UDPK dan gangguan cuaca.

 

Bangunan Umum dan Lingkungan

Semua bangunan, tapak bangunan, dan lingkungan luar bangunannya, baik yang dimiliki oleh Pemerintah dan Swasta, maupun perorangan yang berfungsi selain sebagai rumah tinggal pribadi, yang didirikan, dikunjungi, dan digunakan oleh masyarakat umum termasuk penyandang cacat.

 

Beban Gempa Statik Ekuivalen

Beban gempa yang menirukan beban gempa sesungguhnya akibat gerakan tanah.

 

Beban Hidrolik

Besarnya volume air maksimum yang dapat masuk ke bak sesuai dengan besaran bak.

 

Beban Hidrolik Permukaan

Perbandingan antara beban padatan dan luas permukaan pengendap sekunder.

 

 

 

 

Beban Hidup

Beban yang dianggap atau diketahui akibat penghunian atau penggunaan suatu gedung dan kedalamnya termasuk beban-beban pada lantai, beban-beban pada atap-atap selain dari beban angin, beban-beban pada langkah dan beban-beban yang berasal dari barang-barang

yang dapat berpindah, mesin-mesin dan peralatan yang tidak merupakan bagian yang tak terpisahkan dari gedung dan dapat diganti selama masa hidup dari gedung tersebut, sehingga mengakibatkan perubahan dalam pembebanan lantai atau atap.

 

Beban Mati

Berat dari semua bagian dari suatu gedung yang bersifat permanen termasuk dinding-dinding, pemisah-pemisah, kolom-kolom, lantai-lantai, atap-atap, penyelesaian dan mesin-mesin serta peralatan tetap yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari gedung.

 

Beban Pencemaran

Jumlah suatu unsur pencemar yang terkandung dalam air atau air limbah.

 

Beban Permukaan

Debit air limbah yang masuk ke dalam pengolahan lumpur aktif per luas permukaan yang efektif pada tangki pengendapan.

 

Bentonite Clay

Sejenis Tanah Lempung yang digunakan sebagai material penolong proses pengolahan air. Dapat meningkatkan kepadatan partikel dan berat rata-rata suspensi pencemar air sehingga memudahkan untuk diikat koagulan. Ia juga mempunyai daya serap terhadap senyawa-senyawa organik.

 

Berwawasan Lingkungan

Suatu upaya dalam mengelola lingkungan agar kelestariannya dapat dipertahankan secara berkelanjutan, sehingga dapat efsien serasi dan seimbang baik untuk generasi sekarang, maupun untuk generasi yang akan datang.

 

Beton Pracetak (Precast Concrete)

Elemen atau komponen beton tanpa atau dengan tulangan pembesian, yang dicetak terlebih dahulu sebelum dirakit menjadi bangunan.

 

Bidang Tadah

Daerah permukaan yang menampung limpasan air hujan, dapat berupa atap ataupun permukaan tanah yang terkedapkan.

 

Bina Lingkungan

Usaha yang dilakukan Pemerintah dengan mengikutsertakan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kondisi fsik prasarana lingkungan perumahan yang memenuhi persyaratan.

 

Bina Manusia

Usaha yang dilakukan oleh Pemerintah dengan mengikutsertakan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan potensi masyarakat sehingga mereka mampu memanfaatkan lingkungan yang sudah terbina untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan penghidupan.

 

Bina Usaha

Usaha yang dilakukan oleh Pemerintah dengan mengikutsertakan partisipasi aktif masyarakat untuk mengadakan prasarana/sarana dan kemudahan-kemudahan lain yang menunjang peningkatan usaha masyarakat dalam lingkungan yang sudah terbina.

 

Biodegradasi

Suatu istilah yang digunakan untuk menerangkan bahan organik yang dapat terurai secara biologis.

 

Biochemical Oxygen Demand (BOD)

Suatu ukuran standar kekuatan air limbah yang menunjukkan jumlah oksigen yang dikonsumsi dalam suatu periode waktu, biasanya lima hari pada suhu 20°C.

 

 

 

Bioremediasi

Upaya      pengembalian      baku      mutu lingkungan yang tercemar dengan cara menggunakan   mikro   organisme   untuk menguraikan bahan pencemar.

 

Black Water

Air limbah yang berasal dari kakus, berbentuk tinja manusia.

 

Blower

Pompa udara untuk memasok oksigen ke dalam air yang diolah di dalam tangki bioflter sistem

 

Broncaptering

Bangunan penangkap sumber air baku yang berasal dari mata air.

 

Bangunan Gedung Umum

Bangunan gedung yang fungsinya untuk kepentingan  publik,  baik berupa  fungsi keagamaan, fungsi usaha, maupun fungsi sosial dan budaya.

 

Bangunan Gedung Sederhana

Bangunan gedung dengan karakter sederhana serta memiliki kompleksitas dan teknologi sederhana, klasifkasi:

 

 

 

 

Bangunan Gedung Tertentu

Bangunan gedung yang digunakan untuk kepentingan umum dan bangunan gedung fungsi khusus, yang dalam pembangunan dan/atau pemanfaatannya membutuhkan pengelolaan khusus dan/atau memiliki kompleksitas tertentu yang dapat menimbulkan dampak penting terhadap masyarakat dan lingkungannya.

 

Bangunan Gedung Semi Permanen

Bangunan gedung yang digunakan untuk fungsi yang ditetapkan dengan konstruksi semi permanen atau yang dapat ditingkatkan menjadi permanen.

 

Bangunan Induk

Bangunan     yang     mempunyai dominan dalam suatu persil.

 

Bangunan Khusus

Bangunan gedung negara yang termasuk sebagai      bangunan      khusus      adalah  bangunan-bangunan yang dalam perencanaan dan pelaksanaannya memerlukan  penyelesaian khusus seperti: bangunan yang bersifat monumental, bangunan reaktor nuklir, bangunan peribadatan, bangunan gedung dewan perwakiLan rakyat, bangunan gedung olah raga, dan yang setara.

 

Bangunan Penggelontor

Bangunan yang dapat mengumpulkan air dan dilengkapi dengan peralatan untuk keperluan penggelontoran yang dapat bekerja secara otomatis atau manual.

Bangunan Pengambilan Air Baku (Intake)

Bangunan atau konstruksi penangkap mata air yang dibangun pada suatu lokasi sumber air yaitu sungai, mata air dan air tanah dengan segala perlengkapannya dan dipergunakan sebagai tempat untuk mengambil air tersebut guna penyediaan air minum.

 

Bangunan Pengolah Limbah Rumah Tangga

Bangunan pengolahan yang berupa tangki septik, cubluk, tangki septik bermedia, UASB, dan lain-lain.

 

Bangunan Permanen

Bangunan yang ditinjau dari segi konstruksi dan umur bangunan dinyatakan lebih dari 15 tahun.

 

Bangunan Resapan Buatan

Bangunan yang dibuat untuk meresapkan air permukaan.
Bantaran Sungai

Lahan pada kedua sisi sepanjang palung sungai dihitung dari tepi sampai dengan kaki tanggul sebelah dalam.

Base Flow

Aliran dasar sungai yaitu aliran yang terjadi akibat pergerakan air permukaan.

Bendung

Bangunan melintang alur sungai yang berfungsi untuk meninggikan muka air.

Bendung Tetap

Bendung yang tidak bisa dioperasikan untuk meniadakan pembendungan air.

Bendung Gerak

Bendung yang bisa melayani operasi untuk meniadakan pembendungan air.

 

Bendung Gerak Pintu

Bendung gerak yang terbuat dari pintu sebagai sarana operasi pembendungan air.

Bendung Karet

Bendung gerak yang terbuat dari tabung karet yang mengembang sebagai sarana operasi pembendungan air.

Bendung Karet Isi Udara

Bendung karet yang menggunakan udara sebagai media pengisi tabung karet.

Bendung Karet Isi Air

Bendung karet yang menggunakan air sebagai media pengisi tabung karet.

 

Bendung Pembagi Banjir

Bendung yang dibangun di percabangan sungai untuk mengatur muka air sungai, sehingga terjadi pemisahan antara debit banjir dan debit rendah sesuai dengan kapasitasnya.

Bendung Penahan Pasang

Bendung yang dibangun di bagian sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut, antara lain untuk mencegah masuknya air asin.

Bendung Penyadap

Bendung yang digunakan sebagai penyadap aliran sungai untuk berbagai keperluan seperti untuk irigasi, air baku, dan sebagainya.

Bendungan

Setiap penahan buatan, jenis urugan atau jenis lainnya, yang menampung air atau dapat menampung air baik secara alamiah maupun buatan, termasuk pondasi, tebing tumpuan, serta bangunan pelengkap dan peralatannya.

Bronjong Kawat Struktur kotak yang terbuat dari anyaman kawat baja berlapis seng yang pada penggunaannya diisi batu-batu untuk pencegah erosi yang dipasang pada tebing-tebing, tepi-tepi sungai, yang proses penganyamannya menggunakan mesin.

Badan Jalan Meliputi jalur lalu lintas, dengan atau tanpa jalur pemisah, dan bahu jalan.

Bahu Jalan Bagian daerah manfaat jalan yang berdampingan dengan jalur lalu lintas untuk menampung kendaraan yang berhenti, keperluan darurat, dan untuk pendukung samping bagi lapis pondasi atas, pondasi bawah, dan permukaan.

Balok Girder Balok di antara dua penyangga (pier atau abutment) pada jembatan yang berfungsi untuk menopang struktur diatasnya lantai jembatan. Balok yang berfungsi mendukung balok – balok lainnya yang lebih kecil dalam suatu konstruksi, umumnya merupakan balok I, tetapi bisa juga berbentuk box, atau bentuk lainnya.

Balok Pondasi

Bagian  bawah  dari  struktur  bangunan bawah    yang    berfungsi    melimpahkan beban dan gaya-gaya yang bekerja pada bangunan bawah ke pondasi.

Bangunan Atas Jembatan

Bagian dari konstruksi jembatan yang berfungsi sebagai pemikul langsung beban lalu lintas yang melewatinya.)

Bangunan Bawah Jembatan

Bagian  dari  konstruksi  jembatan  yang berfungsi   sebagai   pemikul   dari   beban bangunan      atas      yang      selanjutnya diteruskan kepada pondasi.

Bangunan Pelengkap Jalan

Bangunan yang menjadi bagian dari jalan yang dibangun sesuai dengan persyaratan teknik antara lain jembatan, ponton, lintas atas, lintas bawah, tempat parkir, gorong-gorong, tembok penahan dan saluran tepi jalan.

Beban Sumbu Standar

Beban sumbu kendaraan yang dianggap mempunyai daya rusak sama dengan satu

satuan, yaitu sebesar 18.000 lbs (8,16 ton) dengan konfgurasi Single Axe-Dual Wheels.

Beton (Tidak Bertulang)

Campuran antara semen portland atau semen hidraulik yang lain, agregat halus, agregat kasar dan air, dengan atau tanpa bahan campuran tambahan membentuk massa padat.

Beton Bertulang

Beton yang ditulangi besi baja dengan luas dan jumlah tulangan yang tidak kurang dari nilai minimum yang disyaratkan, kedua bahan tersebut bekerja bersama-sama dalam menahan beban.

Beton Normal

Beton yang menggunakan agregat alami dan mempunyai bobot isi 2200 – 2500 kg/m3. (

Beton Pra Tegang

Beton bertulang yang telah diberikan tegangan dalam untuk mengurangi tegangan tarik potensial dalam beton akibat pemberian beban yang bekerja.

Beton Pra Cetak

Beton yang dicetak di pabrik dan dipasang di lapangan.

Bitumen

Sejenis substansi pengikat berwarna gelap atau hitam (Padat, semi – padat atau viskous), alami atau manufaktur, terdiri atas hidrokarbon bermolekul berat, diantaranya tar, asphaltene, malthene, dll.

Back Water

Aliran tidak sejajar muka airnya dengan dasar pipa, biasanya ada pembendungan di sebelah hilir aliran.

 

Back Wash

Sistem  pencucian  media  flter  dengan aliran air yang berlawanan arah dengan aliran air pada saat penyaringan.

 

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) P2KP

Warga yang sadar untuk bersama-sama menggalang potensi dan mengatasi persoalan yang dihadapi bersama, khususnya masalah kemiskinan, dapat mengorganisasi diri sebagai masyarakat warga dan membangun lembaga pimpinan kolektif sebagai representasi dari masyarakat warga kelurahan bersangkutan.
Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM)

Badan non struktural (dibentuk oleh, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri) yang bertugas mendukung dan memberikan bantuan dalam rangka mencapai tujuan pengembangan SPAM.

Badan Pengelola

Badan Usaha Milik Negara ataupun Badan Usaha Milik Daerah dan badan lain yang dibentuk oleh Pemerintah yang ditugasi sebagai pengelola Kasiba, Rumah Susun, dan Aset Pemerintah lainnya.

Baffe

 

 

Biaya Pelatihan biaya untuk meningkatkan kemampuan SDM melalui pelatihan formal/informal dan internal/external.

______________________

 

C

Cakupan Pelayanan presentase jumlah penduduk yang dilayani dari jumlah total penduduk di daerah pelayanan.

 

Continuity of Service kontinuitas aliran air, suatu angka yang menunjukkan waktu rata-rata pengaliran air kepada pelanggan PDAM dalam sehari sepanjang tahun.

 

Cathchment Area suatu kawasan atau wilayah yang menjadi daerah tangkapan air.

 

Cos of Production ongkos produksi, biaya produksi

 

Cover Hydrant alat pelindung/penutup hydrant dari akibat kerusakan fisik.

 

Crab kerek jalan, takel jalan ketam pengikis permukaan.

 

Crane Derek keran angkat, sebuah alat takel jalan, ketam pengikis permukaan.

 

Crab kerek jalan, takel jalan, ketam pengikis permukaan.

 

Crane Motor motor yang menggerakkan keran angkat.

 

Cross Bar alat untuk mengangkat/menurunkan  casing dari suatu pompa.

 

Cup PVC penutup yang dipakai pada ujung-ujung pipa PVC

 

Cup PVC Solvent Cement penutup yang dipakai pada ujung-ujung pipa PVC

 

Cup Rubber Ring penutup yang dipakai

Pada ujung-ujung pipa dengan memakai lem PVC.

 

Coating pelapisan permukaan material, lapisan cat

Coating Bitumen bahan pelapisan yang terbuat dari  batu hitam.

 

Coating Epoxy Blue lapisan cat epoxy biru untuk dinding-dinding reservoir.

 

Cash Iron Pipe salah satu jenis material pipa yang terbuat dari besi tuang atau besi hancuran.

 

Compound Engine mesin kompon, mesin majemuk, mesin gabungan.

 

Compound Pipe pipa majemuk/kompon yang digerakkan dengan mesin majemuk.

 

Compund Pump pompa majemuk/kompon yang digerakkan dengan mesin majemuk.

 

Charger Batteray HT alat untuk mengisi muatan listrik baterai handy talky (HT).

Banyaknya hujan yang tercurah (turun) di suatu daerah dalam jangka waktu tertentu.

 

Chemical Oxygen Demand (COD)

Oksigen yang diperlukan untuk proses peruraian bahan organik secara kimiawi. Besarnya menggambarkan tingkat pencemaran oleh bahan-bahan organik yang secara alami dapat teroksidasi oleh proses mikrobiologis.

 

Commissioning

Proses penilaian kinerja IPA (instalasi Pengolahan Air) oleh suatu tim yang dibentuk khusus setelah selesai dibangun dan sebelum diserahterimakan dari penyedia jasa kepada pengguna jasa.

 

Community Development Plan (CDP)

Suatu perencanaan yang disusun oleh masyarakat melalui survey swadaya dan rembug warga.

 

Controlled Landfll

Metode pembuangan akhir sampah secara sederhana sebagai upaya transisi menuju sanitary landfll.

 

Cubluk

1. Sarana pengolah air limbah yang berfungsi mengolah tinja dan urine menjadi kompos. Cubluk hanya menggunakan sedikit air, teknologi sederhana, dan biaya murah. Kelemahan cubluk adalah adanya persyaratan daya resap tanah dan kedalaman air tanah tertentu. Cubluk tidak dapat menampung air limbah kamar mandi, tempat cuci dan dapur.

2.Satu sarana pengumpul dan pengolahan air limbah domestik pada sistem setempat yang terbuat dari konstruksi tidak kdap air dilengkapi dengan bidang rembesan.

3.Sarana untuk menampung dan merembeskan limbah kakus dalam bentuk sumuran (dengan menggali tanah).

 

Cubluk Kembar

Dua buah sumuran untuk menampung dan   merembeskan   limbah   dari   kakus yang dibuat dengan cara menggali tanah dan digunakan secara bergantian.

 

Cekungan air tanah Suatu wilayah yang dibatasi oleh batas hidrogeologis, tempat semua kejadian hidrogeologis seperti proses pengimbuhan, pengaliran, dan pelepasan air tanah berlangsung.

 

Check Dam Bendungan kecil yang dibangun dalam sebuah saluran atau alur air yang kecil untuk mengurangi

kecepatan aliran sungai, meminimkan pencarian saluran dan mempromosikan endapan sedimen.

Curah hujan Banyaknya hujan yang tercurah (turun) di suatu daerah dalam jangka waktu tertentu.

 

 

__________________________________

D

Dampak Lingkungan perubahan lingkungan yang diakibatkan oleh suatu kegiatan.

 

Daerah Aliran Sungai (DAS)

Suatu wilayah daratan yang merupakan satu    kesatuan    dengan    sungai    dan anak-anak sungainya, yang berfungsi
menampung,  menyimpan,dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan di wilayah tersebut ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topograf dan batas di laut sampai dengan perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan

Dewatering pengeluaran air, pemindahan air.

Disinfeksi pemusnahan bakteri pathogen, biasanya dengan bahan kimia antiseptic.

Distribusi proses pemindahan/pengiriman air dari suatu tempat ke tempat lainnya.

 

Distribution Pipe jaringan pipa sekunder yang disambunga setelah pipa primer diameter 2” sampai dengan 6”.

 

Dop Galvanis penutup aliran air pada ujung pipa dari jenis galvanis dengan menggunakan drat.

 

Double Flanged material penyambung pipa dengan valve.

 

Double Flanged Y-Strainer C/W untuk pembuangan spuel pipa kiri kanan model Y- strainer C/W.

 

Double Nipple Galvanis pipa yang kedua ujungnya memakai drat.

 

Double Socket Rubber Ring socket penyambungan pipa dengan karet.

 

Double Socket Solvent Cement socket penyambung pipa dengan karet.

 

Drain Reservoir Submersible Pump pompa benam, pompa hisap/tekan yang ditempatkan dalam air.

 

Drainase 1. Pembuangan air permukaan atau air lebih dari lahan dengan memakai saluran-saluran permukaan atau bawah permukaan, 2. Karakteristik (ciri) tanah mempengaruhi drainase alami.

Draine Pump pompa yang digunakan untuk menghisap/membuang air buangan

Ductile Iron Pipe pipa besi.

Deman of Oxygen (DO) banyaknya oksigen yang terkandung di dalam air dan diukur dalam satuan milligram/liter. Oksigen yang terlarut itu digpreseunakan sebagai tanda derajat pengotoran limbah yang ada, semakin besar oksigen terlarut, maka menunjukkan derajat pengotoran yang relative kecil

 

Desinfeksi pemusnahan bakteri pathogen (bakteri penyebab penyakit) yang penyebarannya melalui air seperti thypus, cholera, dysentri dan lain-lain, biasanya dengan bahan kimia antiseptic (biasanya chlor).

Destilasi proses dengan cara penyulingan

Danau cekungan yang terjadi karena peristiwa alam yang menampung dan menyimpan air yang berasal dari hujan, mata air, dan atau sungai.

 

Dam tanggul atau wadah penahan air minum, membendung atau bendungan.

 

Debit Sedimen jumlah sedimen diukur dalam berat kering atau menurut volume yang diangkut melalui suatu penampang melintang dalam waktu tertentu. Pengeluaran sedimen terdiri atas beban tersuspensi maupun beban dasar (materi kasar yang bergerak di dasar).

 

Deck Wash Pump pompa yang digunakan untuk menguras dek/bak.

Dehydrator Media yang digunakan sebagai pemisah zat cair.

 

Daur Hydrology 1. Daur lengkap yang dialami oleh air, yaitu samudra menguap ke atmosfer, turun sebagai hujan ke gunung/daratan dan kembali ke lautan setelah sempat menjadi air tanah dan air permukaan.

2. Sirkuit gerakan dari atmosfer melalui berbagai tingkat atau proses,  sebagai hutan, intersepsi , aliran permukaan, infiltrasi, perembesan, penyimpanan, penguapan dan transpirasi.

Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)

Dokumen pelaksanaan anggaran yang berusaha menghimpun seluruh perencanaan dan penganggaran sebagai satu kesatuan yang utuh. Pada saat ini baru menghimpun seluruh kegiatan yang berasal dari anggaran Rutin (DIK), anggaran pembangunan (DIP), dan kegiatan yang dibiayai PNPB (DIKS). Penganggaran terpadu diharapkan dapat dilaksanakan pada akhir masa transisi

Data Literal = Non Spasial = Numerik

 

 

Data Spasial

 

 

 

 

Dekonsentrasi

Pelimpahan wewenang dari Pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah.

 

Daerah Irigasi

Kesatuan lahan yang mendapat air dari satu jaringan irigasi

Daerah Irigasi Kabupaten/Kota

Daerah irigasi yang mendapatkan air irigasi dari jaringan irigasi yang seluruh bangunan dan saluran serta luasannya berada dalam satu wilayah kabupaten/ kota.

Daerah Irigasi Lintas Kabupaten/ Kota

Daerah irigasi yang mendapatkan air irigasi dari jaringan irigasi yang bangunan dan saluran serta luasannya berada di lebih dari satu wilayah kabupaten/kota, tetapi masih dalam satu wilayah provinsi

Daerah Irigasi Lintas Provinsi

Daerah irigasi yang mendapatkan air irigasi dari  jaringan irigasi yang bangunan dan saluran serta luasannya berada di lebih dari satu wilayah provinsi, tetapi masih dalam satu negara.

 

Daerah Tangkapan Air

Suatu daerah yang dibatasi oleh pembatas topografi berupa punggung-punggung bukit atau gunung yang menampung air hujan yang jatuh diatasnya dan kemudian mengalirkannya melalui anak sungai dan sungai ke laut atau ke danau

 

Danau

Bagian dari sungai yang lebar dan kedalamannya secara alamiah jauh melebihi ruas-ruas lain dari sungai yang bersangkutan.

Daya Air

Potensi yang terkandung dalam air dan/atau pada sumber air yang dapat memberikan manfaat ataupun kerugian bagi kehidupan dan penghidupan manusia serta lingkungannya.

Daya Dukung Sumber Daya Air

Kemampuan sumber daya air untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Daya Tampung Air dan Sumber Air

Kemampuan air dan sumber air untuk menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan ke dalamnya.

Daya Rusak Air

Daya air yang dapat merugikan kehidupan.

Debit Aliran Volume air yang mengalir melalui penampang melintang sungai atau saluran dalam satuan waktu tertentu yang dinyatakan dalam satuan Liter/detik atau m3/detik.

Debit Aliran Dasar Aliran bawah permukaan ditambah aliran yang berasal dari air tanah.

Debit Aliran Permukaan Air yang masuk ke dalam sungai melalui permukaan tanah dan bawah permukaan.

Debit Banjir Maksimum Tahunan Debit aliran sesaat dengan puncak hidrograf tertinggi selama satu tahun pencatatan.

Debit Banjir Rencana Debit maksimum dari suatu sungai, atau saluran yang besarnya didasarkan kala ulang tertentu.

Debit Desain Besarnya debit banjir maksimum yang ditentukan berdasarkan kala ulang, faktor keamanan, ekonomi, dan sosial.

 

Debit Rencana Debit untuk perencanaan suatu bangunan air.

Debit Puncak Debit yang terbesar pada suatu periode tertentu.

Degradasi Sungai Penurunan dasar sungai akibat penggerusan.

Daerah Genangan

Daerah  yang tergenang air akibat tidak berfungsinya sistem drainase atau juga merupakan daerah genangan alamiah yang hanya tergenang pada saat terjadi banjir.

 

Daerah Pengaliran

Daerah tangkapan air yang mengalirkan air ke dalam saluran.

 

Daerah Rawan Bencana

Daerah dimana keseimbangan fsiknya mudah berubah dan penyebabnya bersifat alamiah dan atau karena perilaku manusia dan kejadiannya sulit diduga.

 

Daktilitas

Kemampuan struktur bangunan gedung untuk mempertahankan kekuatan dan kekakuan yang cukup, sehingga struktur gedung tersebut tetap berdiri walaupun sudah berada dalam kondisi di ambang keruntuhan

 

Dampak Lingkungan

Perubahan lingkungan yang diakibatkan oleh suatu kegiatan.

 

Dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat)

Sejumlah dana/uang yang merupakan pagu suatu kelurahan yang besarnya didasarkan pada jumlah penduduk pada suatu kelurahan sasaran program pembangunan.

 

Daur Ulang Sampah

Cara memisahkan sampah yang dapat menghasilkan produk yang bermanfaat; Kembalinya bahan atau sifat bahan yang telah terbuang ke dalam sistem produk yang sama, sebagaimana kembalinya sampah kertas dalam pembuatan kertas baru.

 

Daya Tampung Beban Pencemaran

Kemampuan air pada suatu sumber air, untuk menerima masukan beban pencemaran tanpa mengakibatkan air tersebut menjadi cemar.

Denitrifkasi

Proses biologis dimana nitrat dirubah menjadi nitrogen. Pengurangan biologis tanpa udara untuk nitrat oksigen menjadi gas juga penghilangan keseluruhan nitrogen dari sistem pada proses pengolahan air limbah.

 

Depo Pemindahan Sampah

Tempat     pemindahan     sampah     yang dilengkapi dengan kontainer pengangkut dan atau ram, dan atau kantor bengkel.

 

 

Desinfeksi

Proses pembubuhan bahan kimia untuk mengurangi zat organik pada air baku dan mematikan kuman/organisme.

 

Desinfektan

Bahan   (kimia)   yang   digunakan   untuk mematikan      bakteri      pathogen      dan memperlambat pertumbuhan lumut.

 

Diffuser

Piringan atau tabung berpori dimana udara atau gas lain dipaksa dan dibentuk menjadi gelembung untuk difusi di dalam cairan.

 

Dinding

Sarana atau perlengkapan bangunan untuk melindungi pemakai dari pandangan orang lain, keamanan maupun gangguan angin dan sinar matahari.

 

Dinding Diafragma

Suatu bagian struktur gedung yang berupa sekat (seperti pelat lantai atau atap), atau suatu rangka yang berfungsi membagikan beban geser tingkat kepada unsur-unsur penahan gempa dalam tingkat tersebut.

 

Dinding Geser Berangkai Daktil

Dua buah atau lebih dinding geser kantilever yang daktailnya dirangkaikan satu dengan lainnya oleh balok-balok yang mempunyai perbandingan antara bentang dan tinggi tidak lebih dari 4.

Dinding Geser Kantilever Daktil

Suatu dinding tanpa lubang-lubang yang membuat pengaruh penting terhadap perilaku dari struktur gedung yang bersangkutan, dan yang baru akan runtuh secara daktail setelah beberapa dari tulangan vertikalnya meleleh dalam tarikan akibat momen yang bekerja padanya (tidak seperti halnya akibat tekuk atau geser). Perbandingan antara tinggi dan lebar dinding demikian tidak boleh kurang dari 2 dan lebar dinding tersebut tidak boleh kurang dari 1,5 m.

 

Dinding Geser Kantilever dengan Daktilitas Terbatas

Suatu dinding geser yang tidak memenuhi ketentuan dari kedua jenis tersebut di atas.

 

Dinding Luar

Suatu dinding bangunan terluas yang bukan merupakan dinding pembatas.

 

Dinding Luar Non-Struktural

Suatu dinding luar yang tidak memikul beban dan bukan merupakan dinding panel.

 

Dinding Partisi

Dinding dari bahan pasangan maupun panel kayu atau panel bahan lainnya yang tidak digunakan sebagai pemikul beban.

 

Dinding Pembatas

Dinding yang menjadi pembatas antara bangunan.

 

Dinding Pemikul Beban

Dinding yang diperkuat dengan kerangka (frame) dari kayu atau beton bertulang yang berfungsi sebagai pemikul beban-beban yang diakibatkan oleh beban sendiri, beban gempa atau beban angin.

 

Disain Berulang

Penggunaan disain produk yang sudah ada oleh konsultan yang sama yang digunakan  secara  berulang,  dan  telah

ditetapkan sebelumnya dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK).

 

Disain Berulang Parsial

Disain produk konsultan yang menggunakan sebagian dokumen pelelangan yang telah ada secara berulang untuk pekerjaan lain pada lokasi yang sama atau pada lokasi lain.

 

Disain Berulang Total

Disain produk konsultan yang menggunakan seluruh dokumen pelelangan yang sudah ada secara berulang untuk pekerjaan lain pada lokasi yang sama atau pada lokasi lain.

Dokumen Administratif (Bangunan Gedung)

Dokumen yang berkaitan dengan pemenuhan persyaratan administratif misalnya dokumen kepemilikan bangunan gedung, kepemilikan tanah, dan dokumen izin mendirikan bangunan gedung.

 

Dokumen Pelaksanaan (Bangunan Gedung)

Dokumen hasil kegiatan pelaksanaan konstruksi bangunan gedung meliputi rencana teknis dan syarat-syarat, gambar-gambar workshop, as built drawings, dan dokurnen ikatan kerja.

 

Dokumen Rencana Teknis (Bangunan Gedung)

Rencana-rencana teknis arsitektur, struktur dan konstruksi, mekanikal dan elektrikal, pertamanan, tata ruang dalam, dalam bentuk gambar rencana, gambar detail pelaksanaan, dan laporan perencanaan.

 

Drain Inlet atau Inlet Saluran

Lubang tempat masuknya air permukaan untuk dialirkan ke sistem drainase yang ada.

 

Drainase

Prasarana yang berfungsi mengalirkan limpasan  air  permukaan  ke badan  air penerima atau ke bangunan resapan bantuan.

 

Drainase Perkotaan

 

 

Tempat pertemuan saluran yang mempunyai perbedaan ketinggian relatif besar 60-90 cm.

Dewan Sumber Daya Air Lembaga koordinasi pengelolaan sumber daya air yang meliputi Dewan Sumber Daya Air Nasional, dewan sumber daya air provinsi atau dengan nama lain, dan dewan sumber daya air kabupaten/kota atau dengan nama lain

_____________________________________________________________________________________

E

Erosi pengikisan permukaan tanah oleh air mengalir, angin, es atau perantara-perantara geologi lain, termasuk proses-proses dan pemindahan tanah atau fragmen-fragmen bantuan oleh air, angin, es atau gaya berat.

 

Exator alat untuk menyambung/melepaskan shaft dari pompa.

 

Elbow assesories penyambungan pipa dengan sudut 90 derajat.

 

Elbow Solvent Cement PVC assesories penyambungan pipa menggunakan perekat dengan sudut 90derajat yang terbuat dari jenis PVC.

 

Elektrometer Elektrometer , alat pengukur listrik (elektrik).

 

Electromotor motor listrik, electromotor.

 

Effluent 1. Sampah padat, cair atau gas yang memasuki lingkungan sebagai suatu produk samping atau tambahan dari kegiatan manusia. 2. Pengaliran atau pencurahan air tanah atau air di bawah tanah.

 

Eks pelanggan pelanggan yang berhenti menjadi pelanggan.

Evaluasi Penilaian terhadap suatu kegiatan yang membandingkan antara hasil yang telah dicapai dengan hasil yang seharusnya dicapai pada kurun waktu tertentu dengan menggunakan ukuran-ukuran dan indikator tertentu.

E-Procurement Kegiatan penyelenggaraan pengadaaan barang dan jasa melalu media elektronik (mencakup informasi dan komunikasi) yang berbasis teknologi informasi dan telekomunikasi.

 

El Nino Fenomena perubahan cuaca di daerah pantai utara Peru dan Ekuador yang terjadi pada setiap beberapa tahun, menyebabkan menghangatnya suhu permukaan Samudra Pasifk, dan berdampak luas pada perubahan cuaca di beberapa bagian dunia.

Eksploitasi Sungai

Usaha   pengaturan   dan   pengalokasian sumber daya air dan sumber daya alam lainnya  yang  berada  di  sungai  untuk tujuan pendayagunaan secara optimum.

Embung/Waduk Lapangan

Tempat/wadah penampungan air pada waktu terjadi surplus air di sungai atau menampung air hujan.

Evaporasi

Proses fsik dimana air bertransformasi menjadi    benda    gas.    Dalam    irigasi, penguapan adalah uap air yang hilang dari tanah dan permukaan air.

Elevasi Jalan

Titik   ketinggian   jalan   yang   umumnya di   ukur  dari  fnished  grade  titik  bahu dalam atau pada as jalan terhadap suatu referensi ketinggian.

Epoxy

Bahan perekat untuk menyambung struktur beton yang mempunyai kekuatan lebih besar dari kekuatan beton.

 

Effuen

Air yang keluar dari sistem pengolahan

 

Ekosistem

Tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

 

Elemen Bangunan

Komponen arsitektural, struktural atau mekanikal dari suatu bangunan, fasilitas, ruang atau tapak, seperti telepon, pintu, tempat duduk dan closet.

 

Elevasi/Peil

Ketinggian maksimum / minimum lantai dasar bangunan dari muka jalan ditentukan untuk pengendalian keselamatan bangunan, seperti dari bahaya banjir, dan pengendalian bentuk estetika bangunan secara keseluruhan/ kesatuan lingkungan, serta aspek aksesibilitas .

 

Eutrofkasi

Proses penyuburan badan air yang dapat menimbulkan pertumbuhan gulma air seperti enceng gondok yang akan menyebabkan pendangkalan dan kondisi terganggunya kehidupan air

 

 

 

_____________________________________________________________________________________

F

Flusing pembersihan internal pipa dengan menggunakan aliran air bertekanan tinggi yang bertujuan untuk membuang sisa-sisa kotoran, endapan dan sisa air kotor dalam pipa.

 

Fitting PVC material sambungan pipa bahan baku PVC

 

Flange Gate Valve komponen utama dalam pengaturan debit aliran dan tekanan pada operasional pendistribusian, berfungsi sebagai katup, saklar pengatur, pemutus, dan pembuka aliran air pada pipa yang dipasang pada jaringan bawah tanah.

 

Flange Socket material penyambung pipa PVS menggunakan mur/baut dan lem.

 

Faucet Socket material penyambung pipa (socket) memakai drat dalam.

 

Faucet Knee atau Elbow (BSP TT) material sambungan pipa dengan sudut 90 derajat memakai drat dalam.

 

Ferulle material sambungan pipa dinas berbentuk valve yang dipasang pada clamp sadle berfungsi sebagai penahan sementara aliran air sebelum selesai pekerjaan penyambungan.

 

Ferulle Cock gelang pipa kran air.

 

Floculator sarana pengadukan/meratakan pencampuran air baku dengan bahan kimia untuk pembentukan flok.

Flokulasi peristiwa pembentukan flok pada proses pengolahan air baku menjadi air bersih

Flow Rate (Batas Aliran) Meter Air volume air yang dapat melewati meter air dalam satuan waktu.

 

Fibre Reinforced Plastic Weir Plate berfungsi sebagai weir dari setiap lounder yang ada sehingga muka air mengalir sama besar untuk setiap lounder.

 

Formulir Pendaftaran formulir/blanko yang harus diisi  oleh setiap calon pelanggan dalam proses sambungan baru.

 

Fotosintesis sintesis karbohidrat dari karbondioksida dan air oleh khlorofil, menggunakann cahaya sebagai energy dengan oksigen sebagai suatu produk tambahan (sampingan).

 

Fleksibel Clamp/Repair Clamp material untuk perbaikan pipa bocor sejenis collar yang digunakan untuk pipa fiberglass.

 

Flexsibel Coupling kopling fleksibel, kopling ekspansi.

 

Floater alat perata adukan.

 

Fresh water air tawar

 

Facade (Frontage)

Bidang yang tampak pada bangunan arsitektur: wajah bangunan (the face of a building), mencerminkan bagian terpenting dari bangunan itu sendiri.

Faktor Hari Maksimum

Angka perbandingan antara kebutuhan air pada hari maksimum dengan kebutuhan air rata-rata.

Faktor Jam Puncak

Angka perbandingan antara kebutuhan air pada jam sibuk (puncak) dengan kebutuhan air rata-rata.

Fasilitas

Semua atau sebagian dari kelengkapan prasarana dan sarana pada bangunan gedung dan lingkungannya agar dapat diakses dan dimanfaatkan oleh semua orang termasuk penyandang cacat dan lansia.

Fasilitas Komunitas/Lingkungan

Bangunan yang dimiliki oleh pemerintah dan atau masyarakat yang diperlukan serta digunakan oleh orang banyak, misalnya jalan, sekolah, pasar, perpustakaan umum, taman, pusat pelayanan kesehatan, kantor pos, polisi, dan pemadam kebakaran; juga fasilitas-fasilitas yang secara nirlaba dimiliki dan dioperasikan oleh perorangan atau badan hukum mis gereja, mesjid, surau, langgar, lapangan olah raga. (padanan kata = fasilitas lingkungan).

Fasilitas Lingkungan

Fasilitas penunjang yang berfungsi untuk menyelenggarakan dan mengembangkan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya, yang antara lain dapat berupa bangunan perniagaan atau perbelanjaan, lapangan terbuka, pendidikan, kesehatan, peribadatan, fasilitas pemerintahan dan pelayanan umum serta pemakaman dan pertamanan.

Fasilitas Sosial

Berupa, antara lain, rumah ibadah, panti asuhan, panti sosial, rumah sakit, puskesmas, sekolah.

Fasilitas Umum

Berupa, antara lain, terminal angkutan umum, stasiun kereta api, pelabuhan laut, pelabuhan udara, tempat pemberhentian kendaraan umum, taman, jalan, dan trotoar.

Filtrasi

Proses pemisahan dengan cara melewatkan campuran partikel dan cairan melalui material berpori, dimana partikel akan terperangkap dan cairan lolos (lewat).

Flok

Gumpalan lumpur yang dihasilkan dari pembubuhan koagulan.

Flokulasi

Proses pengadukan air dengan gradien kecepatan tertentu untuk membentuk fok dalam ukuran yang cukup untuk dapat mengendap.

Flotasi

Proses    pemisahan    padatan    dan    air berdasarkan     perbedaan     berat     jenis dengan cara diapungkan.

Fungsi Bangunan Gedung

Meliputi fungsi hunian, keagamaan, usaha, sosial dan budaya dan fungsi khusus adalah ketetapan mengenai pemenuhan persyaratan administratif dan persyaratan teknis bangunan gedung.

Flood Forecasting (Perkiraan Banjir)

Prediksi dari suatu keadaan banjir yang akan terjadi dimasa depan (waktu, kedalaman, pengeluaran dll) adalah terkait dengan informasi terkini. Prediksi dari waktu banjir berdasarkan analisa data meteorologi suhu, misalnya arah gerakan badai, curah hujan awal, kelembaban udara, pergerakan suhu, angin dll. Analisa atas informasi semacam itu yang terkait dengan tanggap keadaan arus dan sifat utama dapat memberikan suatu alasan pemberian peringatan bahaya bencana banjir. Akumulasi dan analisa data yang cepat, penyebaran dari tanda peringatan, adalah penting bagi kehandalan dari suatu prakiraan banjir. • Ilmu pengetahuan mengenai prakiraan ketinggian air, pengeluaran air, waktu timbulnya banjir dan masa banjir, khususnya puncaknya luapan banjir disuatu titik khusus di sungai, yang merupakan dampak dari curah hujan dan/atau salju yang mencair dan berdasarkan kondisi meteorologi dan hidrologi. Tujuan dari prakiraan banjir adalah untuk mendapatkan waktu curah hujan yang sebenarnya dan data arus melalui gelombang mikro, sistem radio, atau jaringan komunikasi satelit, memasukkan data melalui program penelusuran aliran arus dan luapan curah hujan, dan memprakirakan laju arus banjir dan ketinggian air untuk suatu kurun mulai dari lingkup beberapa jam sampai dengan beberapa hari kedepan, tergantung pada skala dari terjunan/percikan air.

Flood Warning

Peringatan dini akan adanya banjir.

Forum Koordinasi Daerah Irigasi

Sarana konsultasi dan komunikasi antara wakil perkumpulan petani pemakai air, wakil pengguna jaringan irigasi, dan wakil pemerintah dalam rangka pengelolaan irigasi yang jaringannya berfungsi multiguna pada suatu daerah irigasi.

 

Falling Weight Defectometer (FWD)

Alat untuk mengukur kekuatan struktur perkerasan jalan yang bersifat non-destruktif.

Faktor Daya Rusak Jalan

Perbandingan antara daya rusak akibat muatan sumbu yang ada dan daya rusak oleh beban standar.

 

 

_____________________________________________________________________________________

G

Glove Savety sarung tangan yang digunakan sebagai pengaman pada saat kerja.

 

Golongan Tarif kelompok jenis tariff yang terbagi dalam beberapa golongan sesuai ketentuan yang berlaku

 

Gradien Hidrolika kemiringan permukaan aliran air.

 

Gambar dokumen atau penunjuk dalam melaksanakan suatu pekerjaan.

 

Gambar Rencana merupakan gambar petunjuk untuk dipedomani dalam pelaksanaan pekerjaan.

 

Gambar Situasi (GS) gambar situasi letak persil dimana calon maupun pelanggan itu berada dengan memperhatikan jarak persil dengan siku jalan atau gang, sudut panjang jalan, daerah kawasan, arah mata angin dan skala gambar.

 

Gangguan permasalahan yang dialami oleh pelanggan akibat gangguan pelayanan.

Gangguan Operasi permasalahan yang timbul saat berlangsungnya proses pelayanan sehingga mengganggu jalan operasional.

 

Galvanized Iron Pipe jenis pipa galvanis.

 

Gandar As   mobil   –   kendaraan   yang   menjadi penopang   semua   beban   dan   tempat bertumpunya roda kendaraan.

Garis Putus-Putus Marka pembatas dua lajur jalan yang menunjukkan bahwa mendahului diperkenankan.

Garis Utuh Garis tidak terputus, memiliki panjang garis dan selang antara (interval) yang konsisten.

 

Garis Muka Bangunan (GMB)

Merupakan sempadan sebagai garis batas maksimal tepi dinding muka bangunan bagian luar yang berhadapan dengan jalan; bersifat komplementer dengan garis sempadan bangunan, dibuat untuk mendaptakan efek ruang tertentu pada suatu lingkungan yang bersangkutan. Dengan adanya GMB, sempadan tidak selalu garis menerus yang sejajar jalan, tetapi dapat pula berupa garis lengkung, dan lain-lain, sesuai dengan efek ruang yang akan diciptakan.

 

Garis Pengendalian

Garis yang menunjukkan struktur posisi hirarki yang menyangkut tugas dan tanggung jawab, dalam hal ini lembaga yang berada di bawah mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada lembaga di atasnya.

 

Garis Sempadan Bangunan

Sempadan yang membatasi jarak terdekat bangunan terhadap tepi jalan, dihitung dari batas terluar riool (saluran air kotor) sampai batas terluar muka bangunan, yang berfungsi sebagai pembatas ruang; atau merupakan jarak bebas minimum dari bidang terluar suatu massa bangunan terhadap:

 

 

 

 

 

Garis Sempadan Belakang

Garis sempadan belakang garis dibelakang mana terhitung dari jalan berbatasan, tidak diperkenankan didirikan sesuatu bangunan .

 

Garis Sempadan Belakang Bangunan

Garis dibelakang mana terhitung dari jalan yang berbatasan, tidak diperkenankan didirikan sesuatu induk bangunan.

 

Garis Sempadan Danau, Waduk, Mata Air, Sungai Pasang Surut dan Pantai

Garis batas luar pengamanan danau, waduk, mata air, sungai khusus dan pantai.

 

Garis Sempadan Drainase

Garis batas luar saluran untuk melindungi fungsi drainase perkotaan.

 

Garis Sempadan Jalan

Garis batas luar pengamanan jalan atau rencana lebar jalan.

 

Garis Sempadan Muka Bangunan

Garis yang pada pendirian bangunan kearah jalan yang berbatasan, di atas permukaan tanah tidak boleh dilampaui kecuali mengenai pagar-pagar pekarangan.

 

Garis Sempadan Pagar

Garis bagian luar dari pagar persil atau pagar pekarangan.

 

Garis Sempadan Saluran

Garis batas luar pengamanan saluran.

 

Garis Sempadan Samping/Belakang Bangunan (GSpB/GSbB)

Sempadan yang membatasi jarak terdekat bangunan terhadap garis batas samping atau belakang kapling, yang dihitung dari garis batas kapling terhadap baris terluar samping/belakang bangunan   yang berfungsi sebagai ruang, untuk pertimbangan faktor keselamatan antar bangunan.

Gentrifkasi

Usaha peningkatan vitalitas suatu lingkungan     permukiman      melalui  peningkatan kualitas lingkungannya, namun tanpa menimbulkan perubahan yang berarti dari struktur fsik lingkungan permukiman.

 

Grey Water

Air limbah yang berasal dari kamar mandi, bak cuci, dapur, dll (tidak mengandung tinja).

 

Grit Removal

Proses pengolahan air limbah awal untuk menghilangkan pasir halus dari bahan padat organik.

 

Getaran Kejut

Getaran yang berlangsung secara tiba-tiba dan sesaat.

 

Getaran Mekanik

Getaran  yang ditimbulkan  oleh sarana dan peralatan kegiatan manusia.

 

Getaran Seismik

Getaran tanah yang disebabkan oleh peristiwa alam dan kegiatan manusia.

 

Gubahan Massa Bangunan

Hasil susunan perletakan massa-massa bangunan pada satu lingkungan, yang mempertimbangkan faktor geograf, lingkungan, visual dan fungsional bangunan

 

 

 

 

 

_____________________________________________________________________________________

H

Hutan Lindung kawasan hutan yang karena keadaan sifat alamnya diperuntukkan guna pengatur tata air, pencegahan bencana banjir dan erosi serta pemeliharaan kesuburan tanah.

 

Hak Guna Air

Hak untuk memperoleh dan memakai atau mengusahakan air untuk berbagai keperluan.

Hak Guna Usaha Air

Hak untuk memperoleh dan mengusahakan air.

Hak Pakai Air

Hak untuk memperoleh dan memakai air.

Hilir

Bagian sungai sebelah muara.

Hujan Buatan

Istilah yang digunakan oleh instansi BPPT dalam pelaksanaan pekerjaan modifkasi cuaca yang bertujuan mempercepat proses jatuhnya curah hujan di tempat tertentu.

Hulu

Bagian atas (sungai dsb).

Hydrant Two Mouth (Model Klep) pipa/hydrant air yang terdapat dua saluran model klep

 

Hydro Testing Pump alat uji yang dipergunakan untuk ujicoba penambahan tekanan pada pipa yang baru dipasang.

 

Half Socket Pipa material sambungan pipa model soket setengah.

 

Hand Bores bor tangan merupakan peralatan perawatan mekanikal elektrikal.

 

Handwheel Operated pengoperasian dengan roda tangan.

 

Harga Standar harga atau spesifikasi barang yang berubah atau tidak teratur dalam standar yang diterbitkan.

 

Harga Non Standar harga dan spesifikasi barang yang berubah  atau tidak diatur dalam standar yang diterbitkan.

 

Headlosses kehilangan tekanan air yang terjadi paa jaringan pipa karena factor belokan, kemiringan dan factor gesekan yang ditimbulkan aliran air dengan material/assesories pipa.

Hambatan Samping

Segala gangguan lalu lintas di tepi jalan antara lain pejalan kaki, pedagang kaki lima, parkir.

 

Hak Atas Ruang

Hak-hak yang diberikan atas pemanfaatan ruang daratan, ruang lautan, dan ruang udara.

Hak Tanggungan

Hak jaminan yang dibebankan pada hak atas tanah berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan utang tertentu terhadap kreditur-kreditur lain.

 

Halaman Belakang

Sebagian dari suatu pekarangan yang bukan halaman muka.

 

Halaman Muka

Sebagian dari sesuatu pekarangan, terletak antara garis sempadan pagar dan garis yang ditarik dua meter di belakang garis sempadan muka rumah, atau jika halaman belakang yang terletak di samping induk rumah itu ditutup garis dari penutup itu.

 

Hidran Kebakaran

 

 

 

Hidran Umum

Kran umum yang menggunakan bak penampungan air sementara dan dipakai oleh masyarakat umum disekitar lokasi hidran umum.

 

Higienis

Bersih, sehat dan tidak mengganggu kesehatan.

 

Hydrofor

Bejana atau tangki yang dipasang dan dihubungkan dengan pipa tekan pompa, berfungsi untuk meredam lonjakan tekanan yang terjadi akibat pukulan air (water hammer).

 

 

 

_____________________________________________________________________________________

 

I

Idle Capacity kapasitas sesuatu yang tidak dapat dimanfaatkan, kapasitas berlebih.

 

Instalasi Pengolahan Air (IPA) suatu instalasi atau sarana tempat pengolahan air baku menjadi air bersih atau air minum.

 

International Standardization Organization (ISO) system manajemen kualitas standar internasional mengenai standar mutu yang masuk pasar internasional. Di dalam ISO ini sudah masuk kebijaksanaan produk yang ramah lingkungan.

Intensitas Hujan

Tinggi curah hujan dalam periode tertentu, dinyatakan dalam satuan mm/ jam.

Impermeable Boundaries batas-batas tertentu yang tidak dapat dirembes air.

 

Impure Water air keruh yang disebabkan hujan atau proses alam.

 

Instalatir Air Minum suatu badan usaha atau perorangan yang bergerak dalam pekerjaan instalasi air minum dan telah memiliki persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan.

 

Infiltrasi 1. Aliran air ke bawah perlahan-lahan dari permukaan menembus tanah ke air tanah dan muka air waduk; 2. Penyusupan air tanah yang tidak direncanakan  ke dalam system pembuangan limbah.

 

Insert check valve penghubung jenis pintu air dalam ruang tertutup yang berfungsi untuk menahan air balik.

Izin Prinsip Alokasi Air

Penetapan yang bersifat sementara yang diberikan kepada pengembang sebagai jaminan untuk memperoleh sejumlah air dari sumber air tertentu setelah irigasi siap berfungsi, dan memuat persyaratan antara lain peruntukan, debit air, dan waktu pemberiannya.

 

Indeks Permukaan

Angka     yang      dipergunakan      untuk menyatakan ketidakrataan dan kekokohan permukaan jalan yang berhubungan dengan tingkat pelayanan bagi lalu lintas yang lewat.

 

International Roughness Index (IRI)

Kerataan       permukaan      jalan      yang dinyatakan   dengan   jumlah   perubahan vertikal   permukaan  jalan   untuk  setiap satuan panjang jalan (mm/km).

 

Indikator             Perumahan            dan Permukiman

Petunjuk atau sesuatu yang memberikan petunjuk atau keterangan, dalam hal ini adalah alat ukur kinerja pelayanan bidang perumahan dan permukiman.

Induk Bangunan

Jika di sesuatu persil hanya terdapat sebuah bangunan-bangunan; Jika di sesuatu persil terdapat beberapa bangunan, ialah bangunan-bangunan yang bukan rumah turutan yang nyata-nyata termasuk dalam induk rumah itu dan sarna sekali menjadi satu gabungan dengan induk rumah itu.

 

Infll

Pembangunan baru dengan fungsi lain atau sebagai fungsi penunjang pada lingkungan atau  yang masih kontekstual dengan bangunan dan lingkungan eksisting sehingga dapat memperkuat citra/image lingkungan dan  yang bersangkutan.

 

Infltration Gallery

Jenis intake/pengambilan air baku yang menggunakan pipa resapan untuk mendapatkan airnya.

 

Infuen

 

 

 

Informasi            Perumahan        dan Permukiman

Data dan keterangan yang meliputi berbagai hal mengenai rumah dan perumahan antara lain aspek lokasi, kondisi, status rumah dan tanah, prasarana dan sarananya yang dapat dimanfaatkan        dalam        mewujudkan

ketertiban pemanfaatan dan pengelolaan rumah.

 

Inlet

 

 

 

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)

Sistem yang berfungsi untuk mengolah air limbah yang dikumpulkan melalui sistem perpipaan.

 

Instalasi Pengolahan Air (IPA)

Suatu kesatuan bangunan-bangunan yang berfungsi mengolah air baku meniadi air bersih/minum.

 

Pengolahan Instalasi Konvensional

Instalasi pengolahan air sederhana yang berfungsi untuk mengolah air baku dengan kualiatas tertentu.

 

Instalasi Pengolahan Air Lengkap

Suatu instalasi pengolahan air baku menjadi air bersih yang lengkap terdiri dari unit-unit intake, koagulasi, fokulasi, sedimentasi, fltrasi, desinfeksi. Biasanya digunakan untuk mengolah air permukaan yang keruh.

 

Bangunan

Instalasi dan pertengkapan pada bangunan dan pekarangan yang digunakan untuk menunjang tercapainya unsur kenyamanan, keselamatan, komunikasi dan mobilitas dalam bangunan.

Insinerator Berwawasan Lingkungan

Alat yang digunakan untuk meminimalkan sampah dengan cara membakar pada temperatur 700 °C pada tungku bakar dan di cerobong.

 

 

Intake

Bangunan penangkap air atau tempat air masuk dari sungai, danau atau sumber air permukaan lainnya ke instalasi pengolahan.

 

Intake Bendung

Suatu jenis intake yang menggunakan bendung untuk mendapatkan airnya.

 

Intensitas Hujan

Tinggi curah hujan dalam periode tertentu, dinyatakan dalam satuan mm/ jam.

 

Intensitas Hijau Kota

Persentase luas area/ yang tertutupi oleh hijau tanaman terhadap total luas wilayah kota.

 

Izin Layak Huni (ILH)

Izin yang diberikan kepada bad an usaha pembangunan perumahan dan permukiman atau masyarakat untuk menggunakan dan memanfaatkan bangunan yang telah selesai dibangun dengan sah untuk hunian yang telah memenuhi persyaratan layak teknis, ekologis dan administrasi.

 

Izin Lokasi

Izin yang diberikan kepada badan usaha pembangunan perumahan dan permukiman atau kelompok masyarakat untuk memperoleh dan memanfaatkan tanah untuk pembangunan perumahan dan permukiman sesuai dengan rencana tata ruang wilayah.

 

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Surat bukti dari Pemerintah Daerah bahwa pemilik bangunan gedung dapat mendirikan bangunan sesuai fungsi yang telah ditetapkan dan berdasarkan rencana teknis bangunan gedung yang telah disetujui oleh Pemerintah Daerah.

 

lzin Penggunaan Bangunan (IPB)

Izin yang diberikan kepada badan usaha pembangunan perumahan dan permukiman atau masyarakat untuk menggunakan dan memanfaatkan bangunan yang telah selesai dibangun, bagi penggunaan non hunian sesuai dengan ketentuan teknis, ekologis, dan administrasi yang ada.

 

Izin Penghunian (IP)

Izin yang diberikan kepada caton penghuni pemilik bangunan yang telah memflki/dilengkapi dengan IPB/ILH.

 

_____________________________________________________________________________________

J

Jam Puncak waktu dimana terjadinya beban puncak pelayanan (titik kritis pelayanan).

 

Jalur Pipa jalur yang digunakan untuk pipa transmisi, pemeliharaan jalur ini sangat penting, yang memiliki tanda watas areal penanaman pipa ditandai patok panjang.

 

Jalur Pipa Produksi atau Pipa Induk Distribusi jalur pipa yang menyalurkan aliran air keluar dari masing-masing unit produksi.

 

Jam Pelayanan waktu atau durasi pelayanan atau penyediaan air terhadap masyarakat dalam satu hari.

 

Jam Pengaliran Sambungan Pelanggan jumlah hasil perkalian rata-rata jam pengaliran per hari sepanjang tahun dari masing-masing sub system dengan jumlah total pelanggan aktif sub system yang bersangkutan.

 

Jenuh Air tanah yang mengalami perubahan yang drastis dalam sifat fisika, dan biologinya: kelebihan air tanah ini akan menurunkan  pertumbuhan tanaman dan tanah tersebut mengandung cukup oksigen yang dibutuhkan oleh akar tanaman; kebanyakan tumbuhan akan sukar tumbuh pada tanah semacam ini.

 

Jet Pump jenis pompa yang menghasilkan tenaga pencar.

 

Instrumen Meter Air peralatan mekanis yang terdapat pada meter air yaitu kipas, kaca, magnit meter, register kapsul, meter, tutup meter dan peralatan lainnya yang terdapat di dalam meter air.

Jalan Prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

Jalan Akses Akhir dari jalur landai, tempat bertemu dengan tempat masuk jalan raya.

Jalan Arteri Jalan umum yang berfungsi melayani angkutan utama dengan ciri perjalanan jarak jauh, kecepatan rata-rata tinggi, dan jumlah jalan masuk dibatasi secara berdaya guna.

Jalan Arteri Primer Jalan arteri yang menghubungkan secara berdaya guna antarpusat kegiatan nasional atau antara pusat kegiatan nasional dengan pusat kegiatan wilayah.

Jalan Arteri Sekunder

Jalan yang menghubungkan  primer dengan  sekunder kesatu,  sekunder kesatu dengan  sekunder kesatu, atau  sekunder kesatu dengan  sekunder kedua.

Jalan Bebas Hambatan

Jalan umum untuk lalu lintas menerus dengan pengendalian jalan masuk secara penuh dan tanpa adanya persimpangan

sebidang serta dilengkapi dengan pagar ruang milik jalan.

 

Jalan Desa Jalan umum yang menghubungkan  dan/atau antar permukiman di dalam desa, serta jalan lingkungan.

 

Jalan Kabupaten Jalan lokal dalam sistem jaringan jalan primer yang tidak termasuk pada jalan nasional dan jalan provinsi, yang menghubungkan ibukota kabupaten dengan ibukota kecamatan, antar ibukota kecamatan, ibukota kabupaten dengan pusat kegiatan lokal, antar pusat kegiatan lokal, serta jalan umum dalam sistem jaringan jalan sekunder dalam wilayah kabupaten, dan jalan strategis kabupaten.

 

Jalan Kecil

Jalan umum untuk melayani lalu lintas setempat, paling sedikit 2 (dua) lajur untuk 2 (dua) arah dengan lebar paling sedikit 5,5 (lima setengah) meter.

 

Jalan Kerikil

Jalan yang permukaannya terbuat dari lapisan yang diperkeras. (Sumber: 17)

Jalan Khusus

Jalan yang dibangun oleh instansi, badan usaha, perseorangan, atau kelompok masyarakat untuk kepentingan sendiri. (Sumber : 1)

Jalan Kolektor

Jalan umum yang berfungsi melayani angkutan pengumpul atau pembagi dengan ciri perjalanan jarak sedang, kecepatan rata-rata sedang, dan jumlah jalan masuk dibatasi. (Sumber: 1)

Jalan Kolektor 1

Jalan                 kolektor                  primer                 yang

menghubungkan antar ibukota provinsi. (Sumber: 7)

Jalan Kolektor 2

Jalan                 kolektor                  primer                 yang


Manhole

 

 

 

 

Mandi Kakus Prefab

Model sarana umum mandi kakus yang dapat dibongkar pasang dan dipindah-pindah.

 

Mata Air

Sumber air yang muncul di permukaan tanah dimana air mengalir keluar dengan sendirinya dari dalam tanah secara terus menerus karena tekanan air dalam tanah.

 

MCK Umum

Sarana umum yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga untuk mandi, mencuci dan air dilokasi pemukiman yang berpenduduk dengan kepadatan sedang sampai tinggi (300 – 500 orang/ Ha).

 

 

Marka Jalan

Suatu tanda yang berupa garis, simbol, angka, huruf atau tanda-tanda lainnya yang digambarkan, berfungsi sebagai penuntun/pengarah pengemudi selama perjalanan.

 

Median

Bagian dari jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan, dengan bentuk memanjang sejajar jalan, terletak di sumbu/tengah jalan, dimaksudkan untuk memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan arah.

 

Mobilitas

Jumlah panjang jalan disuatu wilayah dalam satuan kilometer dibagi dengan jumlah penduduk di wilayah tersebut dalam satuan ribuan jiwa.

 

Muatan Lebih

Muatan sumbu kendaraan yang melebihi dari ketentuan seperti yang tercantum pada peraturan yang berlaku (PP 43 Tahun 1993).

 

Muatan Sumbu Terberat (MST)

Beban maksimum sumbu kendaraan bermotor yang diijinkan yang harus didukung oleh jalan.

 

Mata air sumber air yang berasal dari lapisan bawah tanah/aquifer yang muncul ke permukaan tanah secara alamiah.

Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Keluarga/rumah tangga yang mempunyai penghasilan maksimum Rp 1,5 juta per bulan

Misi

1. Suatu yang harus dilaksanakan oleh instansi pemerintah agar tujuan organisasi dapat terlaksanakan dan berhasil dengan baik. Dengan pernyatan misi tersebut, diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan      dapat      mengenal instansi pemerintah, dan mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh dimasa mendatang. (Sumber: 24) 2. Rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan isi.

Mitigasi Perubahan Iklim

Serangkaian upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas penyerapan karbon dan pengurangan emisi gas-gas rumah kaca (GRK) ke atmosfr yang berpotensi menipiskan lapisan ozon. Upaya mitigasi terutama difokuskan untuk 2 (dua) sektor yaitu (1) sektor kehutanan sebagai sumber mekanisme carbon sink (pemeliharaan hutan berkelanjutan pencegahan deforestasi dan degradasi hutan, pencegahan ilegal logging, pencegahan kebakaran hutan serta rehabilitasi hutan dan lahan), (2) sektor energi untuk mengurangi emisi GRK yang berasal dari pembangkitan energi, transportasi, industri, perkotaan dan lahan gambut.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG)

Forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

 

_____________________________________________________________________________________

N

Nephelometric Turbidity Unit (NTU) nilai ambang batas kekeruhan pada air minum, dianjurkan < 5 NTU.

 

Nilai Ambang Batas (NAB) suatu ukuran bagi lingkungan baik berupa areal lahan, daerah perairan badan air (sungai, danau, teluk dan lain-lain) serta ruang udara yang menyatakan batas tingkat pencemaran atau gangguan yang diperbolehkan mempengaruhi lingkungan, sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

 

Neraca Air system keseimbangan antara  air masuk dan yang keluar, misalnya dalam kolam pemeliharaan ikan, air yang masuk dapat berasal dari hujan, limpasan dari daerah tanah sekitar, aliran mausk, air tanah, atau dari sumber, sedangkan keluaran air berupa evaporasi, air rembesan, transpirasi oleh makrofita akuatik dan tanaman serta gulma air di sekitar kolam; jadi neraca air meliputi empat komponen, yaitu hujan ke dalam kolam, rembesan evaporasi, dan pengendalian penambahan air; istilah ini dapat juga digunakan untuk tubuh mahluk hidup.

 

Nominal Flow Rate (Qn) Meter Air batas aliran setengah dari batas kemampuan maksimum aliran meter air.

Normalisasi Saluran

Tindakan mengembalikan kondisi saluran (dimensi maupun garis sempadan) yang ada ke kondisi awal sesuai perencanaan.

 

Night Flow pemakaian air pada malam hari.

 

Natural treatment system Sistem pengolahan limbah dengan memanfaatkan potensi alam untuk memprosesnya, seperti tanah berpori untuk menyaring dan sebagainya.

 

Negatif Residual Head (Sisa tekanan negatif) kondisi dimana kehilangan tekanan (headloss) total di sepanjang jalur aliran (air olahan) pada unit-unit pengolahan atau di sepanjang jalur transmisi/distribusi air yang melebihi potensi tekanan yang tersedia.

 

Negligence (Kealpaan) Isu atau tindakan resmi atas kegagalan memenuhi penyediaan bahan kimia yang cukup atau pembetulan secepatnya terhadap suatu instalasi pengolahan atau system distribusi atau gagalnya memenuhi ketentuan yang digariskan dalam standar EPA (Badan yang menangani masalah pengendalian dampak lingkungan di AS).

 

Net Population Density (Kepadatan Penduduk Netto) kepadatan penduduk suatu daerah yang dihitung berdasarkan jumlah penduduk dibagi dengan luas kawasan yang terbangun.

 

Nipple bahan penolong perpipaan yang berfungsi sebagai alat sambungan bagian ujung yang mengecil (masuk ke dalam bagian ujung pipa yang akan disambung) dan dilengkapi atau tanpa ulir.

 

Netralisasi Derajat Keasaman (pH) suatu upaya agar pH air menjadi normal/netral (6,5 – 8,5), tidak asam/basa. pH < 6,5 menimbulkan rasa tidak enak dan menyebabkan korosif pada pipa-pipa air dan menyebabkan beberapa bahan kimia berubah menjadi racun yang mengganggu kesehatan.

 

Nutrien

Jenis limbah cair yang mengandung unsur nitrogen dan phospat yang pada umumnya banyak terdapat dalam limbah domestik. Limbah ini dapat menyebabkan eutrofkasi.

 

Netralisasi

Proses untuk menyesuaikan derajat keasaman (pH) pada air dalam proses tertentu.

 

Netralisan

Bahan   kimia   yang   digunakan   untuk menyesuaikan   derajat   keasaman   (pH) pada suatu proses tertentu.

_____________________________________________________________________________________

O

Overflow aliran air yang datang ke sebuah danau, densitas air yang dapat lebih rendah daripada densitas air danau, maka alirannya akan bergerak disebelah atas permukaan danau.

 

Overloop kelebihan volume air dari suatu tempat yang telah disediakan.

 

Opnamer petugas survey proses sambungan baru.

 

Oedometer sebuah alat berupa tabung yang berisi bahan pelumas yang berfungsi sebagai pemasok bahan pelumas untuk rocket.

 

Oil Level tingkatan minyak, lapisan minyak, permukaan minyak yang dijadikan pedoman untuk kebutuhan.

 

Oksigen Larut banyaknya oksigen dalam satu satuan volume air suatu perairan, yang tersedia untuk aktivitas biokimia dalam perairan itu, kualitas ini naik dengan bertambahnya  tekanan udara dan turunnya suhu; bergantung pada garam-garam yang terlarut dalam perairan itu;laju oksidasi zat organic yang dibuang ke dalam perairan  itu dan laju reaersi akan menentukan apakah kuantitas ini akan merosot.

 

Operating Bulk Meter meter induk yang beroperasi adalah suatu angka yang menunjukkan persentase jumlah meter induk yang beroperasi pada jalur pipa produksi.

 

Operasi Sumber Daya Air

Kegiatan pengaturan, pengalokasian, serta penyediaan air dan sumber air untuk mengoptimalkan pemanfaatan prasarana sumber daya air.

Oprit

Badan jalan di belakang kepala jembatan.

 

Orientasi Bangunan

Ketentuan tentang orientasi bangunan setidak-tidaknya mengatur arah suatu bangunan setelah mempertimbangkan kondisi fsik/lingkungan dan kondisi non fsik

 

 

Outlet

 

2. Saluran keluar air limbah dari tangki septik   yang   telah   terpisah   dengan padatan.

Overhang

Perlengkapan pada dasar zona sedimentasi untuk mencegah masuknya gas yang terbentuk dari zona lumpur di bawahnya di dalam tangki imhoff.

Ozonisasi

Proses desinfeksi dengan menggunakan ozon (03).

 

 

_____________________________________________________________________________________

P

Parameter Biologis pencemaran lingkungan oleh kontaminan biologi yang harus dicegah karena menimbulkan bahaya bagi kesehatan masyarakat, desinfektan (chlorinasi dll) bertujuan mencegah kehadiran organism-organisme tersebut di dalam air.

 

Parameter Fisik salah satu komponen yang berbahaya bagi kesehatan terdapat dalam air ditetapkan dalam standar peraturan Menkes RI dari warna, temperature, bau, rasa, kekeruhan.

 

Parameter Kimia salah satu komponen yang berbahaya bagi kesehatan tedapat dalam air ditetapkan dalam standar peraturan Menkes Ri terdiri dari total solids, sulfat, chloride, flourida, magnesium, besi atau mangan, timah putih, copper, hydrogen sulfide, carbondioxida.

Parameter Radiaktif terdapat dalam air berasal dari kebocoran-kebocoran industry nuklir, pusat pembangkit tenaga nuklir dan sampah-sampah radioaktif lainnya dapat bersatu dengan pasir, Lumpur dalam kehidupan biologis dan terlarut dalam air.

 

Pelunakan Air Sadah pengurangan/penghilangan ion-ion tertentu yang ada dalam air yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya kerak pada dinding pipa yang disebabkan endapan kalsium karbonat

 

Pemanfaatan sarana air minum rangkaian kegiatan dalam menyelenggarakan jasa pelayanan air minum kepada masyarakat.

 

PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan pelayanan air minum yang dimanfaatkan untuk masyarakata umum ; perusahaan daerah air minum merupakan milik pemerintah provinsi/kota/kabupaten.

 

Pipa transmisi air baku pipa pembawa air baku dari bangunan penangkapair (intake) ke instalasi pengolahan air (IPA).

 

Pipa transmisi air bersih pipa pembawa air bersih dari sumber mata air atau dari instalasi pengolahan air (IPA) ke reservoir/bak penampungan.

 

Pipa Distribusi pipa pembawa air minum dari reservoir yang disalurkan kepada pelanggan.

 

Pipa Dinas pipa dan perlengkapannya yang menghubungkan pipa distribusi dengan pipa persil sampai dengan meter air.

 

Pipa persil pipa beserta peralatan dan perlengkapannya yang terletak dalam  persil pelanggan sesudah meter air.

 

Persil sebidang tanah yang dimiliki/dikuasai oleh seseorang atau badan, yang mempunyai ukuran tertentu sesuai dengan bukti kepemilikan tanah.

 

Pekerjaan Sipil pekerjaan konstruksi baik bangunan baru maupun rehabilitasi, pemasangan pipa air bersih dan air limbah baik yang baru maupun rehabilitasi.

 

Pelanggan perorangan atau sekelompok masyarakat/badan yang menggunakan jasa pelayanan air minum dari PDAM ; orang per orang atau badan hukum yang mendapat manfaat pelayanan air minum dari pengelola air minum.

 

Pelanggan Pasif perorangan atau sekelompok masyarakat/badan yang statusnya sebagai pelanggan tetapi tidak menggunakan air PDAM/pemakaian air 0 m3 (nol meter kubik).

 

Pihak Lain adalah perorangan atau kelompok masyarakat di luar pelanggan.

 

Pelayanan Prima pelayanan yang memberikan kepuasan dan handal.

 

Pemasaran salah satu unit kerja perusahaan yang bertugas melaksanakan fungsi pemasaran air yang didistribusikan.

 

Pembangunan Sarana Air Minum rangkaian kegiatan pembangunan sarana air minum.

Pemanasan Global (Global Warming)

Fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang    disebabkan    oleh    meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi.

 

Pembuangan Buih proses penyisihan buih dari suatu campuran; buih dapat dibuang dengan menggunakan pompa.

 

Pembuangan Efluen pembuangan cair ke dalam perairan umum, setelah limbah itu mengalami pengolahan sehingga memenuhi syarat.

 

Pasir 1. Suatu partikel tanah dengan diameter antara 0,0625-2,0 mm, terbagi dalam pasir paling kasar (2,0-1,0mm), pasir kasar (1,0-0,5mm), pasir medium (0,5-0,25mm), pasir halus (0,25-0,125), dan pasir sangat halus (0,125-0,0625mm)2. Suatu kelas tekstur tanah.

Pemilik Aset pihak yang memiliki asset atau hak penyelenggaraan usaha tertentu yang dipakai sebagai objek atau sarana.

 

Pencatat Meter petugas yang melakukan pembacaan dan pencatatan stand meter air pelanggan.

 

Pencemaran Air pencemaran yang terjadi pada air, baik air yang digunakan sebagai sumber air atau materi maupun air yang akan digunakan sebagai sumber kehidupan yang ditandai dengan ciri-ciri perubahan warna, bau, rasa di samping matinya kehidupan di dalam air itu sendiri.

 

Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Gabungan Lembaga dan Masyarakat

Bentuk Pengelolaan bersama antara lembaga dan masyarakat yang beraspek legalitas formal ataupun non formal, dimana pengambilan keputusan dilakukan bersama dengan tanggung jawab sesuai kesepakatan dan aturan main yang jelas.

Pembinaan Penyelenggaraan Bangunan Gedung

Kegiatan pengaturan, pemberdayaan, dan pengawasan dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik sehingga setiap penyelenggaraan bangunan gedung dapat berlangsung tertib dan tercapai keandalan bangunan gedung yang sesuai dengan fungsinya, serta terwujudnya kepastian hukum.

Pembongkaran Bangunan Gedung

Kegiatan membongkar atau merobohkan seluruh atau sebagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarananya.

Pembuangan Air Limbah Kota

Sistem pembuangan yang ditujukan untuk melayani pembuangan air limbah kota untuk diolah dan kemudian dibuang sedemikian rupa hingga aman bagi kesehatan.

Pembuangan Air Limbah Lingkungan

Sistem pembuangan yang ditujukan untuk melayani pembuangan air limbah lingkungan untuk diolah dan kemudian dibuang sedemikian rupa hingga aman bagi kesehatan.

Pemeliharaan Bangunan

Usaha mempertahankan kondisi bangunan agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya atau dalam usaha meningkatkan wujud bangunan, serta menjaga terhadap pengaruh yang merusak.

Pemeliharaan Bangunan Gedung

Kegiatan menjaga keandalan bangunan gedung beserta prasarana dan sarananya agar selalu laik fungsi.

 

Pemeliharaan Sarana Pengambilan Air Baku

Suatu kegiatan pengamanan terhadap sumber air, bangunan penangkap air dan perlengkapannya.

Pemeliharaan Sistem Penyediaan Air Minum

Serangkaian kegiatan pembersihan, perbaikan, penggantian instrumen dan suku cadang.

(Bangunan Pemeriksaan Gedung)

Kegiatan pemeriksaan keandalan seluruh atau sebagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarananya dalam tenggang waktu tertentu guna menyatakan kelaikan fungsi bangunan gedung.

Pemilahan Sampah

Proses pemisahan sampah berdasarkan jenis sampah yang dilakukan sejak dari sumber sampai dengan pembuangan akhir.

Pemilihan Sampah

Langkah untuk memilih bahan organik yang dapat digunakan untuk proses pengomposan serta bahan anorganik untuk daur ulang.

Pemilik Bangunan Gedung

Orang, badan hukum, kelompok orang, atau perkumpulan, yang menurut hukum sah sebagai pemilik bangunan gedung.

Pemindahan Sampah

Kegiatan memindahkan sampah hasil pengumpulan ke dalam alat pengangkut untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Pemompaan

Komponen yang terdiri dari pompa untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya yang dapat bekerja bersama-sama dengan hubungan seri atau paralel sesuai dengan kebutuhan kapasitas saat ini.

Pemugaran

Usaha dan upaya pelestarian yang dilakukan baik secara teknis maupun kebijakan untuk membuat bangunan kembali berdaya guna, artinya dapat melayani dan memberikan dukungan pada peningkatan kualitas hidup man usia. Pemugaran tidak terbatas pada pengembalian keadaan seperti sediakala, tetapi juga setiap usaha dan daya untuk rneningkatkan sumbangan keberadaannya di tengah lingkungannya, mengubah tanpa kehilangan aslinya (orisinalitas dan otentisitas).

Penampung Air Hujan (PAH)

Bangunan/ bak yang digunakan untuk penampungan air hujan.

Penampung Lumpur Tinja di Tangki Imhoff

Bagian dasar tangki imhoff yang digunakan untuk menampung hasil pencernaan lumpur di dalam zona lumpur tangki imhoff.

Penanganan Sampah

Meliputi kegiatan:

 

 

 

 

 

Penataan Bangunan

Serangkaian kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan sebagian program dan pengendalian pemanfaatan ruang, terutama untuk mewujudkan lingkungan binaan pada budidaya dalam bentuk bangunan gedung berikut sarana dan prasarananya, baik untuk kepentingan hunian, usaha, maupun untuk kepentingan sosial budaya.

Pendataan Bangunan Gedung

Kegiatan pengumpulan data suatu bangunan gedung oleh Pemda dilakukan bersamaan dengan proses izin mendirikan bangunan gedung untuk keperluan tertib pembangunan dan pemanfaatan bangunan gedung

Pengangkutan Sampah

Kegiatan membawa sampah dan lokasi pemindahan langsung dan sumber sampah menuju ke tempat pembuangan akhir.

PengawasanPembangunan Bangunan Gedung

Kegiatan pengawasan pelaksanaan konstruksi mulai dari penyiapan lapangan sampai dengan penyerahan hasil akhir pekerjaan atau kegiatan manajemen konstruksi pembangunan gedung.

Pengawas/Penilik Bangunan

Pejabat atau tenaga teknis profesional yang ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala Daerah atau ketentuan yang berlaku untuk bertugas mengawasi/ menilik bangunan gedung.
Packing Bolt baut packing, baut pengepakan.

 

Packing Karet packing pipa yang terbuat dari karet.

 

Pumping Arrangement perlengkapan pompa, persiapan/susunan pompa.

 

Pumping Engine mesin pompa

 

Pumping Plant instalasi pompa

 

Pumping Rate kecepatan pompa

 

Pumping Shaft sumbu pompa

 

Pumping Speed kecepatan pompa

 

Pumping Station stasiun pompa

 

Pumping Weel sumur pompa

 

Pangkal Jembatan (abutment)

Bangunan bawah jembatan yang terletak

pada kedua ujung jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban pada ujung bentang dan gaya – gaya lainnya yang didistribusikan pada tanah pondasi.

Panduan Rancang Kota (UDGL=Urban Design Guidelines)

Suatu perangkat pengaturan berupa panduan/arahan desain tata bangunan berikut lingkungannya untuk suatu kawasan/bagian kota tertentu. Materi panduan rancang kota bersifat spesifk sesuai dengan keragaman yang ada antara suatu dengan yang lain. Umumnya rumusan yang tertulis di dalam suatu panduan rancang kota dibuat sedemikian rupa tanpa mengurangi kreativitas arsitek.

Panel dan Kontrol

Jumlah panel untuk mengkontrol jalannya operasi seperti operasi pompa, tekanan air, bahan kimia dan sistem listrik.

Pedoman Teknis Bangunan Gedung

Acuan teknis yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Peraturan Pemerintah dalam bentuk ketentuan teknis penyelenggaraan bangunan gedung.

Pelat Jongkok

Sarana/perlengkapan    yang    dilengkapi lubang masuk tinja dan air kotor yang selanjutnya dialirkan ke cubluk.

Pelestarian Bangunan Gedung

Kegiatan perawatan, pemugaran, serta pemeliharaan bangunan gedung dan lingkungannya untuk mengembalikan keandalan bangunan tersebut sesuai dengan aslinya atau sesuai dengan keadaan menurut periode yang dikehendaki.

Pematus

Sarana untuk mengalirkan atau mengeringkan air dalam komposter yang dilengkapi dengan kasa-kasa dan lubang-lubang.

Pemadatan Sampah

Upaya mengurangi volume sampah dengan cara dipadatkan baik secara manual maupun mekanis, sehingga pengangkutan ke tempat pembuangan akhir lebih efsien.

Pemanfaatan Bangunan Gedung

Kegiatan memanfaatkan/menggunakan bangunan gedung sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan termasuk kegiatan pemeliharaan, perawatan dan pemeriksaan secara berkala

Pemantauan Lingkungan

Suatu kegiatan yang dilakukan secara periodik yang bertujuan untuk mengetahui dampak negatif yang terjadi selama pelaksanaan pembangunan rumah dan perumahan.

Pematangan Kompos

Tahapan proses dimana bahan sampah telah dalam keadaan cukup busuk.

Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Lembaga

Bentuk pengelolaan yang bercirikan pengelolanya memiliki badan hukum dengan bentuk dinas, perusahaan atau swasta, yang dapat bersifat proft atau non proft, dan pengambilan keputusan berada pada pengelolanya.

Pengelolaan Kualitas Air

Upaya pemeliharaan air sehingga tercapai kualitas air yang diinginkan sesuai peruntukannya untuk menjamin agar kualitas air tetap dalam kondisi alamiahnya.

Pengelolaan Sampah

Kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan   berkesinambungan   yang   meliputi pengurangan dan penanganan sampah.

Pengembangan SPAM

Kegiatan yang bertujuan membangun, memperluas dan/atau meningkatkan sistem fsik(teknik) dan non fsik (kelembagaan, manajemen, keuangan, peran masyarakat, dan hukum) dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.

Pengendalian Pencemaran Air

Upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air  untuk  menjamin  kualitas  air  agar sesuai dengan baku mutu air.

Pengesahan         Rencana          Teknis

(Bangunan Gedung)

Pernyataan hukum dalam bentuk pembubuhan tanda tangan pejabat yang berwenang serta stempel/cap resmi, yang menyatakan kelayakan dokumen yang dimaksud dalam persetujuan tertulis atas pemenuhan seluruh persyaratan dalam rencana teknis bangunan gedung.

Pengguna Bangunan Gedung

Pemilik bangunan gedung dan/atau bukan pemilik bangunan gedung berdasarkan kesepakatan dengan pemilik bangunan gedung, yang menggunakan dan/atau mengelola bangunan gedung atau bagian bangunan gedung sesuai dengan fungsi yang ditetapkan.

Penghasil Sampah

Setiap orang dan/atau akibat proses alam

yang menghasilkan timbulan sampah.

Pengkaji Teknis

Orang perorangan, atau badan hukum yang mempunyai sertifkat keahlian untuk melaksanakan pengkajian teknis atas kelaikan fungsi bangunan gedung sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku

Pengolahan Sampah

Suatu upaya untuk mengurangi volume sampah atau mengubah bentuk menjadi yang bermanfaat, antara lain dengan cara pembakaran, pengomposan, pemadatan, penghancuran, pengeringan, dan pendaur ulangan (3R).

Pengomposan

 

 

Pengumpulan Sampah

Aktivitas penanganan yang tidak hanya mengumpulkan sampah dari wadah individual dan atau dari wadah komunal (bersama) melainkan juga mengangkutnya ke tempat terminal tertentu, baik dengan pengangkutan langsung maupun tidak langsung.

Penimbunan Saniter

Suatu cara pembuangan sampah yang dilakukan pada tempat-tempat yang rendah dengan cara penimbunan lapis demi lapis. Setiap lapisan timbunan sampah harus selalu diikuti oleh penimbunan tanah di atasnya.

Penyangga Atap

Bagian pertemuan yang terdiri dari sub struktur    segitiga    untuk    membentuk kerangka atap miring; menopang atap.

Penyediaan Air Minum Kota

Tiap sistem penyediaan air minum yang dikelola oleh BUMD dan disediakan untuk melayani kebutuhan air minum kota.

Penyediaan Air Minum

Kegiatan menyediakan air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif.

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS)

Program untuk meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan dan peri-urban, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup sehat dengan membangun/ menyediakan prasarana dan sarana air minum serta sanitasi berbasis masyarakat berkelanjutan dan mampu diadaptasi oleh masyarakat.

Penyehatan Lingkungan Permukiman (Environmental Sanitation)

Upaya pencegahan terjangkitnya dan penularan penyakit melalui penyediaan sarana sanitasi dasar (jamban), pengelolaan limbah rumah tangga (termasuk sistem jaringan perpipaan air limbah), drainase, dan sampah.

Penyelenggaraan Bangunan Gedung

Kegiatan          pembangunan        yang

meliputi proses perencanaan teknis dan pelaksanaan konstruksi, serta kegiatan pemanfaatan, pelestarian, dan pembongkaran.

Penyelenggaraan Pengembangan SPAM

Kegiatan merencanakan, melaksanakan konstruksi, mengelola, memelihara, merehabilitasi, memantau, dan/atau mengevaluasi sistem fsik (teknik) dan non fsik sistem penyediaan air minum.

Penyusutan (Nilai) Bangunan

Nilai degradasi bangunan yang dihitung secara sarna besar setiap tahunnya selama jangka waktu umur bangunan. Untuk bangunan gedung negara, nilai penyusutan adalah sebesar 2% per tahun untuk bangunan gedung, dan 5% untuk bangunan rumah dengan minimum nilai sisa (salvage value) sebesar 20 x.

Perangkap Air (Perapat)

Suatu konstruksi leher angsa yang berfungsi sebagai penutup dan penahan bau yang dalam perangkap alat plambing dengan tinggi muka air minimal 3 cm.

Pelayanan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Penggunaan badan jalan untuk melayani kecepatan lalu lintas sesuai dengan yang direncanakan, antara lain penggunaan bahu jalan untuk berhenti bagi kendaraan dalam keadaan darurat agar tidak mengganggu arus lalu lintas yang melewati perkerasan jalan.

Pelepasan atau Penyerahan Hak Atas Tanah

Kegiatan melepaskan hubungan hukum antara pemegang hak atas tanah dengan tanah yang dikuasainya dengan memberikan ganti rugi atas dasar musyawarah.

Pemakai Jalan

Orang atau badan hukum yang mempergunakan jalan, baik bagian yang diperkeras maupun yang tidak diperkeras.

Pembangunan Jalan

Kegiatan pemrograman dan   penganggaran, p erencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, serta pengoperasian dan pemeliharaan jalan.

 

Pembinaan Jalan

Kegiatan penyusunan pedoman dan standar teknis, pelayanan, pemberdayaan sumber daya manusia, serta penelitian dan pengembangan jalan.

Pemegang Hak atas Tanah

Orang atau badan hukum yang mempunyai hak atas tanah yang sudah terdaftar atau bersertifkat atau atas tanah bekas milik adat yang belum terdaftar atau belum bersertifkat.

Pemeliharaan Berkala

Kegiatan penanganan terhadap setiap kerusakan yang diperhitungkan dalam desain agar penurunan kondisi jalan dapat dikembalikan pada kondisi kemantapan sesuai dengan rencana

Pemeliharaan Jalan Tol

Upaya yang dilakukan terhadap sebagian atau seluruh unsur jalan, dengan tujuan untuk mempertahankan, memulihkan atau meningkatkan kondisi jalan agar tetap dalam batas-batas standar pelayanan minimal jalan tol.

Pemeliharaan Rutin

Kegiatan merawat serta memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ruas-ruas jalan dengan kondisi pelayanan mantap. Jalan dengan kondisi pelayanan mantap adalah ruas-ruas jalan dengan umur rencana yang dapat diperhitungkan serta mengikuti suatu standar tertentu.

Pemisah Jalur Separator yang selanjutnya disebut dengan pemisah jalur adalah bagian dari jalan yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan, dengan bentuk memanjang sejajar jalan, dimaksudkan untuk memisahkan antara jalur yang berbeda fungsi.

Pemisah Luar Bagian badan jalan yang dipergunakan untuk memisahkan arus kendaraan cepat dengan arus kendaraan lambat.

Pemisah Tengah Bagian dari badan jalan yang dipergunakan untuk memisahkan arus kendaraan dua arah.

Penanganan Darurat Penanganan yang dilakukan untuk memulihkan secepatnya kondisi jalan yang mengganggu kelancaran lalulintas dan/atau membahayakan pengguna jalan yang diakibatkan oleh kejadian tak terduga.

Pengadaan Tanah Setiap kegiatan untuk mendapatkan tanah dengan cara memberikan ganti rugi kepada yang melepaskan atau menyerahkan tanah, bangunan, tanaman, dan benda-benda yang berkaitan dengan tanah atau dengan pencabutan hak atas tanah.

 

Pengaturan Jalan Kegiatan          perumusan kebijakan perencanaan, penyusunan perencanaan umum, dan penyusunan peraturan perundang-undangan jalan.

Pengawasan Jalan

Kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan tertib pengaturan, pembinaan, dan pembangunan jalan.

Pengguna Jalan Tol

Setiap orang yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang membayar tol.

Pengusahaan Jalan Tol

Kegiatan yang meliputi pendanaan, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan/atau pemeliharaan jalan tol yang dilakukan oleh Pemerintah dan/atau Badan Usaha.

Peningkatan Jalan

Penanganan guna memperbaiki

pelayanan jalan agar mencapai tingkat pelayanan yang direncanakan, terdiri atas peningkatan struktur dan peningkatan kapasitas. Peningkatan             struktur merupakan kegiatan penanganan untuk dapat meningkatkan kemampuan ruas-ruas jalan dalam kondisi tidak mantap atau kritis agar ruas-ruas jalan tersebut mempunyai kondisi pelayanan mantap sesuai dengan umur rencana yang ditetapkan. Peningkatan kapasitas merupakan penanganan jalan dengan pelebaran perkerasan, baik menambah maupun tidak menambah jumlah lajur.

Penyedia Jalan Tol

BUJT dan/atau institusi lain yang berhubungan dengan penyediaan jalan tol.

Penyelenggara Jalan

Pihak yang melakukan pengaturan, pembinaan,                pembangunan, dan pengawasan jalan sesuai  dengan kewenangannya.

Penyelenggaraan Jalan

Kegiatan   yang   meliputi   pengaturan,   pembinaan,       pembangunan,    dan    pengawasan jalan.

 

Performance Based Maintenance Contract (PBMC)

Kontrak pemeliharaan jalan berdasarkan kinerja (mutu pelayanan) dan jangka waktu (umumnya multi years) yang ditetapkan

Perlengkapan Jalan

Sarana untuk mengatur keselamatan, kelancaran, keamanan, dan ketertiban lalu lintas antara lain perangkat lalu lintas, pengaman jalan, rambu jalan, jembatan

penyeberangan, kotak komunikasi, dan tempat pemberhentian angkutan umum

Persimpangan

Pertemuan 2 jalan atau lebih yang bersilangan.

Persimpangan Sebidang

Pertemuan dua ruang jalan atau lebih dalam satu bidang, antara lain simpang tiga dan simpang empat.

Persimpangan Tidak Sebidang

Persimpangan dimana dua ruas jalan atau lebih saling bertemu tidak dalam satu bidang tetapi salah satu ruas berada diatas atau dibawah ruas jalan yang lain.

Pilar Jembatan

Bangunan bawah yang terletak diantara kedua kepala jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban pada ujung-ujung bentang dan gaya-gaya lainnya, serta melimpahkannya ke pondasi.

Pondasi

Bagian struktur bangunan pelengkap jalan yang berfungsi memikul serta melimpahkan seluruh beban dan gaya- gaya yang diperhitungkan ke lapisan tanah pendukung.

 

Pondasi Tiang Pancang

Tiang-tiang pondasi yang dimasukkan kedalam tanah dengan cara ditumbuk atau ditekan dan berfungsi sebagai pemikul seluruh beban jembatan serta melimpahkannya ke lapisan tanah pendukung tidak termasuk cerucuk dan sejenisnya.

Ponton

Struktur   berongga   berisi   udara   yang mendukung laintai jembatan.

Pozolan

Bahan yang mengandung silika amorf apabila dicampur dengan kapur dan air akan membentuk benda padat yang keras dan bahan yang tergolong pozolan adalah tras, semen merah, abu terbang dan bubukan terak tanur tinggi.

Pulau Lalu Lintas

Bagian dari persimpangan yang ditinggikan dengan kereb, yang dibangun sebagai pengarah arus lalu lintas serta merupakan tempat bagi pejalan kaki pada saat menunggu kesempatan menyeberang jalan.

Putaran

Lengkung yang melayani gerakan berubah arah dari satu jalan raya ke jalan raya lain.

Pagu Indikatif

Perkiraan jumlah maksimum anggaran yang diberikan kepada Kementerian Negara/Lembaga untuk setiap program sesuai dengan prioritas pembangunan yang ditetapkan oleh Kementerian Perencanaan dan Kementerian Keuangan, sebagai acuan dalam penyusunan RENJA-KL.

 

Pagu Sementara

Batas maksimum anggaran yang diberikan oleh    Kementerian    Keuangan    kepada

Kementerian Negara/Lembaga untuk setiap program sebagai hasil pembahasan antara Pemerintah dengan DPR-RI terhadap kebijakan umum dan prioritas anggaran. Pagu Sementara digunakan sebagai acuan dalam penyusunan RKA-KL Sementara.

 

Pagu Defnitif

Batas maksimum anggaran yang diberikan oleh Kementerian Keuangan kepada Kementerian Negara/Lembaga untuk setiap program sebagai hasil pembahasan antara Pemerintah dengan DPR-RI terhadap Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN). Pagu Defnitif digunakan sebagai acuan dalam penyesuaian RKA-KL Sementara menjadi RKA-KL defnitif.

Panitia Pengadaan Tanah (P2T)

Panitia yang dibentuk untuk membantu pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum.

Pemeliharaan Sumber Daya Air Kegiatan untuk merawat sumber air dan prasarana sumber daya air yang ditujukan untuk menjamin kelestarian fungsi sumber air dan prasarana sumber daya air.

Pembangunan Nasional

Upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan bernegara.

 

Pengadaan Tanah

Setiap kegiatan untuk mendapatkan tanah dengan cara memberikan ganti rugi kepada yang melepaskan atau menyerahkan tanah, bangunan, tanaman, dan benda-benda yang berkaitan dengan tanah atau dengan pencabutan hak atas tanah.

 

Perencanaan

Suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.

Perencanaan Strategik

Suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun dengan memperhitung potensi, peluang, dan kendala yang ada atau mungkin timbul. Rencana strategik mengandung

visi, misi, tujuan/ sasaran, dan program yang realitis dan mengantisipasi masa depan yang diinginkan dan dapat dicapai.

 

PKPD PU (Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Pekerjaan Umum)

Kegiatan yang dilakukan Departemen Pekerjaan Umum untuk memberikan penilaian, pembinaan sekaligus apresiasi secara obyektif, transparan, partisipatif, dan akuntabel, kepada Pemerintah Daerah terhadap komitmen serta prestasinya dalam penyelengggaraan pemerintahan di bidang Pekerjaan Umum.

 

Program

Instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah/lembaga untuk mencapai sasaran dan tujuan serta memperoleh alokasi anggaran, atau kegiatan masyarakat yang dikoordinasikan oleh instansi pemerintah.

 

Program Kementerian / Lembaga/Satuan/Kerja Perangkat Daerah Sekumpulan      rencana      kerja      suatu kementerian/lembaga     atau     kesatuan kerja perangkat daerah.

 

Program Kewilayahan dan Lintas Wilayah

Sekumpulan rencana kerja terpadu antar-kementerian/lembaga dan satuan kerja perangkat daerah mengenai suatu atau beberapa wilayah, daerah, atau .

 

Program Lintas Kementerian/ Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah

Sekumpulan    rencana    kerja    beberapa kementerian/lembaga     atau     beberapa satuan kerja perangkat daerah.

 

Pendayagunaan Sumber Daya Air

Upaya penatagunaan, penyediaan, penggunaan, pengembangan, dan pengusahaan sumber daya air secara optimal agar berhasil guna dan berdaya guna.

Pengelolaan Sumber Daya Air

Upaya merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi  penyelenggaraan     konservasi     sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendalian daya rusak air.

Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu

Pengelolaan sumber daya air yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemilik kepentingan antar sektor dan antar wilayah administrasi.

 

Pengelolaan Sumber Daya Air Berwawasan Lingkungan

Pengelolaan    sumber    daya    air    yang memperhatikan keseimbangan ekosistem dan daya dukung lingkungan.

 

Pengelolaan Sumber Daya Air Berkelanjutan

Pengelolaan sumber daya air yang tidak hanya ditujukan untuk kepentingan generasi sekarang tetapi juga termasuk untuk kepentingan generasi yang akan datang.

Pengembangan Sungai

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemanfaatan fungsi sungai sebesar-besarnya tanpa merusak keseimbangan sungai dan lingkungannya.

Pengendalian Daya Rusak Air

Upaya untuk mencegah, menanggulangi, dan memulihkan kerusakan kualitas lingkungan yang disebabkan oleh daya rusak air.

Pengendalian Sungai

Upaya untuk lebih memantapkan aliran sungai sepanjang tahun, guna memperoleh kemanfaatan sungai sebesar-besarnya, dan mengurangi/meniadakan daya rusak air terhadap sungai dan lingkungannya.

 

Pintu Air Otomatis

Pintu air yang dapat membuka dan menutup secara otomatis akibat perbedaan tinggi muka air di hulu dan di hilir bangunan.

Pola Pengelolaan Sumber Daya Air

Kerangka dasar dalam merencanakan, melaksanak- an,memantau,  dan

Mengevalua-si kegiatan konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendalian daya rusak air.

 

Perawatan Bangunan Gedung

Kegiatan       memperbaiki      dan/atau

mengganti bagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarana agar bangunan gedung tetap laik fungsi.

Perencanaan Bangunan Gedung

Kegiatan penyusunan program kebutuhan bangunan, tata letak bangunan dan penyusunan studi kelayakan dan studi AMDAL.

Perkolasi

Kemampuan tanah untuk meresapkan air, besar kecilnya perkolasi tergantung dari porositas media tanah

Permukiman Kumuh

Lingkungan    permukiman    yang    telah mengalami    penurunan    kualitas    atau memburuk,   baik   secara   fsik,    sosial ekonomi maupun sosial budaya.

Perlindungan Mata Air

Penyediaan air dengan cara melindungi dan menangkap mata air untuk ditampung dan disalurkan pada pemakai.

Permeabilitas

Daya resap air pada lapisan tanah, misalnya dinyatakan dalam cm/hari.

Permukiman

Bagian dari budidaya dalam lingkungan hidup, baik yang bersifat perkotaan maupun perdesaan, terdiri dari beberapa jenis dengan prasarana dan sarana lingkungan yang lengkap dengan fungsi utama sebagai pusat pelayanan bagi kebutuhan penghuninya.

Permukiman Dataran

permukiman yang terletak pada ketinggian 0 sampai dengan 500 m dari permukiman laut dengan kondisi topograf datar atau dengan kemiringan lahan kurang dari 15%.

 

Pintu Kebakaran

Pintu-pintu yang langsung menuju tangga kebakaran dan hanya dipergunakan apabila terjadi kebakaran.

Pipa Inspeksi

Pipa yang berfungsi untuk melihat kondisi tangki septik untuk keperluan perawatan dan pemeliharaan.

Pipa Penyalur Gas Berlubang

Pipa yang dilubangi untuk mengalirkan gas hasil proses penguraian zat organik melalui lubang-lubang

Pipa Persil

Saluran yang menyalurkan air limbah dari rumah penduduk, bangunan umum dan sebagainya ke pipa pelayanan.

Pipa Retikulasi

Pipa retikulasi terdiri dari pipa service dan pipa lateral.

Pipa Selubung

Pipa yang dipasang dalam lubang bor yang bahannya terbuat dari bei, plastik atau serat (fbre) dan berfungsi untuk menahan keruntuhan dinding sumur.

Pipa Pelayanan

Saluran yang menyalurkan air limbah
yang        menghubungkan     beberapa

sambungan dari rumah, bangunan umum dan sebagainya (dari pipa persil).

Pipa Cabang

Saluran air limbah yang menyalurkan air limbah dari pipa lateral ke pipa induk.

Pipa high density poly ethylene

Pipa yang terbuat dari bahan yang mengandung polyethelyn dengan kerapatan tinggi.

Pipa Distribusi

Pipa yang dipergunakan untuk mendistribusikan air bersih ke pelanggan atau konsumen.
Pipa Induk

Saluran air yang menyalurkan air dari pipa cabang menuju instalasi pengolahan. Pipa ini juga terdapat dalam sistem pengolahan air minum dan air limbah.

Pipa Induk Distribusi

Pipa utama untuk mendistribusikan air bersih dari reservoir distribusi ke daerah palayanan melalui titik-titik tapping sambungan sekunder.

Pipa PVC

Pipa dengan bahan dasar plastik yang mengandung poly vinil chlorida.

Pipa Sekunder

Pipa distribusi yang dipergunakan untuk membagi  air  dari  suatu   wilayah   pipa primer sampai ke pipa tersier.

Pipa Tersier

Pipa distribusi yang langsung kerumah-rumah (konsumen).

Pipa Transmisi

Pipa yang dipergunakan untuk mengalirkan air baku ke unit pengolahan atau mengantarkan air minum, dari unit produksi ke unit distribusi utama atau reservoir pembagi.

Plambing

 

 

a. Sistem drainasi-saniter

b.       Sistem drainasi-air hujan

c. Sistem ventilasi

d. Sistem air bersih.

Platform

Unit bangunan pelengkap untuk menampung lumpur tinja pertama air sebelum dialirkan ke unit pengolahan utama. Platform bisa dibuat khusus, atau merupakan bagian dari perlengkapan inlet atau sumur pompa.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri

Program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.

Pompa

Berfungsi untuk mengangkat air dari elevasi/ketinggian yang lebih rendah ke tempat yang lebih tinggi atau memindahkan aliran dari aliran satu ke aliran yang lain yang digerakkan oleh penggerak tenaga listrik atau penggerak lainnya.

Pompa Centrifugal

Pompa yang menggunakan gaya centrifugal untuk dapat mengisap air

Pompa Submersible (Pompa Benam)

Pompa dengan jenis konstruksinya kedap air sehingga motornya dapat berada didalam air.

Pompa Turbin

Pompa  yang   motornya  terletak   diatas permukaan     sedangkan    baling-baling/ impeler pompanya terendam dalam air.

Pompa Vakum

Alat   yang   berfungsi   untuk   menguras lumpur   tinja   dengan   cara   menghisap lumpur dengan proses vakum.

Portal

Suatu sistem yang terdiri dari bagian-bagian struktur yang saling berhubungan yang berfungsi menahan beban sebagai suatu kesatuan lengkap yang berdiri sendiri dengan atau tanpa dibantu oleh diafragma-diafragma horizontal / sistem-sistem ikatan lantai.

Pracetak

Proses pembuatan beton yang dilakukan dengan dicetak terlebih dahulu sebelum dipasang/penerapan.

Prasarana Lingkungan

Kelengkapan dasar fsik lingkungan yang memungkinkan lingkungan permukiman dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Profl Hidrolis pada IPA

Gambaran    yang    menunjukkan    garis ketinggian muka air bebas dalam tiap unit paket IPA ketika proses berlangsung.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Lemah (PNPM-PISEW)

Program          untuk          mempercepat

pembangunan ekonomi masyarakat perdesaan dengan berbasis pada sumberdaya local untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki pengelolaan pemerintah daerah ditingkat kabupaten, kecamatan, dan desa (local governance), serta penguatan institusi lokal di tingkat desa.

Permukiman Kepadatan Tinggi

Permukiman dengan tingkat kepadatan penduduk dan bangunan yang sangat tinggi, sehingga mengarah kepada ketidakmampuan daya dukung lahan.

Permukiman Kumuh

Lingkungan    permukiman    yang    telah mengalami    penurunan    kualitas    atau memburuk,    baik   secara    fsik,    sosial ekonomi maupun sosial budaya.

Permukiman Rawan Abrasi

Permukiman yang memiliki kemungkinan sangat besar untuk mengalami penggerusan akibat gelombang air laut pada intensitas yang sangat besar serta dengan frekuensi kejadian yang cukup sering.

Permukiman Rawan Banjir

permukiman yang memiliki kemungkinan sangat besar untuk mengalami banjir yang genangannya melebihi 1 m dan lama genangan minimal 24 jam dengan frekuensi kejadian minimal setahun satu kali

Permukiman        Rawan         Bencana Vulkanik

Permukiman yang terletak di sekitar gunung berapi atau mendapat pengaruh adanya gunung berapi serta memiliki kemungkinan sangat besar untuk mengalami bencana akibat kegiatan vulkanik gunung berapi yang bersangkutan

Permukiman Rawan Erosi

Permukiman yang terletak di suatu yang mempunyai kondisi tanah yang mempunyai potensi sangat besar untuk mengalami penggerusan permukaan tanah akibat aliran air tanah

Permukiman Rawan Gempa

Permukiman yang terletak pada jalur-jalur lempeng bumi yang berpotensi mengalami bencana akibat gempa tektonik.

 

Permukiman Rawan Kebakaran

Permukiman yang karena sebagian besar jenis kegiatan yang ada di dalamnya, atau jenis bahan bangunannya menyebabkan rentan terhadap bahaya kebakaran.

Permukiman Rawan Longsor

Permukiman yang terletak di atas tanah dengan struktur yang labil sehingga mempunyai kecenderungan sangat besar untuk mengalami longsor.

Persil

Suatu perpetakan tanah yang terdapat dalam sesuatu rencana perluasan atau jika untuk suatu rencana perluasan kota ataupun sebagiannya masih belum ditetapkan sesuatu rencana perpetakan-sesuatu bagian tanah, yang menurut pertimbangan DPRD/Kepala Daerah dapat dipergunakan untuk mendirikan sesuatu bangunan-bangunan atau sesuatu kelompok bangunan-bangunan.

Persyaratan Ekologis

Keterkaitan antara keserasian dan keseimbangan, baik antara lingkungan buatan dengan lingkungan alam maupun dengan lingkungan sosial budaya, termasuk nilai-nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan.

Persyaratan Teknis

Persyaratan mencakup aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan, hemat energi, keandalan sarana dan prasarana lingkungan dan lain-lain yang berhubungan dengan rancang bangun, termasuk kelengkapan prasarana dan fasilitas lingkungan yang diatur dengan peraturan perundang-undangan serta disesuaikan dengan kebutuhan perkembangannya.

Persyaratan Teknis Bangunan Gedung

Ketentuan mengenai persyaratan tata bangunan dan persyaratan keandalan bangunan gedung. (Sumber: 10)

Pertimbangan Teknis (Bangunan Gedung)

Pertimbangan dari tim ahli bandunan gedung yang disusun secara tertulis dan profesional terkait dengan pemenuhan persyaratan teknis bangunan gedung baik dalam proses pembangunan, pemanfaatan, pelestarian, maupun pembongkaran bangunan gedung.

Persetujuan         Rencana         Teknis

(bangunan gedung)

Pernyataan tertulis tentang telah dipenuhinya seluruh persyaratan dalam rencana teknis bangunan gedung yang telah dinilai/dievaluasi.

Perumahan

Kelornpok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan.

Peruntukan Air

Status pemanfaatan dan fungsi dari suatu badan air penerima.

Pewadahan Sampah

Penampungan sampah sementara di tempat sumbernya, baik pewadahan sampah individual maupun komunal.

Pewadahan Sampah Individual

Penampungan sampah sementara di tempat sumbernya masing-masing, misalnya pewadahan sampan di rumah tangga.

Pewadahan Sampah Komunal

Penampungan sementara sampan secara bersama-sama pada satu tempat.

Pintu Air

Bangunan yang digunakan untuk mencegah suatu aliran masuk ke sistim aliran atau lain.

 

Polder

Cekungan tanah alami atau kolam buatan yang digenangi air dan dikelilingi tanggul, tinggi rendah air diatur oleh sejumlah parit yang bermuara di induk parit, dan pada induk parit terdapat mesin pompa untuk membuang air yang berlebihan.

Pos Duga Air

Bangunan di sungai yang dipilih untuk mengamati    tinggi    muka    air    secara sistematik  agar  dapat  berfungsi  untuk menentukan debit.

Prasarana Sumber Daya Air

Bangunan air beserta bangunan lain yang menunjang kegiatan pengelolaan sumber daya air, baik langsung maupun tidak langsung. (Sumber: 1)

sekunder, dan jaringan tersier diterapkan satu sistem perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi.

Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air

Hasil perencanaan secara menyeluruh dan terpadu yang diperlukan untuk menyelenggarakan pengelolaan sumber daya air.

 

Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan

Proyek yang dimaksudkan untuk memulihkan serta memperkuat kapital social masyarakat dan kapasitas pemerintah daerah agar mampu mandiri serta berkelanjutan dalam mengangulangi berbagai persoalan kemiskinan yang ada di wilayahnya serta membangun lingkungan permukiman yang berkelanjutan, dengan berbasis pada nilai-nilai universal kemanusiaan yaitu keikhlasan, kejujuran, keadilan, dll.

_____________________________________________________________________________________

R

Residu merupakan sisa pengolahan setelah suatu bagian diambil, dipisahkan, ditandai atau bereaksi.

 

Reducer untuk penyambungan pipa dari besar ke kecil

 

Reducer Socket Solvent Cement untuk penyambungan pipa dari besar ke kecil dengan karet.

 

Reducer Socket Solvent Cement untuk penyambungan pipa dari besar ke kecil dengan lem.

Reducing Bush untuk penyambungan pipa dari ¾ ke ½.

Rahabilitasi Pipa pergantian pipa yang didasarkan pada beberapa ketentuan seperti umur pipa yang terlalu tua, kemampuan pipa yang tidak sanggup lagi, pemasangan pipa dengan metode yang lama hingga biaya perawatannya terlalu besar.

 

Real Estate kompleks perumahan yang pembangunannya dibiayai oleh badan usaha (developer) untuk dijual kepada masyarakat umum dan dibangun atau dilaksanakan sekaligus atau sebagian dari rencana proyek.

 

Rehabilitasi Pipa penggantian pipa yang didasarkan pada beberapa ketentuan seperti umur pipa yang terlalu tua, kemampuan pipa yang tidak sanggup lagi, pemasangan pipa dengan metode yang lama sehingga biaya perawatannya terlalu besar.

 

Ring Main saluran lingkaran, saluran gelang.

 

Riser pipa naik, galian naik, pipa penyalur cairan ke atas.

 

Road Tank mobil Tangki,dipisahkan ditandai atau bereaksi.

 

Rocket suatu alat berbentuk silindris terbuat dari baja tahan gesekan yang digunakan untuk penggalian dan pemasangan pipa di bawah jalan aspal hotmix, jalur kereta api, jalan beton dengan tidak  merusak kondisi permukaan jalan.

 

Repair  Clamp alat untuk mengatasi/memperbaiki kebocoran pipa.

 

Repair Socket Rubber Ring alat untuk mengatasi /memperbaiki kebocoran pipa besi dengan sambungan karet.

 

Reservoir kolam untuk menampung air yang berfungsi sebagai bak pengendap, penampungan air cadangan dan memperkecil pengaruh buruk terhadap perubahan kualitas air.

 

Rekening Air Minum kewajiban yang harus dibayar oleh pelanggan setiap bulan sesuai jumlah pemakaian air ditambah biaya tetap.

 

Rubber Packing paking karet.

 

Rubber Ring Collar gelang karet, cincin karet untuk kolar.

 

Rubber Ring Tee gelang karet, cincin karet berbentuk T.

 

Rumah Pompa berfungsi sebagai pelindung dan tempat dimana pompa diletakkan.

Rangka Lengkung Jembatan

Batok lengkung yang terdiri dari dua busur yang dihubungkan oleh suatu jaringan penopang segitiga sempurna.

Rencana Umum Jaringan Jalan Nasional

Kumpulan     rencana     ruas-ruas     jalan nasional   beserta   besaran   pencapaian sasaran kinerja pelayanan jalan tertentu untuk jangka waktu tertentu.

 

Rehabilitasi Jalan

Kegiatan penanganan terhadap setiap kerusakan yang tidak diperhitungkan dalam desain, yang berakibat menurunnya kondisi kemantapan pada bagian/tempat tertentu dari suatu ruas jalan dengan kondisi rusak ringan, agar penurunan kondisi kemantapan tersebut dapat dikembalikan pada kondisi kemantapan sesuai dengan rencana.

Road Users Cost

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna jalan untuk menempuh suatu perjalanan, yang antara lain terdiri ata biaya bahan bakar, oli, dll.

Ruas Jalan Tol

Bagian atau penggal dari jalan tol tertentu yang pengusahaannya dapat dilakukan oleh BUJT tertentu.

Ruang Manfaat Jalan (RUMAJA)

Meliputi badan jalan, saluran tepi jalan, dan ambang pengamannya.

Ruang Manfaat Jalan Tol

Suatu ruang sepanjang jalan tol yang dimanfaatkan untuk konstruksi jalan yang terdiri atas badan jalan, saluran tepi jalan, serta ambang pengamannya; dan badan jalan yang meliputi jalur lalu lintas, dengan atau tanpa jalur pemisah dan bahu jalan, ambang pengaman jalan terletak di bagian paling luar dari ruang manfaat jalan dan dimaksudkan untuk mengamankan bangunan jalan.

Ruang Milik Jalan (RUMIJA)

Sejalur tanah tertentu di luar ruang manfaat jalan yang masih menjadi bagian dari ruang milik jalan, yang dibatasi oleh batas ruang milik jalan, yang dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan keluasan keamanan penggunaan jalan antara lain untuk keperluan pelebaran ruang manfaat jalan pada masa yang akan datang.

Ruang Milik Jalan Tol

Ruang sepanjang jalan tol yang meliputi ruang manfaat jalan tol dan sejalur tanah tertentu di luar ruang manfaat jalan tol.

Ruang Lingkup Pelayanan (PDAM) semua bentuk pelayanan yang berkaitan dengan air minum dan non air.

 

Rekanan mitra kerja yang bertugas melaksanakan pekerjaan perusahaan berdasarakan prosedur dan ketentuan yang berlaku dan sering disebut pihak ketiga.

 

Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Pusat (RAKORBANGPUS)

Merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan nasional dalam Rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahunan yang bertujuan untuk mensosialisasikan dan menyempurnakan rancangan awal RKP tahunan dan pagu indikatif tahunan per kementerian dan lembaga sebagai bahan penyiapan rencana kerja (RENJA) kementerian/lembaga tahunan. Selanjutnya penyempurnaan tersebut akan dilakukan melalui forum konsultasi yang intensif antara masing-masing kementerian/lembaga dengan Bappenas dan Depkeu, serta dilakukan dengan daerah melalui Musrenbangnas.

Rencana Pembangunan Tahunan Daerah/Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)

Dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun.

Rehabilitasi

Perbaikan dan pemulihan semua aspek pelayanan publik atau masyarakat sampai tingkat yang memadai pada wilayah pascabencana dengan sasaran utama untuk normalisasi atau berjalannya secara wajar semua aspek pemerintahan dan kehidupan masyarakat pada wilayah pascabencana.

Rekonstruksi

Pembangunan kembali semua prasarana dan sarana, kelembagaan pada wilayah pascabencana, baik pada tingkat pemerintahan maupun masyarakat dengan sasaran utama tumbuh dan berkembangnya kegiatan perekonomian, sosial dan budaya, tegaknya hukum dan ketertiban, dan bangkitnya peran serta masyarakat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat pada wilayah pasca bencana.

Rancang Bangun

Desain dalam bentuk gambar bangunan dan kelengkapannya untuk rumah dan prasarana sarana serta utilitas umum untuk perumahan dan permukiman secara lengkap dengan skala tetentu beserta uraiannya dan rencana pemantauan dan pengelolaan lingkungan yang mampu mencakup kebutuhan dan ilmu pengetahuan serta teknologi baik pada masa pembangunannya maupun pemeliharaan atau pemugarannya.

Rasio Lumpur Resirkulasi

Debit lumpur pengendap sekunder.

 

Redefnisi

Melakukan penegasan kembali atas pola pemanfaatan struktur ruang yang telah ada. Dengan kata lain, melakukan intervensi tanpa merubah struktur ruang yang telah ada meliputi:

1. Revitalisasi

Upaya menghidupkan kembali suatu mati yang pada masa silam pernah hidup, atau mengendalikan dan mengembangkan untuk menemukan kembali potensi yang dimiliki atau pernah dimiliki.

2. Preservasi

Upaya mempertahankan suatu
lingkungan        permukiman      dari

penurunan kualitas atau kerusakan, untuk memelihara komponen yang masih berfungsi baik dan mencegah dari proses penyusutan dinii (kerusakan).

 

3. Rehabilitasi

Upaya mengembalikan kondisi komponen fsik lingkungan permukiman yang mengalami degradasi
4. Renovasi

Melakukan perubahan sebagian atau beberapa bagian dari komponen pembentukan lingkungan permukiman.

Redevelopment

Pembangunan kembali suatu atau lingkungan pemukiman dengan terlebih dahulu melakukan pembongkaran sarana dan prasarana dari sebagian atau seluruh atau lingkungan permukiman yang telah dinyatakan tidak dapat dipertahankan lagi.

Reduce, Reuse, Recycling (3R)

Menggunakan kembali, mengurangi dan mendaur ulang sampah.

Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL)

Panduan rancang bangun suatu untuk mengendalikan pemanfaatan ruang yang memuat rencana program bangunan dan lingkungan, rencana umum dan panduan rancangan, rencana investasi, ketentuan pengendalian rencana, dan pedoman pengendalian pelaksanaan.

Rencana Tapak

Arahan tata letak bangunan, orientasi bangunan, indikasi bentuk dan tampak bangunan secara keseluruhan dalam suatu lingkungan, dan arahan aksesibilitas, sarana parkir untuk kepentingan pengunjung/loading/service, dan lain-lainnya.

Resettlement

Proses pemindahan penduduk untuk bertempat tinggal di tempat lain, karena tidak dapat lagi atau tidak diperbolehkan lagi berada di tempat tinggal sebelumnya.

Resapan Efuen Air Limbah

Unit penampung air yang keluar dari tangki septik dengan diresapkan ke dalam tanah melalui media berpori seperti pasir dan kerikil dengan ukuran unit resapan tertentu sesuai dengan besaran debit.

Reservoir

Tempat penyimpanan air untuk sementara sebelum       didistribusikan   kepada  konsumen.

Reservoir Distribusi

Bangunan untuk menampung air minum dari instalasi pengolahan air atau mata air sebelum didistribusikan.

Restrukturisasi

Penanganan permukiman dengan melakukan proses penstrukturan kembali pola ruang yang telah ada.

 

 

Upaya pengembalian suatu kondisi lingkungan permukiman kepada kondisi asal sesuai dengan persyaratan lingkungan yang benar.

Ritasi

Satuan pengangkutan sampah per satu kali angkut atau satu rit angkutan dari sumber sampai ke pembuangan akhir

Rotating Biological Contactor (RBC)

Suatu alat untuk pengolahan air limbah yang terdiri dari piringan plastik besar yang berjarak rapat yang berputar mengelilingi tongkat horizontal. Piringan tersebut secara bergantian bergerak melalui air limbah dan udara dan mengembangkan pertumbuhan biologis pada permukaannya

Rumah Bertingkat

Rumah tinggal berlantai dua atau lebih, rumah susun (rusun) baik untuk golongan berpenghasilan rendah (rumah susun sederhana sewa), golongan berpenghasilan menengah (rumah susun sederhana) maupun golongan berpenghasilan atas (rumah susun mewah/apartemen).

Rumah Deret Sederhana

Rumah deret yang terdiri lebih dari dua unit hunian tidak bertingkat yang konstruksinya sederhana dan menyatu satu sama lain.

Rumah Inti

Unit rumah dengan satu ruang serbaguna yang selanjutnya dapat dikembangkan oleh penghuni.

Rumah Menengah

Rumah tidak bersusun yang dibangun di atas tanah dengan luas kapling 54m2 sampai dengan 600m2 dan biaya pembangunan per m2 antara harga satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan permukiman dinas tipe C sampai dengan harga satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan perumahan dinas tipe A yang berlaku dan rumah tidak bersusun yang dibangun di atas tanah dengan luas kapling antara 200m2 sampai dengan 600m2 dan biaya pembangunan per m2 nya lebih kecil atau sama dengan harga satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan permukiman dinas tipe C yang berlaku, dengan luas lantai bangunan rumah disesuaikan dengan koefsien dasar bangunan dan koefsien lantai bangunan yang diizinkan dalam rencana tata ruang wilayah yang berlaku.

Rumah Mewah

Rumah tidak bersusun yang dibangun di atas tanah dengan luas kapling 54 m2 sampai dengan 2.000m2 dan biaya pembangunan per m2 di atas biaya satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan pennukiman di atas tipe A yang berlaku.

Rumah Sangat Sederhana (RSS)

Rumah tidak bersusun dengan luas lantai bangunan maksimum 36 m2 dan sekurang-kurangnya memiliki kamar mandi dengan WC, dan ruang serba guna dengan biaya pembangunan per m2 sekitar setengah dari biaya pembangunan per m2 tertinggi untuk rumah sederhana.

Rumah Sederhana (RS)

 

 

Rumah Susun

Bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan, yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horizontal maupun vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan juga digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian, yang dilengkapl dengan bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama.

Rumah Susun Sederhana

Rumah susun yang dibangun berpenghasilan menengah ke bawah untuk masyarakat.

Rumah Susun Sederhana Sewa

Rumah susun sederhana yang dikelola oleh unit pengelola yang ditunjuk oleh pemilik Rusunawa dengan status penghunian sistem sewa.

Rencana Kerja Pemerintah (RKP)

Dokumen perencanaan nasional untuk periode 1 (satu) tahun.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM)

Dokumen perencanaan untuk periode 5 (lima) tahun.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kementerian/Lembaga atau Rencana Strategis Kementerian/ Lembaga (Renstra- KL)

Dokumen perencanaan Kementerian / Lembaga untuk periode 5 (lima) tahun.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra-SKPD)

Dokumen perencanaan Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk periode 5 (lima) tahun.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP)

Dokumen perencanaan untuk periode 20 (dua puluh) tahun.

Rencana Pembangunan Tahunan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja-SKPD)

Dokumen    perencanaan    Satuan    Kerja Perangkat Daerah untuk periode 1 (satu) tahun.

Rencana Program Investasi Jangka Menengah (RPIJM)

Merupakan dokumen rencana kerjasama pembangunan infrastruktur di kabupaten/ kota yang bersifat terpadu dan lintas sektoral. RPIJM dimaksudkan bukan untuk menggantikan fungsi RPJMD akan tetapi RPIJM merupakan dokumen teknis kelayakan program untuk rencana pembangunan prasarana dan sarana (infrastruktur) Kabupaten/Kota yang disusun dengan keterpaduan penanganan fsik dan bukan fsik dan investasi jangka menengah (5 tahun).

Ruang Terbuka Hijau

Area        memanjang/jalur     dan/atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.

Ruang Terbuka Hijau Privat

Merupakan ruang terbuka hijau yang dimiliki dan dikelola oleh orang, seperti misalnya kebun atau halaman rumah/ gedung miliki perseorangan atau koorporasi yang ditanami tumbuhan.

Ruang Terbuka Hijau Publik

Ruang terbuka hijau yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah kota yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum. Yang termasuk ruang terbuka hijau publik, antara lain, adalah taman kota, taman pemakaman umum, dan jalur hijau sepanjang jalan, sungai, dan pantai

 

_____________________________________________________________________________________

 

S

Sambungan Aktif sambungan pelanggan aktif untuk semua kategori yang tercatat dalam daftar rekening tagihan dari semua cabang dan unit pelayanan.

 

Sambungan Baru proses untuk menjadi pelanggan air minum

 

Sambungan Rumah jenis sambungan pelanggan yang menyediakan air bersih langsung ke rumah-rumah, biasanya berupa sambungan pipa-pipa distribusi melalui meter air dan instalasi pipa di dalam rumah.

Sambungan Domestik sambungan pelanggan aktif yang melayani penduduk melalui sambungan rumah termasuk sambungan rumah tangga, niaga kecil.

 

Sarana Produksi Air Minum bangunan-bangunan fisik dan unit-unit bangunan, guna proses pengolahan yang diperlukan untuk menghasilkan air minum, terdiri dari bangunan pengambilan (termasuk waduk stabilisator air  baku) pipa pembawa air baku, bangunan-bangunan dan peralatan pengolahan, pipa induk air minum dan reservoir-reservoir (tendon-tandon) air utama.

 

Sarana dan prasarana air minum bangunan beserta peralatan dan perlengkapannya yang menghasilkan, menyediakan dan mendistribusikan air minum untuk masyarakat.

 

Sampel Air air yang diambil sebagai contoh dengan aturan tertentu yang digunakan untuk keperluan pemeriksaan air.

Saringan Pasir Cepat/SPC (Rapid Sand Filter) media penyaring yang mempunyai kecepatan untuk menyaring antara 5-15 m#/m2/jam, diameter media antara 0,5-1,5 mm, berfungsi untuk menyaring koloid.

 

Sistem Drainase Lokal

Suatu sistem jaringan drainase yang berfungsl sebagal pematus bagi suatu daerah/area tertentu yang merupakan bagian dari suatu kota, misalnya permukiman, industri, komersil, perkantoran, atau kawasan-tertentu dari suatu kota, dimana pengurusan dan pengelolaannya menjadi tanggung jawab pengelola atau pemilik dari tertentu tersebut.

Sistem Drainase Terpisah

Sistem drainase yang mempunyai jaringan saluran pembuangan yang terpisah untuk limpasan air permukaan dengan air limbah.

Sistem Drainase Utama

Suatu sistem jaringan drainase yang berfungsi sebagai pematus untuk suatu wilayah perkotaan, yang pengurusan dan pengelolaannya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten atau Pemerintah Provinsi. Sistem drainase utama mengumpulkan dan mengeluarkan air dari sistem drainase lokal.

Sistem Gravitasi

Pendistribusian air tanpa menggunakan pompa, hanya memanfaatkan perbedaan tinggi.

Sistem Interceptor

Suatu sistem perpipaan air limbah yang mempunyai bangunan-bangunan penyadap (interceptor) air limbah dari saluran drainase yang juga terpaksa menampung air limbah.

Sistem Pembuangan Air Limbah Setempat (On Site System)

Sistem pembuangan air limbah yang dilakukan secara individual (perorangan) melalui pengolahan dan pembuangan air limbah setempat.

Sistem Pembuangan Air Limbah Terpusat (Off Site System)

Sistem pembuangan air limbah dilakukan secara kolektif melalui jaringan pengumpul dan diolah serta dibuang secara terpusat.

Sistem Penahan Gempa

Bagian dari sistem struktur gedung yang berfungsi menahan gempa

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)

Satu kesatuan sistem fsik (teknik) dan non fsik dari prasarana dan sarana air minum.

Sistem Transmisi

Sistem perpipaan yang digunakan untuk mengalirkan air baku dari sumber air baku ke sumber pengolahan; dan atau mengalirkan air bersih dari unit pengolahan ke unit jaringan distribusi melalui reservoir.

Sistem Ventilasi

Bagian dari sistem plambing yang terdiri dan pipa yang dipasang untuk sirkuasi udara ke seluruh bagian dari sistem pembuangan dan mencegah terjadinya kerja sifon dan tekanan balik pada perangkap.

Sites and Services

Serviced land yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan perumahan baru.

Sludge

Lumpur atau materi yang tidak larut yang selalu tampak kehadirannya dalam setiap pengolahan; umumnya tersusun oleh serat-serat organik yang kaya akan selulosa dan di dalamnya terhimpun kehidupan mikroorganisme.

Sludge Drying Bed

Bangunan untuk penampungan lumpur yang akan diproses secara alamiah dengan pengeringan menggunakan sinar matahari.

Sludge Pump

Pompa yang digunakan untuk mengangkat material yang tidak terlarut pada bak penampung lumpur.

Sluice Gate

Alat yang berfungsi untuk menutup ataupun memperbesar aliran air yang akan dimasukkan ke dalam bak pengendap/ penampung.

Small Bore Sewer

Saluran air limbah dengan diameter kecil untuk menerima limbah cair buangan tangki septik yang bebas benda padat.

Sprinkler

Suatu sistem pemancar air pada sistem pemadam kebakaran yang bekerja secara otomatis bilamana suhu ruang mencapai suhu tertentu.

Standar Kualitas Air

Syarat-syarat maksimum – toleransi – minimum mengenai kemurnian air

Standar Teknis Bangunan Gedung

1. Standar yang dibakukan sebagai standar tata cara, standar spesifkasi, dan standar metode uji baik berupa   Standar   Nasional   Indonesia

maupun standar intemasional yang diberlakukan dalam penyelenggaraan bangunan gedung. (Sumber: 29) 2. Tidak melebihi tingkat spesifk dari natrium bikarbonat, pH, garam-garam terlarut total dan sebagainya.

Stand Meter

Angka pemakaian yang tertera pada meter air pelanggan.

Struktur Bangunan Gedung

Bagian dari bangunan yang tersusun dan komponen-komponen yang dapat bekerja sarna secara satu kesatuan, sehingga mampu berfungsi menjamin kekakuan, stabilitas, keselamatan dan kenyamanan bangunan gedung terhadap segala macam beban, baik beban terencana maupun beban tak terduga, dan terhadap bahaya lain dari kondisi sekitarnya seperti tanah longsor, intrusi air laut, gempa,angin kencang, tsunami, dan sebagainya.

Sumur Artesis (Artesian Well )

Sumber air yang mempunyai potensi tekanan hidrolis yang cukup untuk dapat mendorong airnya ke permukaan bumi. Potensi tekanan tersebut berasal dari beban lapisan-lapisan tanah di atasnya.

Sumur Kebakaran

Sumur-sumur gali yang disediakan khusus untuk pemadam kebakaran.

Sumur Resapan

Sumuran berdinding rembes air untuk meresapkan air limbah ke dalam lapisan tanah dalam.

Sumur Resapan Air Hujan (SRAH)

Prasarana untuk menampung dan meresapkan air hujan kedalam tanah.

Sumur Bor

Bangunan pemanfaatan air tanah dalam yang diperoleh dari hasil pengeboran

 

Salinitas kualitas keasinan;kadar garam; komposisi ionic suatu larutan encer. Untuk air tawar sebaiknya dinyatakan sebagai jumlah delpaan kation dan anion utama.

Sedimentasi Daratan proses pengendapan yang berlangsung secara mendatar sehingga akan mengakibatkan peluasan daratan yang subur di sekitar sungai

 

Simple Joint material penyambungan dua  buah pipa dengan diameter sama

 

Sisa Tekanan Kritis tekanan air pada titik tertinggi dan terjauh pada suatu daerah pelayanan.

 

Sistem Distribusi system perpipaan yang dipergunakan untuk mendistribusikan air bersih, air minum ke rumah pelanggan/konsumen.

 

Sistem Grafitasi pendistribusian air tanpa menggunakan pompa, hanya memanfaatkan perbedaan tinggi.

 

Sistem Produksi 1. Komponen system penyediaan air bersih yaitu berupa komponen prapengolahan, system transmisi dan instalasi pengolahan air lengkap. 2. Prosedur-prosedur yang berlaku dalam proses pengolahan air yang menghasilkan air sebagai produksi sesuai standar.

 

Sistem Transmisi system perpipaan yang digunakan untuk mengalirkan air baku dari sumber air baku ke sumber pengolahan; dan atau mengalirkan air bersih dari unit pengolahan ke unit jaringan distribusi melalui reservoir.

 

Sludge lumpur atau materi yang tidak larut yang selalu tampak kehadirannya dalam setiap pengolahan; umumnya tersusun oleh serat-serat organic yang kaya akan selulosa dan didalamnya terhimpun kehidupan mikroorganisme.

 

Sludge Drying Bed bangungan untuk mengangkat material yang tidak terlarut pada bak penampung lumpur

Sluice Gate alat yang berfungsi untuk menutup ataupun memperbesar aliran air yang akan dimasukkan ke dalam bak pengendap/penampung.

SNI Standar Nasional Indonesia

Socket material sambungan pipa jenis betina

 

Socket Galvanis sambungan pipa jenis betina dari bahan galvanis dengan menggunakan drat ulir dalam.

 

Soda Ash bahan baku kimia dalam bentuk liquid untuk membantu peningkatan derajat keasaman (pH) dalam proses pengasaman air.

 

Sodium Hypochlorite bahan baku kimia dalam bentuk liquid sebagai desintektan/pembunuh bakteri, amuba, ganggang.

 

Solvent Comment bahan lem penyambung pipa PVC

 

Special Repair Flange (S.R.F) Joint material yang berfungsi untuk menghentikan kebocoran pipa pada flange pipa, proses pemasangan dapat dilakukan tanpa mematikan aliran air.

 

Special  Repair Socket (S.R.S) Joint material yang berfungsi untuk menghentikan kebocoran pipa pada bagian socket pipa, socket yang dapat diperbaiki adalah socket system solvent cement dan system rubber ring.

Spindel alat yang terbuat dari besi yang digunakan untuk membuka/menutup valve

 

Stainless Steel Repair Clamp material yang terbuat dari baja putih yang berfungsi untuk menghentikan kebocoran pipa.

 

Standar Kualitas Air syarat-syarat minimum mengenai kemurnian air untuk berbagi penggunaan; misalnya air untuk pertanian dalam sistemseharusnya tidak melebihi tingkat spesifik dari natrium bikarbonat, pH, garam-garam terlarut total, dan sebagainya.

 

Segel Meter segel yang dipasang oleh instansi yang berwenang untuk menandakan ketelitian meter sudah memenuhi syarat.

 

Stand Meter angka pemakaian yang tertera pada meter air pelanggan

 

Starting Flow Rate (Qstart) Meter Air batas sensibility dari kemampuan meter air mulai merekord (mengukur).

 

Segel Dinas segerl yang dipasang oleh PDAM pada meter air ke pipa dinas dan pipa persil untuk mencegah penyalahgunaan meter air oleh pelanggan dan jaringan perpipaan.

Steel Pipe pipa yang terbuat dari bahan baja

 

Stepped Coupling copling bertahap

 

Straapot/Valve Cover/Street Box Alat pelindung/penutup, pembuka dan pengatur valve dilapangan yang harus terlihat dan terpelihara dengan baik sehingga jika terjadi gangguan pada jaringan dengan mudah dapat mengaktifkan valve didalamnya.

 

Sumber Air Baku sumber yang digunakan sebagai air baku untuk dioleh menjadi air yang sudah jadi sesuai dengan proses olahan

 

Sumber Daya Air persediaan air tanah dan air permukaan di daerah tertentu.

 

Sungai tempat-tempat atau wadah-wadah serta jaringan pengaliran air mulai dari mata air sampai muara dengan dibatasi kanan kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh garis sempadan.

 

Swing Bolt baut engsel

 

Swing Check Valve penyekat untuk menjaga air balik dengan cara putar/ayun.

 

Safe Cable Inlet (Cable Gland) alat untuk mencegah masuknya air ke dalam pompa akibat kebocoran melalui kabel yang luka/terpotong maupun akibat proses kapiler.

 

Seawall

Dinding  banjir  yang  berfungsi  sebagai

pelindung/penahan terhadap kekuatan gelombang.

 

Sedimen Abrasif

Sedimen yang terdiri dari pasir keras dan tajam bersama dengan aliran dapat menimbulkan erosi pada permukaan konstruksi.

 

Sedimen Dasar

Sedimen pada dasar sungai/saluran.

Sedimen Layang

Sedimen di dalam air, yang melayang karena gerakan air.

Sedimentasi

Proses dimana sedimen yang terjadi karena penghambatan pada aliran air terdeposit pada saluran air, saluran pembuangan terbuka atau pada pipa pembuang.

Semen Hidrolik

Semen yang mengeras dalam air.

Semen Portland

Semen hidrolis yang dihasilkan dengan cara menggiling telak semen portland yang terutama terdiri dari kalsium silikat hidrat yang bersifat hidrolis dan digiling bersama-sama dengan bahan tambahan satu atau lebih bentuk kristal senyawa Kalsium Sulfat.

Semen Portland-Pozolan (SPP)

Campuran semen portland dengan pozolan antara 15-40 % berat total campuran dan kandungan Si02 + A1203 + Fe203 dalam pozolan minimum 70%.

Semen Portland Tipe I

Semen portland yang umum digunakan tanpa persyaratan khusus.

Semen Portland Tipe II

Semen       portland       yang dalam penggunaannya memerlukan ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi  sedang.

Semen Portland Tipe III

Semen  portland            yang dalam penggunaannya memerlukan kekuatan awal yang tinggi.

Semen Portland Tipe IV

Semen       portland       yang dalam  penggunaannya memerlukan panas hidrasi yang rendah.

 

Semen Portland Tipe V

Semen       portland       yang dalam penggunaannya memerlukan ketahanan yang tinggi terhadap sulfat.

Simpang Susun (Interchange)

Struktur penghubung beberapa jalan atau beberapa jalan bebas hambatan agar tidak bertemu pada bidang yang sama.

Simpang Susun Berlian

Simpang susun yang menghubungkan suatu jalan dengan jalan bebas hambatan yang membutuhkan lampu lalu lintas untuk gerakan-gerakan belok kiri ke dan dari jalan atau jalan layang.

 

Simpang Susun Semanggi

Simpang susun dengan empat cabang yang lengkungnya digunakan untuk belok kanan dan penghubung lurusnya untuk belok kiri.

 

Simpang Susun Terompet

Simpang susun yang menghubungkan suatu ujung jalan, menggunakan hanya satu lantai.

 

Sistem Jaringan Jalan

Satu kesatuan ruas jalan yang saling menghubungkan dan mengikat pusat-pusat pertumbuhan dengan wilayah yang berada dalam pengaruh pelayanannya dalam satu hubungan hierarkis.

 

Sistem Jaringan Jalan Primer

Merupakan sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk pengembangan semua wilayah di tingkat nasional, dengan menghubungkan semua simpul jasa distribusi yang berwujud pusat-pusat kegiatan.

 

Sistem Jaringan Jalan Sekunder

Merupakan sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk masyarakat di dalam  perkotaan.

 

Sistem Putaran

Simpang susun yang terdiri atas empat jalur landai yang terhubung satu sama lain sehingga membentuk jalan satu arah.

 

Sumuran

Struktur bangunan yang dimasukkan ke dalam tanah sampai kedalaman tertentu, mempunyai bentuk penampang bundar, segi empat atau oval dimana ratio panjang dan lebar lebih kecil dari 4.

Siphon

Bangunan air yang dipakai untuk mengalirkan air irigasi dengan menggunakan gravitasi yang melewati bagian bawah saluran pembuang, cekungan, anak sungai atau sungai.

 

Sistem Drainase Makro

Jaringan drainase yang mengumpulkan air buangan dari jaringan drainase mikro dan menyalurkannya ke sistem pembuang alamiah terdekat seperti sungai, danau, dan ;

 

Sistem Drainase Mikro Jaringan drainase yang melayani suatu  perkotaan yang telah terbangun (luas tipikal sekitar 10 Ha) seperti perumahan,  perdagangan, industri, pasar, atau komplek pertokoan.

Sistem Irigasi

Prasarana irigasi, air irigasi, manajemen irigasi, kelembagaan pengelolaan irigasi dan sumber daya manusia.

Subak

Masyarakat hukum adat yang bersifat sosio agraris religius yang secara historis tumbuh     dan     berkembang     sebagai organisasi dibidang tata guna air ditingkat usaha tani.

Sudetan

Alur baru yang dibuat di luar alur sungai lama untuk keperluan-keperluan pengelakan aliran, penurunan muka air banjir, dan pembangunan bendung.

Sumber Air

Tempat atau wadah air alami dan/atau buatan   yang   terdapat   pada,   di   atas, ataupun di bawah permukaan tanah.

Sumber Daya Air

Air, sumber air, dan daya air yang terkandung di dalamnya.

Sumur Air Tanah Dalam

Sarana penyediaan air bersih berupa sumur dalam yang dibuat dengan mengebor tanah pada kedalaman muka air minimal 7 meter dari permukaan tanah dan kedalaman dasar lebih dari 30 meter.

 

Sumur Pemeriksaan

 

 

Sarana Distribusi Air perlengkapan dan peralatan pendistribusian air minum yang terdiri daripipa induk distribusi, pipa sekunder, tertier, sampai batas terletaknya alat pengukur beserta semua peralatan dan perlengkapannya.

 

Saluran Air Hujan (SAH)

Prasarana untuk menampung dan mengalirkan air hujan ke badan penerima (sungai).

Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL)

Saluran yang digunakan untuk membuang dan mengumpulkan air buangan kamar mandi tempat cuci, dapur (bukan dari peturasan/jamban) untuk pedesaan, sehingga air limbah tersebut dapat meresap ke dalam tanah dan tidak menjadi penyebab penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan permukiman.

Saluran Drainase Primer

Suatu badan air yang merupakan bagian dari suatu sistem drainase utama atau drainase lokal dimana aliran utamanya menuju ke pembuangan akhir.

Saluran Drainase Sekunder

Suatu badan air yang merupakan bagian dari suatu sistem drainase utama atau drainase lokal dimana aliran utamanya menuju ke saluran primer.

Saluran Drainase Tersier

Suatu badan air yang merupakan bagian dari suatu sistem drainase utama atau sistem drainase lokal dimana aliran aimya menuju ke saluran sekunder.

Saluran Penghubung

Saluran berupa pipa yang dipasang untuk menghubungkan tandas jongkok dengan bak kontrol serta bak kontrol dengan sumuran.

Sambungan Rumah

Jenis sambungan pelanggan yang mensuplai airnya langsung ke rumah-rumah biasanya berupa sambungan pipa-pipa distribusi air melalui water meter dan instalasi pipanya didalam rumah.

Sampah

Limbah padat yang berasal dari lingkungan permukiman, bukan bahan berbahaya dan beracun, yang dianggap tidak berguna lagi.

Sampah Anorganik

Sampah seperti kertas, kardus, kaca/ gelas, plastik, besi dan logam lainnya.

Sampah B3 Rumah Tangga

Sampah yang berasal dan aktivitas rumah tangga, mengandung bahan dan atau bekas kemasan suatu jenis bahan berbahaya dan atau beracun, karena sifat atau konsentrasinya dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung merusak dan atau mencemarkan lingkungan hidup dan atau membahayakan manusia.

 

Sampah Domestik

Sampah padat di luar sampah industri dan sampah medis.

Sampah Industri

Sampah yang dihasilkan dari sisa-sisa proses produksi maupun proses pengolahan limbah.

Sampah Non Organik

Sampah yang tidak atau sukar membusuk terdiri   dari   kaleng,   kaca,   logam,   dan plastic.

Sampah Organik

Sampah yang mudah membusuk terdiri dari sisa sayuran dan makanan, serta sapuan halaman.

Sampah       Organik   dikomposkan

Sampah yang berasal dari daun-daunan, rumput, sampah dapur (sisa makanan, sisa ikan, sisa dan kulit buah), cacahan kertas, kue/roti dan jerami.

Sampah Pasar

Sampah   organik   dan   anorganik ditimbulkan oleh aktiftas pasar.

Sampah Perkotaan

Sampah non B2 (sampah berbahaya) dan non B3 (bahan berbahaya beracun) yang berasal dari :

 

 

 

 

 

 

 

 

Sampah Rumah Tangga

Sampah    yang    berasal    dari    kegiatan sehari-hari  dalam  rumah  tangga,  tidak termasuk tinja dan sampah spesifk.

Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Sampah    yang    berasal    dari    komersial,     industri,   khusus, fasilitas sosial, fasilitas umum, dan/atau fasilitas lainnya.

Sampah Spesifk

Sampah yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau volumenya memerlukan pengelolaan khusus, meliputi:

 

 

 

 

 

 

Sanitary Landfll

Metode pembuangan akhir sampah secara sanitair, sampah ditimbun dipadatkan dan diberi lapisan penutup secara rutin.

Sanitasi Masyarakat (SANIMAS)

Merupakan konsep penyelenggaraan sanitasi/air limbah domestik yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat, melalui                       perencanaan, pemilihan

teknologi, pembangunan, operasional dan pemeliharaan oleh masyarakat itu sendiri.

Sarana Lingkungan

Fasilitas penunjang, yang berfungsi untuk penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya

(SPC)

Unit pengolah air yang menggunakan suatu proses penyaringan pengendapan dan pemisahan partikel-partikel yang cukup besar dengan pengaliran cepat, biasanya menggunakan media pasir.

Saringan Pasir Lambat (SPL)

Unit pengolah air yang menggunakan suatu proses penyaringan, pengendapan dan pemisahan partikel-partikel yang cukup besar dengan pengaliran air yang lambat dengan menggunakan media pasir

 

Satuan Lingkungan Permukiman

perumahan   dalam   berbagai bentuk   dan   ukuran   dengan   penataan tanah dan ruang, prasarana dan sarana lingkungan yang terstruktur.

Satuan Lingkungan Rumah Susun

Kelompok rumah susun yang terletak pada tanah bersama sebagai suatu lingkungan yang merupakan satu kesatuan sistem pelayanan dan pengelolaan.

 

Satuan Rumah Susun

Bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam kegiatan-kegiatan yang distrukturkan   secara   fungsional   dalam arah horizontal maupun vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian, yang dllengkapi dengan bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama.

 

Satuan Rumah Susun Sederhana

Satuan rumah susun dengan luas lantai bangunan tidak lebih dari 45 m2 dan biaya pembangunan per m2 tidak melebihi dari harga satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan gedung bertingkat pemerintah klas C yang berlaku.

 

Satuan Rumah Susun Sederhana

Satuan pada rumah susun sederhana sewa yang dapat dipergunakan secara perorangan dan mempunyai sarana penghubung ke jalan umum bersama.

 

Satuan Rumah Susun Menengah

Satuan rumah susun dengan luas lantai 18 m2 sampai 100 m2 dan biaya pembangunan per m2 antara harga satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan gedung bertingkat pemerintah kelas C sampai dengan harga satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan gedung bertingkat pemerintah klas A yang berlaku.

 

Satuan Rumah Susun Mewah

Satuan rumah susun dengan biaya pembangunan per m2 di atas harga satuan per m2 tertinggi untuk pembangunan gedung bertingkat pemerintah klas A yang berlaku dengan luas lantai bangunan lebih dari 100 m2.

 

Secure Tenure

 

 

 

Sedimentasi

Proses    pemisahan    padatan    dan    air berdasarkan     perbedaan     berat     jenis dengan cara pengendapan

 

Selimut Beton (Bedding)

Struktur Beton yang menyelimuti batangan besi tulangan yang ditanam untuk tujuan perlindungan atau penyokongan.

 

Septik

Kondisi suatu sistem dimana jumlah oksigen sangat sedikit atau tidak ada sama sekali.

 

Sertifkat Laik Fungsi (SLF)

Sertifkat yang diterbitkan oIeh Pemerintah Daerah untuk kelaikan fungsi suatu bangunan gedung baik secara teknis maupun administratif, dengan periode waktu untuk SLF adalah 20 (dua puluh) tahun untuk rumah tinggal tunggal dan rumah tinggal deret, serta berlaku 5 (lima)  tahun  untuk  bangunan  gedung lainnya.

 

Sewerage

Jaringan perpipaan untuk menyalurkan air  limbah  dengan  dilengkapi  instalasi pengolahan.

 

Sewerage Konvensional

Sistem Pengolahan air limbah yang terdiri atas sambungan rumah, jaringan pipa pengumpul, pipa pembawa, stasiun pompa, dan instalasi pengolah air limbah yang dipusatkan pada satu atau beberapa lokasi di suatu kota. Sistem ini menganut metode “self cleansing” sehingga membutuhkan kemiringan saluran yang memadai.

 

Shallow Sewer

 

 

 

Sistem Drainase

 

 

Sistem Drainase Gabungan

Sistem     drainase     yang     mempunyai jaringan    saluran    pembuangan    yang sama, baik untuk air permukaan maupun air limbah yang telah diolah.

Sumur Gali (SGL)

T

Penyediaan air bersih dengan cara penggalian tanah untuk mendapatkan sumber air dan pengambilannya dengan menggunakan timba.

Sumur Pengumpul (Sump Well)

Sumur                  pengumpul/penampung

sementara air baku dari sumber sebelum dipompakan ke Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Sumur Pompa Tangan (SPT)

Penyediaan air bersih yang pengambilan airnya dengan menggunakan pompa tangan.

Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung (SBKBG)

Surat yang dikeluarkan oleh Pemda sebagai bukti telah di laksanakan pendataan     bangunan     gedung     yang menunjukan status kepemilikan bangunan gedung tersebut

Sasaran

Penjabaran dari tujuan, yaitu sesuatu yang akan dicapai/dihasilkan oleh instansi pemerintah dalam jangka waktu tahunan, semester, triwulan atau bulanan. Sasaran diusahakan dalam bentuk kuantitatif sehingga dapat diukur.

Satuan Kerja

Kuasa pengguna anggaran/pengguna barang yang merupakan bagian dari suatu unit organisasi pada kementerian negara/lembaga yang melaksanakan satu atau beberapa kegiatan dari suatu program.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)

Organisasi/lembaga pada pemerintah daerah yang bertanggung jawab kepada gubernur/bupati/walikota dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang terdiri dari sekretaris daerah, dinas daerah dan lembaga teknis daerah, kecamatan, desa, dan satuan polisi pamong praja sesuai dengan kebutuhan daerah.

Satuan 2

Dokumen anggaran yang memuat rincian alokasi pagu anggaran per Program dan Unit Eselon I Iingkup Kementerian/ Lembaga Negara.

Satuan 3

Dokumen anggaran yang memuat deskripsi program dan rincian alokasi pagu anggaran per Program, berdasarkan Unit Eselon I , dan Iingkup Satuan Kerja lingkup Kementerian/Lembaga Negara.

Sektor Strategis

Sektor yang mempunyai kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

Sistem Akuntansi Barang Milik Negara (SABMN)

Sub sistem dari Sistem Akuntansi Instansi (SAI) yang merupakan serangkaian prosedur yang saling berhubungan untuk mengolah dokumen sumber dalam rangka menghasilkan informasi untuk penyusunan neraca dan laporan BMN serta laporan manajerial lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Sistem Akuntansi Instansi (SAI)

Serangkaian prosedur manual maupun
yang terkomputerisasi mulai dari pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran sampai dengan pelaporan posisi keuangan dan operasi keuangan pada Kementerian Negara/Lembaga.

Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggaraan negara dan masyarakat ditingkat pusat dan daerah.

Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Ukuran    yang    harus    dicapai    dalam pelaksanaan penyelenggaraan.

 

Strategi

Langkah-langkah berisikan program-program indikatif untuk mewujudkan visi dan misi.

 

_____________________

T

Terminal Air (TA) fasilitas penyediaan air minum komunal berupa kran umum dengan sumber pelayanan berasal dari system pipa distribusi dan biasanya dilengkapi dengan bak penampungan sementara.

Terminal Air Hydrant Umum (TAHU) sarana pelayanan air minum yang terlebih dahulu ditampung dalam sebuah tangki atau bak dan pengambilannya dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan jerigen atau alat sejenis.

Tenaga Teknik personil yang menangani bagian-bagian yang berkaitan dengan  kegiatan-kegiatan teknik penyediaan air minum seperti bagian produksi, distribusi, pemasangan sambungan baru dan operator.

 

T Connection material sambungan pipa berbentuk huruf T.

 

Tandon istilah lain dari reservoir sebagai tempat penampungan air bersih sementara untuk didistribusikan ke pelanggan.

 

Tapping pekerjaan penyambungan atau penambahan cabang jaringan pipa untuk memperluas jangkauan pelayanan atau meratakan aliran air/tekanan.

 

Tapping Band pencabangan jaringan transmisi distribusi

 

Tarif Dasar tariff terendah untuk golongan tariff rumah tangga pada blok konsumsi tingkat pertama.

 

Tee ACP pipa yang berbentuk huruf T dari bahan ACP.

 

Tee Galvanis pipa yang berbentuk huruf T dari bahan galvanis.

 

Tee Hydrant pengambilan air untuk pemadam kebakaran.

 

Tee Solvent Cement PVC fitting PVC  berbentuk huruf T dengan system sambungan lem.

 

Temperatur Switch (Bimetal Switch) berfungsi  untuk mematikan kerja motor yang telah melebihi panas yang ditentukan.

 

Tarif Air Minum harga air minum untuk setiap meter kubik (m3) yang harus dibayar oleh pelanggan.

 

Tujuan Penjabaran/ implementasi dari pernyataan misi. Tujuan adalah sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan pada jangka waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahunan

 

Talang Air Bangunan air yang dipakai untuk mengalirkan air irigasi dengan menggunakan gravitasi yang melewati bagian atas saluran pembuang, cekungan, anak sungai atau sungai.

 

Tanah Dasar Permukaan tanah semula atau permukaan galian atau permukaan tanah timbunan yang dipadatkan dan merupakan permukaan tanah dasar untuk perletakan bagian-bagian perkerasan lainnya.

Taper Bagian dari lajur jalan yang menyerong yang berfungsi untuk mengarahkan lalu lintas pindah lajur.

 

Terowongan (Underpass)

Bagian jalan yang dibuat lebih rendah sehingga memungkinkan lalu lintas dapat melintasi bagian bawah jalan lain.

Terowongan Saluran yang membawa air menembus bukit-bukit dan medan yang tinggi, yang pada tempat-tempat tertentu diperkuat dengan pasangan.

Terowongan Angkutan

Terowongan yang dibuat untuk keperluan angkutan barang, seperti : terowongan stasiun pembangkit listrik dengan tenaga air, terowongan penyediaan air, terowongan untuk saluran air kotor, terowongan untuk angkutan di dalam daerah industri / pabrik.

Terowongan Batuan (Rock Tunnel)

Terowongan yang dibuat langsung pada

batuan masif dengan cara pemboran atau peledakan

 

Terowongan Dongkrak (Jack Tunnel) Terowongan yang banyak dipakai untuk melintasi jalan raya atau kereta api, diperlukan pada kondisi tanah yang relatif baik. Dibuat dengan cara mendongkrak segmen demi segmen dan penggalian dilakukan secara manual.

Terowongan Lalu Lintas (Traffc Tunnel)

Terowongan  yang       dibuat untuk  kepentingan lalu lintas, terdiri dari terowongan kereta api, terowongan jalan raya, terowongan pejalan kaki, terowongan navigasi, terowongan transportasi di bawah kota, dan terowongan transportasi di tambang bawah tanah.

 

Terowongan Micro-tunnel

Terowongan yang biasa digunakan untuk pipa, kabel dan air, cara pembuatannya dengan penggalian secara otomatis dan pembuangan material dilakukan secara modern. Kekuatan mendorong dari mesin dapat mencapai 50 ton dan produksinya dapat mencapai 5 meter per hari, diameter micro tunnel dapat mencapai 60 cm hingga 1 meter.

Terowongan Navigasi

Terowongan yang dibuat untuk kepentingan lalu lintas air di kanal-kanal dan sungai-sungai yang menghubungkan satu kanal atau sungai ke kanal lainnya. Selain itu terowongan ini juga dibuat untuk menembus daerah pegunungan untuk memperpendek jarak dan memperlancar lalu lintas air.

Terowongan Pejalan Kaki

Terowongan   yang   biasa   digunakan   di bawah  jalan  raya  yang  ramai  atau  di bawah sungai dan kanal sebagai tempat menyeberang bagi pejalan kaki.

Terowongan Saluran Air Kotor

Terowongan yang dibuat untuk membuang air kotor dari kota atau pusat industri ke tempat pembuangan yang sudah disediakan. Dinding terowongan harus dilindungi dengan material seperti keramik, bahan yang tahan terhadap asam atau aspal beton, karena aliran air kotor dapat menggerus dinding terowongan akibat pengaruh gaya gravitasi.

Terowongan Transportasi Bawah Kota

Terowongan yang dibuat untuk keperluan transportasi dalam kota, dapat berupa terowongan kereta api maupun jalan raya. Terowongan jalan raya umumnya mempunyai bentuk penampang tapal kuda (horseshoe), sedangkan terowongan kereta api biasanya bentuk penampang bulat, empat persegi panjang, atau segi banyak (polygonal) tergantung dari letaknya di bawah permukaan tanah. Rintangan untuk terowongan di bawah kota adalah kerapatan dari bangunan di atas tanah, jaringan jalan dan gedung-gedung.

Terowongan untuk Utilitas Umum

Terowongan yang biasanya dibuat di daerah perkotaan untuk menyalurkan kabel listrik dan telepon, pipa gas dan air, dan juga pipa-pipa lainnya yang penting, dibawah saluran air, jalan raya, jalan kereta api, blok bangunan untuk memudahkan inspeksi secara kontinue, pemeliharaan dan perbaikan sewaktu-waktu kalau ada kerusakan.

Tiang Jembatan (pier) Komponen penyangga beban kokoh yang ditempatkan pada jarak tertentu satu sama lain untuk menyangga balok jembatan. (

Trotoar Jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan sumbu jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keselamatan pejalan kaki yang bersangkutan.

Tanggul Banjir Konstruksi  untuk  mencegah  terjadinya banjir di belakang tanggul tersebut.

 

Tanggul Sungai

Sebuah bendungan rendah atau dinding yang menyeberangi sebuah sungai untuk menaikan tingkat hulu.

 

Tata Air Susunan dan letak air, yaitu semua air yang terdapat di dalam dan atau berasal dari sumber-sumber air, baik yang terdapat di atas maupun di bawah permukaan tanah (tidak termasuk dalam pengertian ini air terdapat di laut).

 

Tata Pengairan Susunan dan letak sumber-sumber air dan atau bangunan-bangunan pengairan menurut ketentuan teknik pembinaannya di suatu wilayah pengairan tertentu.

Tebing Sungai Sisi alamiah sungai yang membatasi pengaliran sungai pada ketinggian air normal.

 

Terasering Bangunan konservasi tanah yang dibuat sejajar garis kontur yang dilengkapi saluran peresapan, saluran pembuangan air (SPA) serta tanaman penguat teras yang berfungsi sebagai pengendali erosi.

Tetrapod

Salah satu jenis konstruksi pemecah gelombang (Break Water).

Tinggi Muka Air (Water Level)

Elevasi    permukaan    air    pada    suatu penampang melintang   sungai terhadap suatu titik elevasi tertentu.

 

Tangga Kebakaran

Tangga yang direncanakan khusus untuk penyelamatan kebakaran

 

Tangki Imhoff

 

 

Tempat Penampungan Sampah Sementara/Transfer Depo

Tempat  pemindahan  sampah  dari  alat pengumpul ke alat angkut sampah yang dapat dipindahkan secara langsung.

Tempat Penampungan Sementara

Tempat   sebelum   sampah   diangkut   ke tempat   pendauran   ulang,   pengolahan, dan/atau   tempat   pengolahan   sampah terpadu.

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

Tempat        dilaksanakannya        kegiatan pengumpulan,   pemilahan,   penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir sampah.

Tempat Pemrosesan Akhir

Tempat untuk memroses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan.
Terminal Clean-out

Suatu bangunan pelengkap yang berfungsi sebagai lubang tempat penyisipan alat permbersih ke dalam saluran dan pipa tempat penggelontoran saluran, yaitu dengan memasukkan air dari ujung bagian atas terminal cleanout.

Tetenger (Tenser)

Suatu tanda,ciri, atau sesuatu yang memberikan informasi tentang suatu objek. Informasi tersebut diperoleh melalui salah satu indera manusia (biasanya indera visual).

Tim Ahli Bangunan Gedung

Tim yang terdiri dari para ahli yang
terkait        dengan       penyelenggaraan

bangunan gedung untuk memberikan pertimbangan teknis dalam proses penelitian dokumen rencana teknis dengan masa penugasan terbatas, dan juga untuk memberikan masukan dalam penyelesaian masalah penyelenggaraan bangunan gedung tertentu yang susunan anggotanya ditunjuk secara kasus per kasus disesuaikan dengan kompleksitas bangunan gedung tertentu tersebut.

Tinggi Bangunan

Jarak yang diukur dari permukaan tanah, dimana bangunan tersebut didirikan, sampai dengan titik puncak dari bangunan.

Tinggi Jagaan

Ketinggian yang diukur dari permukaan air maksimum sampai permukaan tanggul saluran.

Tingkat Ketahanan Api (TKA)

Tingkat        ketahanan      api         yang

dipersyaratakan pede bagian atau komponen bangunan dalam ukuran waktu satuan menit, dengan kritelia-kriteria berurut yaitu aspek ketahanan struktural, integritas, dan insulasi. Contoh: TKA 9O/-Hi) berarti hanya terdapat persyaratan TKA untuk ketahanan struktural 90 menit dan insulasi 60 menit.

U

Unit Air Baku

Sarana dan prasarana pengambilan dan/atau penyedia air baku, meliputi bangunan penampungan air, bangunan
pengambilan/penyadapan, alat pengukuran, dan peralatan pemantauan, sistem pemompaan, dan/atau bangunan sarana pembawa serta perlengkapannya.

Unit Distribusi (Air Minum)

Satu sistem pelayanan yang merupakan satu kesatuan sistem fsik (teknik) dan non fsik dari prasarana dan sarana air minum dalam suatu sistem pelayanan air minum.

Unit Produksi

Prasarana dan sarana yang dapat digunakan untuk mengolah air baku menjadi air minum melalui proses fsik, kimiawi dan/atau biologi. (Sumber: 8) Suatu bagian dari sistem air yang berfungsi memproduksi air untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan (kuantitas dan kualitasnya), adapun unit produksi terdiri dari bangunan pengolahan dan perlengkapannya, perangkat operasional, alat pengukurandan peralatan pemantauan, serta bangunan penampungan air minum, pengambilan air baku, saluran air baku, bangunan pengolahan, bangunan elektrikal mekanikal, saluran air minum, reservoir.

Unit Pelayanan

Unit pelayanan terdiri dari sambungan rumah (SR), hidran umum (HU), dan hidran kebakaran. Untuk mengukur besaran pelayanan pada sambungan rumah dan hidran umum harus dipasang alat ukur berupa meter air.

Unit Pengelolaan

Terdiri dari pengelolaan teknis dan pengelolaan    non    teknis.    Pengelolaan

teknis terdiri dari kegoatan operasional, pemeliharaan dan pemantauan dari unit air baku, unit produksi dan unit distribusi, Pengelolaan non teknis terdiri dari administrasi dan pelayanan.

Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL)

Upaya yang dilakukan dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup oleh penanggung jawan usaha dan atau kegiatan yang tidak wajib melakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup

Upfow Anaerobic Sludge Blanket (UASB)

Salah satu pengolahan air limbah anaerobik yang terdiri dari peralatan sederhana dan memerlukan energi relative tinggi. Dalam proses ini, air limbah dimasukkan ke dasar reactor dan mengalir keatas melalui selimut sludge terdiri dari partikel atau butiran yang terbentuk secara biologis. Pengolahan terjadi saat air limbah menyentuh butiran gas tersebut. Gas yang dihasilkan dalam kondisi anaerobic menyebabkan sirkulasi internal, yang membantu pembentukkan dan pemeliharaan butiran biologis. Untuk menjaga agar selimut tetap tersuspensi, kecepatan aliran ke atas diatur pada range 0.6-0.9 m/det.

Urban Sector Development Reform Project (USDRP)

Program yang disiapkan pemerintah Indonesia (GOl) bekerjasama dengan Bank Dunia untuk mewujudkan kemandirian daerah dan pembaharuan dalam penyelenggaraan pembangunan perkotaan dan perdesaan yang layak huni, berkeadilan, sosial, berbudaya, produktif, dan berkelanjutan serta saling memperkuat dalam mendukung keseimbangan pengembangan wilayah.

Umur Lumpur

Massa MLSS (kg) dalam tangki aerasi per unit massa (kg/hari) dari zat padat tersuspensi yang mengalir ke dalam pengolahan lumpur aktif.

Utilitas

Perlengkapan mekanikal dan elektrikal dalam bangunan gedung yang digunakan untuk menunjang fungsi bangunan gedung dan tercapainya keselamatan, kesehatan, kemudahan, dan kenyamanan di dalam bangunan gedung.

Utilitas Umum

Fasilitas umum seperti PUSKESMAS, taman kanak-kanak, tempat bermain, pas polisi yang pada umumnya diperlukan sebagai        sarana    penunjang    untuk pelayanan lingkungan.

U Shape Pipe pipa U, pipa berbentuk atau berpenampang U

 

Ultrasonik Flow Meter (UFM) alat untuk mengukur aliran pemakaian air dengan mengadakan ultrasonic.

 

Unsaturated Hydrocarbon karbon zat cair tak jenuh.

 

Uang Ganti Kerugian Tanah (Ganti Kerugian)

Pemberian imbalan kepada pemegang hak atas tanah sebagai akibat dari pelepasan hak atas tanah, bangunan, tanaman, dan benda-benda lain yang berada di atasnya, yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan para pihak.

Umur Rencana (UR) Jalan

Jumlah waktu dalam tahun yang dihitung sejak jalan tersebut mulai dibuka sampai saat diperlukan perbaikan berat atau dianggap perlu untuk diberi lapis permukaan yang baru.

Unsur Jalan Tol

Segala bagian jalan yang terdapat pada ruang manfaat jalan tol dan ruang milik jalan tol, termasuk bangunan pelengkap, perlengkapan, dan fasilitas jalan.

————————————

 

V

Valve 1. penyekat atau penutup jalan air, katup alat membuka atau menutup aliran atau pengaliran air, katup pentil,  katup, alat pembuka atau penutup aliran atau pengaliran. 2. Katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran dalam pipa.

 

Valve Tee Galvanis penyekat/penutup jalan air berbentuk T dari bahan Galvanis.

 

Valve Box kamar katup, rumah-rumah katup, ruangan pengamanan katup.

 

Valve Cap tutup pentil, dop pentil.

 

Valve Adaptor adaptor katup, pengatur katup

 

Variable Pressure tekanan tidak tetap

Vacuum Meter alat pengukur hampa udara

 

Vacuum Valve katup hampa udara, katup tekan udara, katup angin.

Vent

 

Ventilasi Udara

Lubang yang berfungsi untuk mengeluarkan gas yang terakumulasi dalam pipa untuk menyesuaikan tekanan udara dalam saluran atau manhole menjadi sama dengan tekanan udara luar.

Volume Total Aliran

Jumlah volume air yang ditampung dan atau disalurkan dalam waktu tertentu.

 

Visi

 

W

Waduk danau buatan, wadah air yang terbentuk sebagai akibat dibangunnya bangunan sungai dalam hal ini bangunan bendungan, dan berbentuk pelebaran alur atau badan atau palung sungai.

Water air, air baku, air bersih, air minum, secara umum sesuatu yang bersifat cair yang digolongkan pad wujud warna dan rasa.

 

Water Butterfly Valve pengaturan penyekat air berbentuk kupu-kupu.

Water Cask bejana atau media yang digunakan untuk penampungan air sementara.

 

Water Circulation Sirkulasi air, peredaran air.

 

Water Containing Iron air yang mengandung zat besi.

 

Water Containing Lime air yang mengandung kapur.

 

Water Containing Oil air yang mengandung minyak.

Wash Out tempat pengeluaran air dari proses pekerjaan pencucian pipa.

 

Waste Gate pintu pembuangan air limbah

 

Waste Pipe pipa yang digunakan untuk jalur buangan, pipa untuk menguras air limbah, saluran air limbah.

Waduk

Wadah air yang terbentuk sebagai akibat dibangunnya bangunan sungai dalam hal ini bangunan bendungan, dan berbentuk pelebaran alur/badan/palung sungai.

Waduk Kaskade

Beberapa waduk yang dibangun pada satu sungai yang sama dan biasanya beroperasi dalam satu sistem integrasi.

 

Waktu Detensi

Waktu tinggal air atau air limbah dalam unit pengolahan.

 

Waktu Konsentrasi

Waktu yang diperlukan oleh titik air hujan yang jatuh pada permukaan tanah dan mengalir sampai di suatu titik di saluran drainase yang terdekat.

Waktu Pengaliran Permukaan

Waktu yang diperlukan oleh titik air hujan yang jatuh ke permukaan tanah dan mengalir ke titik saluran drainase yang diamati.

Wilayah Pelayanan

Wilayah yang layak medapatkan suplai air minum dengan sistem perpipaan maupun non perpipaan, dikelola oleh suatu badan tertentu, dan cakupan palayanan sesuai dengan periode perencanaan

Wilayah Sungai

Kesatuan wilayah pengelolaan sumber daya air dalam satu atau lebih daerah aliran sungai dan/atau pulau-pulau kecil yang luasnya kurang dari atau sama dengan 2.000 km2.

 

———————————–

Y

Y Connection material sambungan pipa berbentuk huruf Y.

 

Yeasty Band bengkokan mulai pada pipa karena perubahan suhu tanpa menyebabkan kerusakan.

 

———————————–

Z

Zona Pemanfaatan Sumber Air

Ruang pada sumber air (waduk, danau, rawa, atau sungai) yang dialokasikan, baik sebagai fungsi lindung maupun fungsi budidaya

 

Zona Air Minum (ZAM)/Zona Air Minum Prima (ZAMP)

Zona khusus sebagai pilot proyek yang ditetapkan PDAM, untuk layanan air siap diminum. Salah satunya dengan mengadakan beberapa Kran Air Siap Minum (KASM).

 

Zona

dengan peruntukan khusus yang memiliki batasan ukuran atau standar tertentu

 

 



One response »

  1. thanks ats tulisannya..cukup banyak membantu dan bermanfaat bagi praktisi maupun akademisi khusunya di bidang air minum dan enviromental engineering

    Salam env

    Gamel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s